Categories
Hidup Sehat

7 Bahan Alami untuk Obat Herbal Jantung

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan obat herbal jantung dari bahan alami sebagai alternatif untuk mencegah dari risiko penyakit jantung. Ada beberapa bahan alami yang diketahui memiliki manfaat baik bagi kesehatan jantung. 

Contohnya seperti menjaga tekanan darah dan kadar gula darah tetap ideal, yang bisa memberikan hasil optimal jika dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya, misalnya berolahraga rutin dan berhenti merokok.

Bahan Alami Terbaik untuk Obat Herbal Jantung 

Sejumlah bahan alami berikut ini memiliki manfaat signifikan untuk mencegah penyakit jantung dan bisa Anda konsumsi rutin. Namun sebaiknya, baik dalam bentuk segar maupun suplemen, hindari mengonsumsinya bersamaan dengan obat-obatan perawatan jantung yang diresepkan dokter.

1. Teh hijau

Secara turun-temurun, teh hijau dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kita. Kandungan antioksidannya yang tinggi mampu melawan radikal bebas dan juga racun yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Anda bisa meminum teh hijau kurang lebih 5-6 cangkir per hari untuk mendapatkan manfaatnya bagi jantung. Atau Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dijual di apotek.

2. Kunyit

Kunyit merupakan rempah alami yang banyak digunakan di Indonesia. Kunyit mengandung bahan aktif curcumin yang dapat melindungi otot jantung dan juga mengurangi inflamasi yang diakibatkan oleh aterosklerosis sebagai penyebab utama dari penyakit jantung. 

Konsumsi kunyit secara rutin, bisa dalam bentuk minuman ataupun mengolahnya menjadi kare. Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu agar bisa membantu menurunkan segala faktor risiko dari penyakit jantung. 

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk jantung, contohnya seperti potasium, fosfor, zinc, serta vitamin A dan B kompleks. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi bawang, baik secara utuh maupun diolah menjadi masakan lezat.

Sejumlah uji klinis mengungkapkan bahwa bawang putih mampu mencegah penyakit jantung, yakni dengan menurunkan kadar kolesterol, mengurangi kekentalan darah, mengendalikan tekanan darah, dan mengurangi stres oksidasi. 

4. Jahe

Satu lagi rempah berkhasiat untuk kesehatan jantung adalah jahe. Terbukti di sejumlah uji klinis, jahe bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner atau jenis penyakit jantung yang umum terjadi.

Beberapa di antaranya yakni menurunkan kadar kolesterol dan mengendalikan gula darah. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebus jahe utuh atau menyeduh jahe bubuk dengan segelas teh, dan juga mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.  

5. Capsicum

Capsicum mengandung bahan aktif capsaicin yang menyebabkan rasa pedas pada cabai dan paprika. Diketahui bahwa capsaicin memiliki manfaat untuk mengendalikan tekanan darah, menurunkan gula darah, mengurangi tekanan pada otot jantung, mengurangi penebalan otot jantung, dan mengurangi berat badan.

Mengonsumsi makanan pedas bisa membantu Anda mendapatkan manfaat tersebut. Namun sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari karena makanan pedas bisa mengganggu pencernaan Anda. 

6. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami kaya akan omega-3 yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol yang bisa berkontribusi pada penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat lignan juga diketahui dapat mencegah terjadinya penumpukan plak di arteri. 

Anda bisa mengonsumsi biji rami utuh segar sebagai camilan sehat. Sebaiknya jangan konsumsi dalam bentuk minyak agar dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. 

7. Sari mawar

Mungkin Anda tidak terlalu familiar akan manfaat bunga mawar pada kesehatan jantung. Manfaatnya terletak pada buah yang berkembang dari bunga tanaman mawar liar yang disebut rosehip.

Rosehip kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu menguatkan kapiler jantung. Anda bisa mengonsumsi rosehip dalam bentuk suplemen maupun minyak esensial sebagai aromaterapi. 

Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya mengonsumsi obat herbal jantung, namun sebaiknya Anda juga tetap mengombinasikannya dengan gaya hidup sehat yang baik untuk jantung. Berikut adalah tipsnya:

  • Berhenti merokok, merokok adalah salah satu penyebab penyakit jantung
  • Perbanyak aktivitas fisik, setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang dalam seminggu
  • Jaga berat badan ideal, kelebihan berat badan adalah faktor risiko penyakit jantung
  • Perbanyak konsumsi serat
  • Kurangi konsumsi lemak jenuh
  • Konsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur dalam sehari
  • Kurangi garam
  • Perbanyak konsumsi ikan, terutama ikan berlemak seperti ikan salmon dan sarden
  • Batasi atau hindari konsumsi alkohol
  • Baca dengan teliti label makanan sebelum membelinya

Menjaga kesehatan jantung sangat penting agar terhindar dari risiko penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian di dunia. Mengombinasikan tips-tips di atas dengan konsumsi obat herbal jantung dapat memberi Anda manfaat yang optimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *