Categories
sex & relationship

Kelebihan & Kekurangan Memakai Kondom saat Berhubungan

Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang aman untuk mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit menular seksual. Saat memilih kondom sebagai alat kontrasepsi, kamu pun wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan memakai kondom, terutama saat berhubungan intim dengan pasangan. 

Cara kerja kondom sendiri yakni menghalangi masuknya sperma ke dalam vagina, sehingga kehamilan bisa dicegah dengan aman. Karena tidak bersentuhan secara langsung, penggunaan kondom juga bisa melindungi diri dari penyakit seperti HIV, klamidia, hingga kencing nanah. 

Jenis-jenis kondom yang tersedia

Terdapat dua jenis kondom utama yang sering digunakan, yakni kondom pria dan juga kondom wanita. Kondom pria, merupakan kondom yang cukup populer dan banyak dijual di pasaran.

Kondom pria, biasanya dibuat dari bahan seperti lateks dan poliuretan poliisoprena, yang merupakan bentuk sintesis dari lateks. Biasanya kondom memiliki beberapa macam ukuran, tekstur, rasa, dan juga aroma. 

Beberapa kondom biasanya sudah dilengkapi pelumas yang mengandung spermisida, yakni zat dengan kandungan kimia nonoxynol-9 yang bisa membunuh sperma. Dokter biasanya menyarankan untuk menggunakan kondom yang tidak mengandung spermisida. 

Bagaimana cara menggunakan kondom yang tepat dan efektif?

Agar efektif untuk mencegah kehamilan, kamu harus memasang kondom dengan tepat. Berikut cara yang bisa dilakukan.

  • Pastikan kondom yang kamu pakai tidak kadaluarsa dan masih baru
  • Periksa apakah ada sobekan atau lubang kecil pada kondom
  • Sebelum menggunakan kondom, tunggulah hingga penis ereksi
  • Buka kemasan kondom dengan hati-hati dan pasang kondom pada penis sambil mencubit ujung kondom untuk mengeluarkan udara dan menyisakan ruang untuk air mani. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondom robek
  • Rekatkan kondom dengan benar hingga tidak ada lagi sisa-sisa udara di dalam kondom
  • Oleskan pelumas yang aman pada sisi luar kondom. Sebaiknya tidak menggunakan pelumas berbahan dasar minyak pada kondom yang terbuat dari lateks karena bisa menyebabkan kondom rusak, sebaiknya pilih pelumas berbahan dasar air

Kelebihan dan kekurangan memakai kondom

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan memakai kondom saat berhubungan seksual yang wajib kamu ketahui. 

Kelebihan menggunakan kondom

Selain bisa mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual, berikut ini beberapa kelebihan menggunakan kondom untuk berhubungan seksual.

  • Variasi pada kondom bisa meningkatkan gairah seksual

Beberapa kondom memiliki banyak variasi dari mulai bentuk, rasa dan aromanya yang bisa membuat gairah seksual meningkat. 

Penggunaan kondom bahkan bisa menunda ejakulasi, sehingga hubungan seks bisa berlangsung lebih lama dan makin menyenangkan. 

Penggunaan kondom juga bisa digunakan untuk melakukan oral seks, sehingga bisa melindungi dari penyakit menular seksual (PMS).

  • Tidak menyebabkan iritasi

Salah satu kelebihan kondom yakni tidak memiliki efek samping, seperti iritasi atau gatal-gatal pada alat kelamin. 

Jika kamu tidak cocok dengan kondom lateks, kamu pun bisa mencoba beberapa kondom yang terbuat dari bahan seperti poliuretan, poliisoprena, dan juga nitril bebas lateks. 

Kekurangan menggunakan kondom

  • Hubungan seksual jadi kurang menyenangkan 

Meskipun memiliki bentuk, rasa, dan aroma yang enak, pada beberapa orang, penggunaan kondom bisa menurunkan gairah hubungan seksual. Hal ini karena kondom menghalangi sentuhan ketika sedang berhubungan intim, sehingga kenikmatan jadi berkurang. 

  • Tidak bisa menggunakan pelumas minyak

Penggunaan kondom tidak bisa digunakan bersamaan dengan pelumas berbahan dasar minyak. Sebab, hal ini bisa menyebabkan bahan lateks pada kondom robek. Penggunaan pelumas hanya bisa digunakan dari pelumas berbahan dasar air. 

  • Mudah robek saat gesekan berlebihan

Jika gesekan yang dilakukan berlebihan, bisa membuat kondom jadi robek dan menyebabkan kehamilan yang tidak diinginkan. 

Itu dia beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan memakai kondom yang wajib kamu ketahui. Pastikan kamu menggunakan kondom dengan benar dan tepat, ya. Agar tingkat efektivitas juga meningkat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *