Categories
Uncategorized

Berbagai Penyebab Kulit Kering dan Atasi dengan Biocream

Kulit kering merupakan sebuah kondisi yang sangat tidak nyaman dan ditandai dengan kulit gatal, bersisik, dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Anda dapat memiliki kulit jenis kering secara alami. Namun, terkadang bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak, mereka akan mengembangkan kulit kering seiring berjalannya waktu. Kulit kering dapat memengaruhi bagian tubuh manapun, namun biasanya memengaruhi tangan, lengan, dan kaki. Dalam banyak kasus, perubahan gaya hidup dan pelembap OTC, atau krim seperti Biocream sudah cukup untuk merawat kondisi kulit kering Anda. Jika perawatan tersebut tidak cukup, hubungi dokter secepatnya. 

Paparan terhadap kondisi cuaca kering, air panas, dan zat kimia tertentu dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Anda bisa mengatasinya menggunakan krim seperti Biocream. Namun, kulit kering juga dapat disebabkan karena kondisi medis. Dermatitis adalah istilah medis untuk kulit yang sangat kering. Ada beberapa jenis dermatitis yang perlu Anda ketahui. 

  • Contact dermatitis

Contact dermatitis berkembang ketika kulit Anda bereaksi terhadap sesuatu yang menyentuhnya, menyebabkan peradangan lokal. Irritant contact dermatitis dapat terjadi ketika kulit Anda terpapar agen kimia yang mengiritasi, misalnya pemutih atau bleach. Sementara itu, allergic contact dermatitis dapat berkembang ketika kulit Anda terpapar sebuah zat yang Anda alergi terhadapnya, misalnya nikel. 

  • Seborrheic dermatitis

Seborrheic dermatitis terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak. Hal ini menyebabkan ruam kulit berwarna merah dan bersisik, biasanya di kulit kepala. Dermatitis jenis ini biasa terjadi pada bayi. 

  • Atopic dermatitis¬†

Atopic dermatitis dikenal dengan sebutan eksim. Ini adalah sebuah kondisi kulit kronis yang menyebabkan bercak bersisik kering yang muncul di permukaan kulit. Kondisi ini biasa terjadi pada anak-anak. Kondisi lain yang dapat menyebabkan kulit kering di antaranya adalah psoriasis dan diabetes tipe 2.

Kulit kering dapat menyerang siapa saja. Namun beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk menderita kulit kering, seperti:

  • Usia. Orang lanjut usia berisiko lebih besar dalam menderita kulit kering. Semakin Anda bertambah usia, pori-pori secara alami akan memproduksi lebih sedikit minyak, meningkatkan risiko kulit kering. 
  • Riwayat medis. Anda berisiko lebih besar dalam menderita eksim atau allergic contact dermatitis apabila Anda memiliki riwayat medis dengan kondisi ini atau penyakit alergi lainnya di dalam keluarga Anda. 
  • Musim. Kulit kering lebih sering dijumpai di musim gugur atau dingin ketika level kelembapan relatif rendah. Pada musim panas, level kelembapan yang lebih tinggi membantu menghentikan kulit kering. 
  • Kebiasaan mandi. Sering mandi atau mandi menggunakan air yang sangat panas dapat meningkatkan risiko kulit kering. 

Dokter dapat merekomendasikan rencana perawatan untuk kondisi kulit kering Anda. Rencana perawatan tersebut akan bergantung pada penyebab kulit kering. Dalam beberapa kasus, dokter dapat merujuk Anda ke dokter kulit. Selain perubahan gaya hidup, dokter dapat merekomendasikan salep atau krim over-the-counter atau OTC seperti Biocream untuk mengatasi gejala kulit kering yang Anda miliki.

Adapun perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan di antaranya adalah menghindari mandi air panas, kurangi waktu mandi kurang dari 10 menit, menggunakan sabun yang melembapkan saat Anda mandi, menggunakan pelembap sehabis mandi, menghindari menggaruk bercak kulit yang kering, menggunakan humidifier di dalam ruangan, dan minum banyak air. Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit. Jika kulit Anda sangat kering, gunakan produk yang memiliki bahan dasar petrolatum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *