Categories
Olahraga

7 Manfaat Tidak Terduga dari Acroyoga

Saat ini, banyak sekali jenis yoga yang dapat dipraktikkan. Jenis yoga yang tengah populer, karena gerakannya yang sangat sulit adalah acroyoga. Secara sederhana, ini merupakan penggabungan dari akrobat dan yoga sehingga Anda akan melihat berbagai gerakan yang sulit dibayangkan sebelumnya. 

Ciri khas dari acroyoga adalah dilakukan secara berpasangan. Jenis yoga ini bahkan disebut-sebut mampu memperdalam hubungan interpersonal dan menambah rasa empati jika dilakukan bersama pasangan. Namun sejatinya, masih banyak manfaat lain yang tidak terduga dan luar biasa dari jenis yoga yang satu ini. 

Berikut ini adalah berbagai manfaat acroyoga yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Pasalnya, kebanyakan orang mungkin hanya berpikir acroyoga hanya berguna untuk menambah kelenturan otot dari sisi fisik. Namun kenyataannya, manfaat yang bisa Anda peroleh lebih jauh daripada itu. 

Manfaat Latihan Acroyoga untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan Konsentrasi 

Gerakan-gerakan acroyoga sangatlah sulit. Kebanyakan membutuhkan keseimbangan penuh. Anda mungkin berpikir akan mudah jatuh dan cedera ketika mencontoh gerakan-gerakan acroyoga. Pada kenyataannya, gerakan yang sulit dan sangat membutuhkan keseimbangan tersebut bisa dengan optimal meningkatkan konsentrasi Anda. 

Meringankan Rasa Nyeri 

Alih-alih mengalami cedera dan mendapat luka yang terasa nyeri, Anda justru bisa meringankan rasa nyeri yang sedang Anda alami dengan rutin melakukan acroyoga. Ini karena melakukan acroyoga merangsang produksi hormon endorfin yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit. Kelenturan yang didapat dari melakukan gerakan acroyoga pula bisa meminimalkan rasa nyeri yang Anda rasakan di otot maupun persendian. 

Meredakan Kecemasan 

Hormon endorfin yang terangsang terproduksi dengan melakukan olahraga, tidak terkecuali acroyoga, juga baik untuk mental Anda. Rasa senang dan konsentrasi tinggi pada akhirnya bisa mengusir berbagai rasa cemas yang tidak penting. Cemas mereda, Anda pun bisa terhindar dari risiko depresi yang mengintai. 

Mengobati Insomnia 

Tiap pagi Anda akan bangun lebih segar jika sering melakukan acroyoga. Ini karena salah satu manfaat yang luar biasa dari gerakan yoga ini mampu mengatasi gangguan masalah tidur, seperti insomnia. Pemulihan ini berhubungan dengan rasa cemas yang bisa ditekan sehingga kualitas tidur Anda membaik. Anda bisa tidur nyenyak sepanjang malam. 

Melancarkan Sirkulasi Darah 

Otot-otot yang terbentuk efektif dari gerakan acroyoga pada akhirnya bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentu saja manfaat lanjutannya luar biasa. Pasalnya, sirkulasi darah yang lancar bisa menghindarkan Anda dari beragam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, ataupun stroke. 

Mengatasi Masalah Pencernaan 

Berbagai masalah pencernaan bisa ditangani dengan rutin melakukan gerakan-gerakan acroyoga. Anda sering mengalami sembelit? Dijamin pencernaan Anda menjadi lebih lancar karena metabolisme tubuh ikut membaik dengan acroyoga. Atau Anda sering mengalami gejala maag? Acroyoga pun bisa meredakan naiknya gas yang menjadi penyebabnya. Tidak hanya itu, ternyata acroyoga juga bisa menambah nafsu makan!

Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh 

Rasa cemas yang mereda, sirkulasi darah yang lancar, sampai metabolisme tubuh yang maksimal pada akhirnya akan berpengaruh besar pada sistem kekebalan tubuh Anda. Anda akan menjadi lebih jarang sakit ketika rutin melakukan acroyoga karena kekebalan tubuh Anda dapat terkatrol. Tentunya, manfaat ini bisa Anda peroleh jika melakukan gerakan-gerakan acroyoga dengan benar. 

*** 

Tertarik merasakan manfaat dari acroyoga? Cobalah ajak pasangan Anda untuk rutin melakukan gerakan-gerakan yoga yang mirip dengan gerakan akrobat ini tiap hari. Manfaat kesehatan diperoleh, keintiman dengan pasangan pun bisa bertambah. 

Kombinasi trio ini menghasilkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Itu membuat hidup bahagia, puas dan puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *