Categories
Bayi & Menyusui Hidup Sehat Kesehatan Wanita

Deretan Kandungan Ikan Salmon yang Baik Bagi Ibu Hamil

kandungan ikan salmon

Mengonsumsi ikan selama kehamilan diyakini membantu perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan anak. Ikan salmon merupakan pilihan terpopuler karena kaya akan omega-3 yang sangat baik bagi perkembangan janin. 

Ikan salmon juga dijuluki sebagai superfood karena kandungan ikan salmon yang padat nutrisi. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diwaspadai bagi ibu hamil.

Kandungan nutrisi ikan salmon dan manfaatnya

Berikut ini kandungan ikan salmon beserta manfaatnya:

  1. Sumber omega-3 

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 EPA (asam eicosapentaenoic) telah terbukti memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. 

Penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 selama kehamilan membantu mencegah kelahiran prematur. Dengan mengonsumsi omega-3 dari ikan salmon berarti membawa manfaat yang sangat besar bagi Anda dan bayi Anda.

  1. Kaya protein dan vitamin

178 gram ikan salmon mengandung sekitar 39.3 gram protein, setara dengan 79% nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh (DV). Kandungan ikan salmon tersebut membantu menunjang pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot ibu dan bayi.

Selain itu, salmon berfungsi sebagai sumber vitamin B12 dan vitamin D yang baik. Vitamin B12 berperan dalam produksi DNA serta menjaga darah dan sel saraf dalam kondisi prima. 

Adapun vitamin D dibutuhkan dalam pembentukan tulang pada bayi. Ibu hamil seringkali mengalami defisiensi vitamin D. Dengan mengonsumsi ikan salmon, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

  1. Kandungan DHA tinggi

DHA (Docosahexaenoic acid) adalah salah satu asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon. DHA tidak bisa diproduksi secara alam dalam tubuh, sehingga Anda harus mendapatkannya dari sumber lain.

Nutrisi ini secara khusus membantu perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan janin. Anak yang mendapatkan asupan DHA selama kehamilan terbukti memiliki skor IQ yang tinggi. 

DHA juga bermanfaat dalam meningkatkan ketajaman penglihatan dan perkembangan saraf. Selain itu, DHA juga membantu mencegah depresi pascapersalinan pada ibu hamil.

Jenis ikan salmon yang boleh dikonsumsi ibu hamil 

Ada banyak jenis ikan salmon berdasarkan habitat dan jenis tangkapannya. Ikan salmon Atlantik hasil tangkapan liar (langsung ditangkap dari laut) merupakan sumber omega-3 yang sangat baik. 

Namun mendapatkan ikan salmon jenis itu terbilang susah, dan harganya pun sangat mahal. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon yang dipelihara atau ikan salmon kalengan. 

Meskipun nilai kandungan ikan salmon tersebut lebih sedikit, tidak ada perubahan dalam gizinya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Granada, makan dua porsi salmon yang dipelihara menghasilkan manfaat yang kurang lebih sama dengan mengonsumsi ikan salmon liar.

Seberapa banyak ikan salmon yang aman dikonsumsi?

Dibandingkan dengan ikan laut lainnya, ikan salmon merupakan jenis ikan yang kebal terhadap kontaminasi zat berbahaya. Namun mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah merkuri dalam tubuh. 

Selain itu, ikan salmon juga berpotensi terpapar PCB atau bifenil poliklorinasi, zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker (karsinogenik). PCB juga merupakan faktor penyebab dalam terhambatnya perkembangan janin. 

Sebenarnya tidak ada batasan mutlak terkait jumlah ikan salmon yang baik dikonsumsi ibu hamil. Umumnya, ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi ikan salmon dua kali seminggu. Namun saran tersebut berbeda-beda tergantung wilayahnya. 

Misalnya, di Amerika tidak ada batasan dalam mengonsumsi ikan bagi ibu hamil. Ibu hamil di Australia disarankan untuk membatasi makan ikan jenis apapun, maksimal 2 – 3 kali seminggu. 

Sedangkan di Inggris, wanita hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan berlemak, termasuk salmon, lebih dari dua porsi dalam seminggu. 

Untuk menentukan seberapa banyak ikan salmon yang boleh dimakan namun tetap bisa mendapat manfaat dari kandungan ikan salmon, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan atau ahli gizi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *