Categories
Obat

Cara Ampuh Mengatasi Pruritus Kulit selain Minum Obat Gatal

Gatal atau pruritus adalah kondisi kesehatan ringan yang seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman. Bahkan banyak orang yang tidak bisa tidur, stres, hingga mengalami iritasi karena garukan yang kuat. Selain minum obat gatal, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gatal di kulit.

Cara Menghilangkan Gatal di Kulit dengan Bahan Alami

  1. Oleskan lidah buaya

Ternyata, lidah buaya bisa menjadi obat gatal alami untuk kulit. Gel lidah buaya ini mampu mengatasi gatal ringan pada kulit, termasuk iritasi atau digigit serangga. 

Menghilangkan kulit gatal menggunakan lidah buaya ini juga akan memberikan sensasi dingin pada kulit, sehingga akan terasa nyaman pada kulit yang bermasalah.

  1. Mengoleskan cuka apel

Obat gatal dari bahan alami selanjutnya adalah cuka apel. Dalam cuka apel terkandung asam asetat yang digunakan sudah sejak ribuan tahun lalu sebagai desinfektan dan antiseptik alami untuk atasi luka.

Cuka apel ini disebut juga bisa membantu menghilangkan rasa gatal pada kulit. Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air bersih 1:1. Lalu, oleskan larutan tersebut pada kulit hingga kering. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Namun, perlu berhati-hati saat menggunakan cuka apel ini. Sebab cairan ini bisa membuat luka terbuka jadi iritasi. Jangan mengoleskan cuka apel pada kulit pecah-pecah atau berdarah.

  1. Kompres dingin

Kulit gatal juga bisa diatasi dengan kompres dingin. Gunakan kompres menggunakan kain yang dibasahi air dingin atau kompres es ke area tubuh yang gatal. Diamkan selama 5-10 menit. 

Kulit yang didinginkan ini akan membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab rasa gatal kulit.

  1. Menjaga kelembapan kulit

Rasa gatal bisa juga disebabkan oleh kulit yang kering. Itulah kenapa pentingnya menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan lotion, krim, dan memperbanyak minum air putih.

Gunakan pelembap setelah mandi saat kulit masih agak terasa lembap. Lembapkan juga sebelum tidur dan setelah terkena air.

  1. Hindari pemicu iritasi

Anda juga perlu menghindari apa penyebab iritasi dan rasa gatal di kulit. Beberapa hal tersebut adalah air panas, tanaman, wol dan serat sintetis, produk perawatan kulit yang mengandung pewarna dan pewangi, adanya perubahan suhu, dan stres.

Jika rasa gatal disebabkan oleh alergi, maka pastikan kulit tak lagi melakukan kontak dengan sumber pemicu alergi.

  1. Gunakan minyak mentol

Minyak esensial mentol bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Mentol punya efek mendinginkan dan bisa membantu menghilangkan rasa sakit hingga gatal.

Minyak menthol cukup mudah digunakan dan praktis. Anda cukup mengoleskan minyak mentol yang sudah diencerkan ke area yang terasa gatal. Gunakan dua kali sehari setidaknya selama dua minggu.

  1. Berhenti menggaruk

Kulit yang gatal pasti secara spontan akan digaruk. Padahal sebenarnya menggaruk tidak menghilangkan gatal, namun membuat kulit jadi rentan iritasi dan lecet. 

Ketika rasa gatal menjadi-jadi, maka berhentilah menggaruk. Anda bisa menggunakan pakaian yang nyaman dipakai dan pastikan kuku tidak akan melukai kulit. 

  1. Gunakan humidifier

Humidifier juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal. Humidifier ini akan menjaga kelembapan ruangan dan rasa gatal bisa dicegah.

  1. Gunakan obat gatal

Nah, apabila semua cara di atas sudah Anda lakukan, tapi rasa gatal tak kunjung hilang. Mungkin Anda perlu menggunakan obat gatal. Ada berbagai obat gatal yang dijual di apotek, seperti hidrokortison misalnya. Obat oles ini bisa menghambat respons peradangan pada tubuh, sehingga menenangkan kulit yang terasa gatal.

Anda juga bisa mengonsumsi obat antihistamin untuk mengatasi alergi yang menyebabkan rasa gatal.

Penggunaan obat gatal yang dibeli di apotek harus disesuaikan dengan penyebabnya. Maka sebaiknya periksakan ke dokter terlebih dahulu agar tidak salah pengobata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *