Categories
Uncategorized

Inilah Cara Mengobati Telinga Berdengung

Penyebab telinga berdengung bermacam-macam, mulai dari faktor usia hingga efek obat

Seseorang dengan tinnitus sering mendengar “telinga berdenging”, tetapi mereka mungkin juga mendengar suara mendesis, klik, atau siulan. Ini bisa bersifat sementara, atau bisa kronis dan persisten.

Cara mengobati telinga berdengung, apakah Anda menderita tinitus dan bertanya-tanya bagaimana cara menghilangkannya atau setidaknya menjadi lebih baik? Tetapi Anda mungkin perlu memeriksakan dengan dokter untuk menemukan kombinasi perawatan yang tepat untuk Anda. Karena begitu banyak kondisi kesehatan yang dapat memicu tinnitus, mendiagnosis setiap kasus adalah unik.

Seorang wanita berbicara dengan seorang dokter. Penilaian menyeluruh terhadap gejala Anda membantu menentukan pengobatan tinnitus terbaik.

Selain perawatan berikut, ada strategi bantuan alternatif yang dapat membantu.

Namun, penting untuk diketahui bahwa tidak ada obat untuk tinnitus. Banyak orang menggunakan pembiasaan untuk membantu mereka mengurangi gangguan tinnitus setiap hari.

Gejala

Tinnitus adalah suara internal non-pendengaran yang dapat terputus-putus atau terus menerus, di satu atau kedua telinga, dan bernada rendah atau tinggi.

Suara yang digambarkan bervariasi seperti siulan, kicau, mendesis, menderu, berdengung, mendesing. 

Volume suara dapat berfluktuasi. Hal ini sering paling terlihat pada malam hari atau selama periode tenang. Mungkin ada beberapa gangguan pendengaran.

Kapan harus ke dokter?

Beberapa orang tidak terlalu terganggu oleh tinnitus. Bagi orang lain, tinnitus mengganggu kehidupan sehari-hari mereka. Jika Anda memiliki tinnitus yang mengganggu Anda, temui dokter Anda.

Buat janji bertemu dokter jika:

  • Anda mengalami tinitus ketika setelah infeksi saluran pernapasan atas, dan tinitus tidak juga kunjung membaik pada waktu seminggu.
  • Temui dokter Anda sesegera mungkin jika:
  • Anda mengalami gangguan pendengaran atau pusing dengan tinnitus.
  • Anda mengalami kecemasan atau depresi akibat tinnitus Anda.

Penyebab

Sejumlah kondisi kesehatan dapat menyebabkan atau memperburuk tinnitus. Di berbagai kasus, penyebabnya tidak diketahui. 

Penyebab umum tinitus

Pada banyak orang, tinnitus disebabkan oleh salah satu dari berikut ini, cara mengobati telinga berdengung ini tentu harus diketahui penyebabnya terlebih dahulu seperti apa yang disebabkannya :

Kehilangan pendengaran. Terdapat sel rambut yang kecil serta halus pada bagian dalam yang akan bergerak ketika menerima gelombang suara. Gerakan itu dapat memicul terjadinya sinyal listrik yang berada seluruh saraf pendengaran dari telinga menuju otak. Maka otak akan menerima sinyal-sinyal itu sebagai suara.

Jika rambut di dalam telinga bagian dalam Anda bengkok atau patah – ini terjadi seiring bertambahnya usia atau ketika Anda secara teratur terpapar suara keras – mereka dapat “membocorkan” impuls listrik acak ke otak Anda, menyebabkan tinnitus.

Infeksi telinga atau penyumbatan saluran telinga. Saluran di telinga Anda dapat tersumbat karena menumpuknya cairan, kotoran maupun benda asing. Terjadinya penyumbatan bisa membuat dalam mengubah tekanan di telinga Anda serta membuat tinitus. 

Cedera kepala atau leher.  Adanya trauma pada kepala serta leher dapat berpengaruh di telinga pada bagian dalam, saraf pendengaran, serta fungsi otak di bagian pendengaran. Jika terjadi cedera seperti itu akan bisa membuat tinnitus di satu telinga.

Obat-obatan. Sejumlah obat dapat menyebabkan atau memperburuk tinnitus. Pada biasanya, jika semakin tinggi obat dosis nya maka akan semakin memburuh tinitusnya. Terkadang suara yang tidak diinginkan akan menghilang disaat Anda sudah berhenti meminum obat-obatan ini.

Obat-obatan tersebut bisa membuat tinnitus termasuk dengan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) serta antibioti, obat kanker, pil air, dan obat antimalaria maupun antidepresan.

Mendiagnosis tinitus

Langkah pertama dalam mengobati tinnitus adalah mengungkap apa yang mungkin menyebabkannya. Salah satu tantangan dalam evaluasi dan pengobatan tinnitus adalah bahwa setiap orang mengalaminya secara berbeda. Mengukur pengalaman subjektif sangat sulit. Seorang profesional perawatan pendengaran akan mulai dengan mengajukan banyak pertanyaan tentang gejala Anda seperti:

  • Berapa lama hal ini telah terjadi?
  • Apakah itu intermiten atau konstan?
  • Apakah lebih buruk pada titik-titik tertentu dalam sehari?
  • Apakah itu sensasi berdenyut?
  • Di telinga mana Anda mendengar tinnitus? Keduanya?
  • Seberapa keras kebisingannya?
  • Apakah nadanya tinggi atau rendah?
  • Apakah masalahnya sangat mengganggu atau hanya sedikit menjengkelkan?
  • Apakah ada kondisi tertentu yang memperburuknya seperti paparan kebisingan atau makanan atau minuman tertentu?
  • Apakah suara berubah?

Seperti apa kedengarannya? Mengklik, bergegas, bersenandung, berirama?

Praktisi juga akan meminta Anda untuk melaporkan riwayat kesehatan Anda. Setelah diskusi menyeluruh tentang gejala dan riwayat kesehatan Anda, pemeriksaan akan dimulai dengan inspeksi visual pada telinga Anda dan tes pendengaran standar. Karena tinnitus sering terjadi bersamaan dengan gangguan pendengaran, Anda mungkin juga akan menjalani tes pendengaran.

Pengobatan

Cara mengobati telinga berdengung yaitu langkah pertama adalah mengobati penyebab tinnitus yang mendasarinya.

Ini mungkin melibatkan:

  • perawatan segera untuk infeksi telinga
  • penghentian obat ototoksik apa pun
  • Diobati permasalahan sendi temporomandibular (TMJ), membuat pengaruh sendi serta tulang rahang dan tulang pipi

Tidak ada obat untuk sebagian besar kasus tinnitus. Biasanya orang akan menjadi terbiasa serta dapat belajar untuk menghilangkannya. Diabaikan tanpa fokus pada hal itu bisa membuat kelegaan.

Ketika ini tidak berhasil, individu dapat mengambil manfaat dari pengobatan untuk efek tinitus, insomnia, kecemasan, kesulitan mendengar, isolasi sosial, dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *