Categories
Obat

Selain Obat Asam Lambung, Apa Metode Pengobatan Lainnya?

Bagi Anda yang pernah mengalami asam lambung, Anda mungkin pernah menggunakan obat asam lambung untuk mengatasi gejalanya. Tapi, selain penggunaan obat, adakah metode perawatan lain yang bisa dilakukan? 

Sebenarnya, menggunakan obat untuk asam lambung adalah cara pengobatan yang paling aman dan umum. Namun, dalam beberapa kasus, dokter Anda bisa saja menganjurkan pengobatan lain jika kondisi Anda kurang bisa diatasi dengan obat saja. 

Pengobatan lain selain obat asam lambung

Untuk mengetahui jenis pengobatan yang perlu Anda terapkan, Anda perlu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Ketika berkonsultasi, sampaikan mengenai gejala Anda dengan jelas. Dokter bisa mendiagnosa kondisi Anda, mencari tahu faktor penyebab asam lambung.

Berdasarkan hasil diagnosa tersebut, dokter akan memberikan anjuran metode pengobatan yang paling tepat, sesuai dengan penyebab asam lambung Anda. Ada beberapa jenis pengobatan asam lambung lain selain menggunakan obat asam lambung, seperti: 

  • Fundoplication

Metode ini merupakan metode operasi atau pembedahan. Prosedurnya akan dipimpin oleh dokter ahli bedah. 

Dokter bedah akan membungkus bagian atas perut Anda, di sekitar area sfingter esofagus bagian bawah, guna mengencangkan otot dan mencegah asam lambung. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan prosedur bedah minimal invasif.

  • Perangkat LINX

Perangkat LINX merupakan alat sejenis cincin magnetis kecil yang melilit di persimpangan lambung dan kerongkongan. Di cincin tersebut ada manik-manik yang bersifat magnetis. Perangkat ini akan ditanamkan melalui metode operasi.

Daya tarik magnet antara manik-manik cincin cukup kuat, sehingga mampu menjaga agar sambungan tetap tertutup. Dengan begitu, refluks asam pun bisa dikendalikan tanpa menghalangi masuknya makanan ke saluran pencernaan. 

  • Endoskopi

Metode operasi lainnya yang bisa dilakukan adalah prosedur endoskopi. Prosedur ini meliputi serangkaian metode, meliputi jahitan endoskopi.

Prosedur jahitan ini menggunakan jahitan untuk mengencangkan otot sfingter. Selain itu, prosedur endoskopi juga melibatkan teknologi frekuensi radio untuk menghasilkan luka bakar kecil, guna membantu mengencangkan otot sfingter. 

Menerapkan gaya hidup sehat

Percaya atau tidak, gaya hidup sehat memiliki banyak pengaruh terhadap kesehatan sistem pencernaan Anda. Menerapkan gaya hidup sehat bisa mencegah Anda mengalami asam lambung. 

Selain sebagai upaya pencegahan, ini juga baik untuk upaya pengobatan. Jadi, ketika menggunakan obat asam lambung, Anda juga perlu mengubah gaya hidup Anda di saat bersamaan guna mendapatkan hasil yang maksimal. 

Jika Anda ingin mengubah gaya hidup sehat demi meredakan gejala asam lambung, ini yang bisa Anda lakukan:

  • Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan pedas, berlemak, dan manis bisa memicu gejala asam lambung menjadi semakin parah. Karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari makanan jenis ini. 

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan minuman yang Anda minum. Ketika menderita asam lambung, sebaiknya Anda hanya meminum air mineral saja. Secara khusus, Anda tidak disarankan untuk meminum minuman berkarbonasi serta alkohol. 

  • Biasakan berolahraga

Olahraga selalu bisa menjadi cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat, termasuk terhindar dari asam lambung. Tapi, jangan berolahraga berat tepat setelah Anda selesai makan. 

Sebaiknya, hindari juga kebiasaan merokok bagi Anda yang masih melakukannya. Ini penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Upaya di atas bisa memaksimalkan penyembuhan bila dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat asam lambung. Ingatlah untuk menjaga berat badan tetap ideal serta kebiasaan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *