Categories
Bayi & Menyusui

Perkembangan Mata Bayi 2 Tahun Pertama, Kapan Bayi Melihat Jelas?

Saat si kecil membuka matanya, dia akan segera menemukan banyak hal menarik untuk dipelajari. Tapi ketika mata bayi terbuka, ia tidak bisa langsung melihat dengan jelas. Butuh waktu cukup lama untuk indra penglihatannya berkembang dan mengenali wajah kedua orang tuanya. 

Dengan mengetahui perkembangan mata bayi, orang tua bisa memantau apakah perkembangan sang anak berjalan normal dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Proses perkembangan mata si kecil

Ketika lahir, bayi tidak mampu melihat sebaik anak-anak dan orang dewasa. Sistem visual mereka akan berkembang pesat selama beberapa bulan pertama kehidupan. 

Berikut ini tahapan perkembangan mata bayi sejak lahir hingga berusia 2 tahun. 

  • Usia beberapa minggu

Beberapa bayi baru lahir menyapa Anda dengan mata tertutup, sementara ada yang sudah membuka matanya. Di usia ini, jarak terjauh yang bisa dilihat bayi adalah jarak dari lengan ke wajah (sekitar 20-25 cm). 

Pada usia ini, bayi belum bisa fokus dengan benda bergerak namun umumnya sangat suka melihat wajah orang tuanya. Jadi pastikan Anda dan pasangan sering dilihat si kecil untuk membangun ikatan yang kuat sejak dini.  

  • 2 sampai 3 bulan

Penglihatan sang buah hati masih cukup kabur, namun mereka sudah mulai mengenali wajah dan menyapa Anda dengan senyuman. Bayi juga cenderung mulai memperhatikan rona warna yang berbeda.

  • 3 sampai 4 bulan

Bayi mulai bisa memusatkan perhatiannya pada benda bergerak di seberang ruangan. Pada usia 4 bulan, koordinasi mata dan tangan mulai berkembang karena si kecil mulai mengikuti benda bergerak dan mencoba meraihnya.

Si kecil akhirnya bisa mengenali wajah kedua orang tuanya dengan jelas dan membedakannya dengan orang lain. Bayi mulai dapat melihat perbedaan corak warna, terutama merah dan hijau.  

  • 5 sampai 8 bulan

Kontrol gerakan mata dan keterampilan koordinasi mata-tubuh terus meningkat. Persepsi kedalaman (kemampuan menilai apakah objek dekat atau jauh) serta persepsi warna juga semakin berkembang. 

  • Usia 12 bulan

Pada usia ini, si kecil memasuki fase merangkak dan berjalan. Koordinasi mata-tangan masih berkembang sehingga orang tua harus mendorong anak latihan merangkak untuk membantu mengembangkan koordinasi lebih baik. 

Si kecil sudah bisa menilai jarak dengan cukup baik dan melempar barang dengan tepat. Saat Anda merayakan ulang tahun pertamanya, buah hati Anda juga sudah bisa melihat banyak orang di sekitarnya.

  • Sampai usia 2 tahun

Anak-anak di usia ini sangat tertarik untuk menjelajahi lingkungannya. Koordinasi mata-tangan dan persepsi kedalaman anak sudah baik. Mereka juga mengenali objek dan gambar yang sudah dikenal di buku dan bisa mencoret-coret dengan krayon atau pensil. 

Apakah mata bayi saya sehat dan normal?

Kebanyakan bayi lahir dengan mata sehat yang akan berkembang dengan sendirinya. Tapi pada kasus yang jarang terjadi, masalah kesehatan mata dan penglihatan bisa berkembang. Untuk itu orang tua perlu tahu tanda-tanda masalah penglihatan pada bayi. 

Berikut ini beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi gangguan mata dan penglihatan:

  • Terdapat robekan berlebihan pada mata.
  • Kelopak mata merah atau bertatahkan yang merupakan tanda infeksi mata.
  • Sering memalingkan mata secara konstan.
  • Sangat sensitif terhadap cahaya.
  • Penampilan titik putih pada mata menjadi tanda kanker mata. Ini bisa terlihat ketika Anda memotret si kecil.

Untuk menghindari hal tersebut, rajinlah berkonsultasi dengan dokter mengenai tumbuh kembang bayi Anda. Apabila Anda mengkhawatirkan mata bayi, Anda bisa mengunjungi dokter mata untuk dilakukan pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *