Categories
Uncategorized

Efektif Atasi Batuk Berdahak, Gunakan Obat Decadryl

Batuk adalah penyakit yang sangat umum terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Saat mengalami batuk berdahak, salah satu obat yang bisa Anda andalkan adalah Decadryl.

Obat ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa. Hanya saja, dosis yang diberikan akan berbeda tergantung usia penderita.

Apa itu obat Decadryl?

Meskipun batuk berdahak sangat umum terjadi, apabila tidak diobati, ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Anda tentu akan merasakan ketidaknyamanan akibat gejala batuk berdahak.

Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba untuk mengandalkan obat batuk khusus untuk bisa mengatasinya. 

Decadryl merupakan obat batuk berdahak yang hadir dalam bentuk sirup. Secara khusus, obat ini mengatasi batuk berdahak yang disebabkan oleh reaksi alergi. 

Ada dua kandungan utama yang menjadi komposisi dari obat ini, yaitu diprenhidramin HCl dan amonium klorida. Diprenhidramin HCl berperan sebagai antihistamin, yaitu kandungan yang bisa menekan kemunculan reaksi alergi. 

Sementara, amonium klorida dalam obat ini berperan sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak. Nantinya, dahak yang sudah mengecer bisa keluar bersamaan dengan batuk.

Obat ini tersedia secara bebas. Anda bisa membelinya tanpa perlu menggunakan resep dokter. 

Kapan perlu menggunakan obat?

Waktu yang paling tepat untuk meminum obat adalah saat Anda merasakan gejala dari batuk berdahak. Gejala ini ditandai dengan batuk yang disertai dengan dahak, biasanya semakin parah saat berada di ruangan yang dingin.

Batuk berdahak bisa membuat Anda sampai terasa sesak atau karena terlalu sering batuk. Biasanya, ini menandakan kondisi batuk Anda sudah cukup parah. 

Inilah saat yang paling tepat untuk mulai menggunakan obat Decadryl. Akan lebih baik lagi kalau Anda meminum obat ini begitu mengalami gejala awal dari batuk berdahak. Jangan tunggu sampai kondisi batuk Anda sudah terlalu parah.

Apabila tidak segera diobati, Anda bisa saja mengalami komplikasi dari batuk berdahak yang Anda derita. Ini tentu tidak baik dan berbahaya untuk kondisi kesehatan Anda. 

Biasanya, batuk berdahak yang disebabkan oleh reaksi alergi merupakan kondisi jangka pendek. Selama diobati dengan obat khusus, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan komplikasinya.

Jika ingin meminum obat ini untuk mengatasi batuk berdahak yang Anda derita, maka gunakanlah sesuai dosis yang dianjurkan sebagai berikut: 

  • Untuk anak-anak di atas usia 6 tahun: setengah sampai satu sendok takar setiap tiga jam sekali, maksimal 6 sendok takar dalam sehari
  • Untuk orang dewasa: dosis satu sampai dua sendok takar setiap tiga jam sekali, maksimal 14 sendok takar dalam sehari

Sebaiknya, ikuti anjuran pemakaian sesuai dosis yang sudah ditentukan. Jangan konsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ini penting guna memaksimalkan pengobatan. 

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini setelah makan. Jangan minum obat dalam keadaan perut kosong. 

Waspadai juga kemungkinan adanya efek samping setelah menggunakan obat. Efek samping dari Decadryl umumnya berupa: 

  • Mengantuk
  • Gelisah dan halusinasi
  • Pusing atau vertigo
  • Mulut kering
  • Penglihatan menjadi kabur atau berbayang
  • Gangguan pada kulit dan pencernaan

Itu adalah efek samping yang paling umum. Namun, tidak semua orang merasakannya. Efek samping tersebut tergolong cukup ringan dan bisa membaik dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

Jangan ragu untuk menggunakan Decadryl ketika mengalami batuk berdahak. Konsultasikan pada dokter mengenai cara pemakaian yang paling tepat dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *