Categories
Hidup Sehat

Bagaimana Cara Mengatasi Ngantuk Di Kelas?

Banyak orang yang memiliki aktivitas di pagi hari. Sebagian orang aktif dalam menjalani aktivitas tersebut, namun sebagian orang kurang merasa bersemangat dalam aktivitas tersebut. Mereka kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas karena merasa lelah. Hal tersebut sering terjadi jika Anda berada di kelas. Jika Anda sering mengantuk di kelas, Anda sebaiknya pelajari cara mengatasi ngantuk di kelas.

Alasan Orang Mengantuk Di Pagi Hari

Orang-orang sering merasa ngantuk di pagi hari sehingga mereka tidak dapat berkonsentrasi dengan baik ketika mereka berada di kelas. Alasan yang paling umum adalah mereka tidak memiliki waktu yang cukup di malam hari untuk tidur. Mereka bisa saja begadang seperti bermain game, atau mereka susah tidur di malam hari karena memikirkan berbagai hal seperti persiapan ujian.

Selain kurangnya waktu untuk tidur di malam hari, mengantuk di pagi hari juga terjadi karena manusia mengalami kondisi tertentu seperti kekurangan protein dan energi, atau stres sehingga dapat menguras energi.

Cara Mengatasi Ngantuk

Mengantuk di kelas tidak hanya membuat Anda kurang perhatian terhadap pelajaran, namun Anda juga (kemungkinan) akan dihukum oleh guru atau dosen atas perilaku Anda. Oleh karena itu, cara mengatasi ngantuk di kelas dapat dilakukan dengan:

  1. Tidur dengan teratur

Mengantuk di pagi hari, khususnya jika Anda memiliki jadwal sekolah atau kuliah, dapat mengganggu aktivitas tersebut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidur lebih awal di malam hari jika Anda memiliki jadwal di pagi hari pada hari berikutnya. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk tidur lebih cepat di malam hari karena banyak kegiatan, Anda sebaiknya coba luangkan waktu untuk tidur siang.

  1. Beristirahat yang cukup

Jika Anda selesai melakukan aktivitas dan memiliki jadwal yang kosong, Anda sebaiknya luangkan waktu Anda untuk beristirahat seperti mengobrol bersama teman-teman Anda.

  1. Mengkonsumsi kafein

Jika Anda mengantuk di pagi hari, Anda sebaiknya konsumsi kafein, karena kafein dapat memberikan energi pada tubuh Anda. Anda juga sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein secara berlebihan supaya Anda tetap menjaga kesehatan tubuh.

  1. Berolahraga

Berolahraga dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya termasuk mencegah kantuk. Berolahraga dapat membantu Anda supaya tetap terjaga.

  1. Mengkonsumsi makanan secara teratur

Karena ngantuk juga dipengaruhi oleh kekurangan sumber yang bermanfaat seperti protein, Anda sebaiknya konsumsi makanan yang sehat dan bergizi supaya dapat memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

  1. Mengkonsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih tidak hanya mencegah dehidrasi, namun juga dapat membantu Anda berkonsentrasi, khususnya jika Anda perlu melakukan kegiatan di kelas seperti mendengarkan penjelasan guru atau dosen.

  1. Melakukan aktivitas lain

Jika Anda mengantuk, Anda sebaiknya lakukan aktivitas lain yang dapat mengalihkan pikiran Anda. Ketika Anda berada di kelas, Anda sebaiknya catat apa yang diterangkan guru atau dosen supaya Anda dapat memahami pelajaran tersebut. Anda juga dapat bertanya atau berdiskusi dengan guru atau dosen supaya Anda tidak mengantuk terus.

  1. Menenangkan diri

Jika Anda mengantuk karena stres, Anda sebaiknya coba cara untuk menenangkan diri dan lakukan cara tersebut jika Anda tidak melakukan aktivitas lain. Contoh cara untuk menenangkan diri adalah ASMR.

  1. Menghirup udara segar

Menghirup udara segar dapat membantu Anda mencegah kantuk, karena udara dapat memberikan oksigen di dalam tubuh. Jika Anda tidak bisa menghirup udara di luar karena berada di kelas, Anda dapat menarik nafas secara mendalam, kemudian Anda menghembuskannya. 

  1. Menggunakan obat tidur

Anda dapat menggunakan obat tidur jika Anda tidak bisa tidur di malam hari karena insomnia. Meskipun demikian, Anda sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, karena obat tersebut dapat menimbulkan efek samping.

Kesimpulan

Cara mengatasi ngantuk di kelas beragam dan Anda perlu melakukan cara-cara tersebut secara rutin untuk tidak hanya mendukung aktivitas Anda setiap hari, namun juga dapat menjaga kondisi tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *