Categories
Rumah sakit

Perawatan Periodontitis K Dental Care

K Dental Care

Periodontitis, atau penyakit gusi, merupakan sebuah infeksi yang cukup lazim dijumpai. Infeksi ini merusak jaringan lunak dan tulang yang menunjang gigi. Tanpa perawatan yang tepat dan cepat, tulang alveolar di sekitar gigi akan perlahan habis. Nama periodontitis sendiri berarti peradangan di sekitar gigi. Mikroorganisme, seperti bakteri, akan menempel pada permukaan gigi dan di kantung di sekitar gigi, untuk kemudian berkembang biak di daerah tersebut. 

Saat sistem kekebalan tubuh bereaksi dan racun dilepaskan, peradangan terjadi. Periodontitis yang tidak diobati akan menyebabkan gigi tanggal, Selain itu kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko stroke, serangan jantung, dan gangguan kesehatan lainnya.

Plak bakteri, selaput tidak berwarna yang lengket yang akan berkembang di permukaan gigi merupakan penyebab utama penyakit periodontal. Jika plak tersebut tidak dibersihkan, plak akan mengeras menjadi tartar atau karang gigi. Kunjungi K Dental Care untuk mendapatkan perawatan mulut dan gigi. 

Perawatan

Tujuan utama periodontitis K Dental Care adalah untuk membersihkan bakteri yang ada di kantung di sekitar gigi dan mencegah kerusakan lebih parah pada tulang dan jaringan.

  • Kebersihan mulut yang baik. 

Anda harus terus menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan baik, meskipun gigi dan gusi dalam keadaan sehat untuk mencegah terjadinya infeksi. Perawatan gigi yang baik melibatkan menyikat gigi dua kali sehari dan flossing satu kali per hari. Jika ada cukup ruang di antara tiap gigi, sikat gigi interdental sangat direkomendasikan. Tusuk gigi lembut dapat digunakan apabila ruang di antara gigi berukuran lebih kecil. Pasien yang menderita artritis dan mereka dengan gangguan masalah ketangkasan dapat menggunakan sikat gigi listrik untuk dapat membersihkan gigi dengan lebih baik. Periodontitis merupakan penyakit peradangan jangka panjang dan bersifat kronis. Apabila kebersihan gigi dan mulut yang baik tidak dilakukan, penyakit ini bisa datang dan kambuh kembali. 

  • Scaling gigi dan pembersihan

Dokter gigi K Dental Care dapat merekomendasikan Anda untuk mendapatkan perawatan scaling gigi. Prosedur ini biasanya dilakukan bersama root planing. Dalam istilah yang lebih sering digunakan, kedua prosedur ini dikenal dengan sebutan “deep cleaning”. Scaling gigi dan root planing dapat membantu merawat penyakit periodontal kronis (yang dikenal pula dengan nama penyakit gusi). Tenaga medis profesional akan melakukan scaling menggunakan alat khusus atau alat ultrasonic yang akan menghancurkan plak dan karang gigi. Root planing kemudian dilakukan untuk memperhalus daerah yang kasar [ada akar gigi. Bakteri dapat menumpuk di dalam permukaan yang kasar, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Tergatung seberapa banyak plak dan karang gigi yang ada, Anda mungkin membutuhkan satu atau dua kali kunjungan ke K Dental Care. Pembersihan ini biasanya direkomendasikan dilakukan dua kali sehari, dan lebih sering tergantung seberapa banyak plak yang telah menumpuk. 

Penyakit gusi berisiko berubah menjadi lebih parah apabila ada bakteri agresif dalam jumlah yang besar, dan apabila sistem kekebalan tubuh seseorang melemah. Beberapa faktor risiko yang dihubungkan dengan risiko tinggi menderita periodontitis adalah merokok, perubahan hormon pada wanita, diabetes, AIDS, kanker, penggunaan obat-obatan, dan faktor genetik. Dokter gigi K Dental Care biasanya dapat mendiagnosis periodontitis dengan melihat tanda dan gejala yang diderita serta melakukan pemeriksaan fisik. Sinar X dapat membantu proses diagnosis dokter. Anda juga disarankan untuk mendapatkan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *