Categories
Rumah sakit

Kenali Pemeriksaan Prodia Batam yang Penting Buat Pasutri

prodia batam

Pemeriksaan kesehatan di laboratorium penting dilakukan oleh setiap orang, tak terkecuali bagi pasangan suami istri. Pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan sedini mungkin atau segera setelah dokter mendiagnosa suatu penyakit. 

Pemeriksaan laboratorium dilakukan untuk beberapa tujuan seperti mendeteksi penyakit, menentukan risiko, memantau perkembangan penyakit, memantau perkembangan pengobatan, dan lain-lain. 

Tak hanya itu, bagi pasangan suami istri yang belum memiliki anak, pemeriksaan laboratorium bisa bermanfaat untuk menemukan penyebab dan solusinya. 

Nah, bagi Anda para pasutri yang sedang mencari laboratorium yang memiliki pemeriksaan lengkap, ini maka Prodia Batam bisa jadi andalan. 

Beralamat di jalan Engku Putri Kompleks Mahkota Raya Blok E No. 12 A-B, Prodia Batam menyediakan sejumlah pemeriksaan yang penting untuk pasutri, berikut ini diantaranya:

1. Pap Smear

Pap smear Prodia Batam dilakukan untuk menguji keberadaan sel pra-kanker atau kanker pada serviks. Tes pap smear merupakan upaya pengambilan cairan contoh lendir vagina untuk diteliti, apakah terlihat kelainan sel di sekitar rahim yang mencurigakan sebagai indikasi kanker leher rahim.   

Sebaiknya, pap smear dilakukan secara rutin setiap tahun oleh setiap wanita yang aktif secara seksual.

Prodia Batam bekerja sama dengan BPJS kesehatan mengadakan program pemeriksaan pap smear tanpa dikenakan biaya.  

2. Pemeriksaan PSA (Prostat Spesifik Antigen)

Prodia Batam juga menyediakan layanan tes Prostate-specific antigen (PSA) sebagai sarana metode skrining untuk kanker prostat. 

PSA sendiri adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel kanker atau sel-sel normal di dalam kelenjar prostat.PSA dapat ditemukan di dalam cairan semen yang juga diproduksi oleh prostat, dan pada sirkulasi darah dalam jumlah kecil. 

Nilai PSA yang tinggi mengindikasikan adanya kanker prostat. Slain itu, tes PSA dilakukan sebagai sarana skrining pada kanker prostat awal, yang umumnya juga disertai dengan pemeriksaan digital rectal exam (DRE).

3. Pemeriksaan Sperma

Pemeriksaan sperma penting dilakukan oleh pasutri yang ingin memiliki buah hati. Di Klinik Prodia Batam, pemeriksaan sperma dilakukan meliputi:

Pemeriksaan kondisi fisik sperma termasuk jumlah cairan yang keluar saat sedang ejakulasi, konsistensi kekentalan cairan sperma.

  • Memeriksa keakuratan pergerakan sperma, sehingga  bisa mengetahui kemampuan sperma dalam mencapai atau menembus sel telur
  • Melihat kondisi hormon testosteron. 
  • Pemeriksaan kelainan genetik yang disebut dengan sindroma Klinefelter.  
  • Mendeteksi kemungkinan kanker.  
  • Mengetahui kondisi sperma dari riwayat penyakit.  

4. Pemeriksaan TORCH

Pemeriksaan TORCH (toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, dan herpes) di Prodia Batam dianjurkan dilakukan sebelum memulai program kehamilan atau sebelum menikah.

Dengan melakukan pemeriksaan TORCH di Klinik Prodia Batam, maka kemungkinan terjadinya infeksi dan status kekebalan terhadap parasit Toxoplasma gondii, virus Rubella, Cytomegalovirus, dan virus Herpes tipe 2 yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dapat terdeteksi. 

Terlebih, TORCH mengintai kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan. Infeksi virus bahkan bisa membuat organ-organ tubuh bayi tidak berkembang sebagaimana mestinya. 

Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk mengamati adanya virus penyebab infeksi. 

5. Tes Kehamilan

Pemeriksaan terakhir yang penting dilakukan oleh pasangan suami istri di Prodia Batam adalah tes kehamilan. Pemeriksaan kehamilan di Prodia Batam dilakukan dengan mendeteksi ada tidaknya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam darah yang dapat menunjukkan ada tidaknya kehamilan. 

Hormon hCG diproduksi oleh plasenta selama masa kehamilan, dan dapat terdeteksi di dalam darah pada masa kehamilan paling awal, bahkan sebelum periode menstruasi berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *