Categories
Bayi & Menyusui

Atasi Ruam Popok Dengan Bedak Caladine Untuk Bayi

Ruam popok adalah iritasi pada kulit. Kondisi ini paling sering terjadi pada bayi dan merupakan sebuah kondisi yang cukup umum dijumpai. Dikenal pula dengan sebutan dermatitis popok, ruam popok dapat menyebabkan rasa terbakar tidak nyaman dan kemerahan pada daerah kulit yang bersentuhan atau membuat kontak langsung dengan popok. Untuk mencegah kondisi ini terjadi, para orang tua disarankan untuk menggunakan bedak Caladine untuk bayi saat mengganti popok si kecil. 

Caladine Baby Powder with Anti Irritant 100 g harga terbaik

Ruam popok terjadi ketika anak mengenakan popok kotor dan basah terlalu lama. Diare dapat memperburuk kondisi ini. Terkadang, seorang anak akan pertama kali mengalami ruam popok ini saat mereka memulai mengonsumsi makanan padat atau sedang mengonsumsi antibiotik. Bayi yang menyusui bisa menderita diare dari apa yang dikonsumsi oleh ibu. Bayi akan mengotori popok setiap sekitar tiga hingga empat jam, sehingga sangat penting bagi orang tua untuk rutin menggantinya dan menggunakan bedak Caladine untuk bayi. Sifat asam dari kotoran manusia membuat bakteri dan jamur untuk dapat tumbuh dengan bebas. Semua elemen tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, terkadang popok yang terlalu ketat dan tidak pas dikenakan oleh bayi dapat menyebabkan lecet. Bahan kimia dalam deterjen atau produk lain yang menyentuh permukaan kulit bayi, termasuk popok, juga dapat menyebabkan iritasi. 

Risiko dan gejala

Sebanyak satu dari tiga anak akan menderita ruam kulit. Bayi menyusui memiliki risiko lebih rendah akibat berkurangnya keasaman dalam diet mereka. Namun, semua bayi dan anak yang memakai popok berisiko tinggi dalam menderita ruam popok. Oleh karena itu penggunaan produk seperti bedak Caladine untuk bayi saat mengganti popok si kecil sangat direkomendasikan. 

Ruam popok membuat kulit menjadi merah dan iritasi. Kulit yang terdampak juga dapat terasa hangat saat disentuh. Orang tua perlu menghubungi dokter apabila ruam popok berwarna merah terang muncul selama lebih dari 48 jam dan ditemani oleh bau urin yang tidak sedap dan kuat, yang mana dapat mengindikasikan adanya dehidrasi. 

Ruam popok merupakan kondisi yang umum dijumpai. Ruam popok yang disebabkan oleh infeksi jamur terkadang terjadi ketika seorang bayi meminum antibiotik. Ruam jenis ini tidak akan pulih tanpa salep yang diresepkan oleh dokter anak. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Dunia Ilmiah tahun 2012 menyatakan bahwa krim yang terbuat dari tanaman, termasuk lidah buaya dan calendula, dapat membantu melawan ruam popok. Khususnya, calendula dapat melawan peradangan dan bakteri, yang mana dua masalah utama ruam popok. Salep dan krim oles biasanya digunakan untuk merawat ruam popok, seperti hydrocortisone untuk mengurangi pembengkakan, krim anti jamur dan antibiotik untuk melawan infeksi, zinc oxide, serta krim dan salep yang mengandung steroid yang perlu digunakan sesuai dengan rekomendasi dari dokter. 

Biasanya cukup mudah untuk merawat ruam popok dengan obat over the counter di rumah. Pencegahan yang paling baik adalah dengan rutin mengganti popok si kecil dan menggunakan bedak Caladine untuk bayi. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa popok nyaman dan pas dipakai si kecil, tidak terlalu ketat ataupun longgar. Popok tersebut juga harus memberikan ruang untuk udara dapat masuk ke daerah-daerah yang sensitif, dan cobalah untuk tidak memakaikan bayi popok saat ia tidur siang. Jangan gunakan banyak sabun dan tisu basah yang mengandung alkohol atau parfum, karena produk jenis ini malah akan membuat kulit si kecil kering dan membuat gejala yang ada bertambah menjadi lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *