Categories
Uncategorized

Atasi Panas Dalam Tanpa Adem Sari Ching Ku!

Ketika Anda mengalami panas dalam, Anda tentunya akan segera minum Adem Sari Ching Ku yang memang sudah terkenal khasiatnya untuk mengatasi panas dalam.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu seperti itu karena ternyata minuman ini malah bisa menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan dada terasa panas.

Sehingga sebaiknya Anda menghindari minuman tersebut. Sebenarnya cara terbaik mengatasi panas dalam adalah dengan mengonsumsi bahan-bahan alami yang bisa Anda buat sendiri.

Yang perlu Anda ketahui juga bahwa panas dalam sebenarnya bukan penyakit melainkan serangkaian gejala yang menyerang, mulut, dan sistem tenggorokan.

Berikut adalah cara alami atasi panas dalam sehingga badan segar kembali.

Berkumur dengan Air Garam

Ternyata Berkumur dengan larutan garam bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan.

Caranya adalah siapkan segelas air putih hangat dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambil mendongak sedangkan untuk mengusir sariawan,  berkumurlah di area yang sakit.

Anda bisa berkumur selama 20 sampai 30 detik lalu buang airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur air garam setiap beberapa jam sekali untuk hasil yang efektif.

Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah diketahui kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, keduanya ternyata mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Pilihlah sayur dan buah yang warnanya terang dan pekat untuk kandungan nutrisi terbaik seperti sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli yang mampu mengatasi panas dalam

Stroberi, pepaya, apel, dan anggur juga baik untuk mengatasi kondisi tersebut. Untuk menambah asupan serat dan vitamin, konsumsilah buah-buahan seperti apel dan anggur beserta kulitnya.

Menggunakan ampas teh celup

Anda bisa mengatasi sariawan dari panas dalam dengan cara mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah di seduh.

Daun teh bermanfaat untuk melawan peradangan sekaligus meredakan nyeri. Kompreslah selama 15 sampai 20 menit kira-kira sebanyak tiga kali sehari.

Konsumsi Banyak Air Putih

Cara alami tanpa harus minum Adem Sari Ching Ku adalah dengan mengonsumsi banyak air putih.

Ini karena adanya efek dehidrasi yang diakibatkan oleh panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah.

Pastikan selalu minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut, dan usahakan minum paling tidak 10 gelas air dalam sehari.

Konsumsi Madu

Madu disebut ampuh untuk melegakan berbagai masalah tenggorokan. Jika tenggorokan mulai terasa sakit atau kering, segera minum madu murni. Anda bisa mencampurnya dengan teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

Madu juga bisa jadi solusi bibir kering sampai pecah-pecah. Oleskan madu pada bibir untuk menjaga kelembapan alaminya.

Kompres Dingin

Sariawan yang muncul di area mulut bisa terasa sangat nyeri. Karena itu, kompres bagian yang nyeri dan sariawan dengan es batu yang sudah dibungkus kain lembut yang steril. Anda juga bisa mencelupkan kain bersih ke air dingin sebagai kompres.

Menghirup Kamomil

Tanaman dengan nama latin Matricaria chamomilla ini disebut bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, meningkatkan sistem imun untuk melawan berbagai penyakit ringan seperti sakit tenggorokan hingga flu.

Kamomil disebut mengandung anti-inflamasi hingga antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan sakit tenggorokan. 

Berdasarkan penelitian menghirup batang tanaman kamomil dapat menghilangkan gejala flu hingga demam, termasuk sakit tenggorokan.

Menghirup Peppermint

Peppermint adalah salah satu tumbuhan yang mengandung bahan anti-inflamasi dan anti-bakteri. Kandungan ini sangat berguna untuk melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Caranya, campurkan minyak peppermint dan minyak esensial lainnya sesuai pilihan. Setelah itu, hirup dalam-dalam dan gunakan secara rutin tatkala tenggorokan terasa sakit hingga nyeri untuk mengatasi panas dalam tanpa konsumsi Adem Sari Ching Ku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *