Categories
Uncategorized

6 Obat untuk Infeksi Jamur di Kulit, Coba Khasiat Daktarin

Ada banyak jenis obat jamur kulit yang tersedia di apotek. Salah satunya ada Daktarin dan merek lainnya. Namun, sebelum mencoba salah satu obatnya, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu jenis jamur apa yang menginfeksi kulit Anda. 

Infeksi jamur di kulit memang bukan termasuk penyakit yang mematikan. Hanya saja, rasa gatal yang yang muncul bisa menyebabkan penderita tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meski infeksi jamur bermacam jenisnya, namun memiliki kesamaan yaitu sama-sama terasa gatal. Selain itu, area kulit yang terinfeksi juga akan mengalami perubahan bentuk, seperti berkerak, mengelupas, hingga pecah-pecah. Biasanya kondisi ini muncul di area lipatan kulit.

Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa segera membeli obat anti jamur yang ada di apotek tanpa memerlukan resep. 

Tipe-tipe Obat Jamur Kulit

Ada beberapa tipe obat jamur di kulit yang bisa dipilih, yaitu:

  • Obat topikal/oles, yaitu obat anti jamur berupa gel, krim, salep, atau berbentuk semprot. Cara penggunaan obat topikal ini adalah dengan cara diaplikasikan langsung ke kulit yang terinfeksi jamur
  • Obat suntik, yaitu obat yang penggunaannya harus dimasukkan lewat pembuluh darah vena di lengan. Tentu obat jenis suntik ini harus dilakukan oleh tenaga medis
  • Obat minum, yaitu obat berbentuk kapsul, cairan, tablet yang bisa dikonsumsi dengan diminum atau dikunyah terlebih dahulu
  • Obat intravagina/supositoria, berbentuk tablet lunak dan berukuran kecil. Penggunaan obat ini dengan cara dimasukkan ke tubuh melalui vagina.

Obat-obat jamur kulit ini biasanya memiliki cara kerja dengan membunuh langsung jamur yang menyebabkan infeksi. Obat ini juga mencegah agar jamur tidak berkembang biak.

Untuk memilih obat jamur mana yang ampuh membasmi infeksi jamur di kulit Anda, maka perlu mengetahui jenis infeksi yang menyerang, serta tahu tingkat keparahannya. 

Sebenarnya, untuk kondisi infeksi jamur yang tidak terlalu parah, bisa diobati dengan menggunakan obat topikal saja, seperti Daktarin misalnya. Namun, jika infeksi kulit yang Anda alami sudah cukup parah, biasanya perlu menggunakan obat jamur kulit sesuai dengan resep dokter. Bisa berupa obat topikal maupun obat oral. 

Rekomendasi Obat Jamur Kulit yang Bisa Didapat di Apotek

  1. Daktarin Krim

Daktarin Krim merupakan obat yang sudah mendapatkan sertifikasi halal bermanfaat untuk mengatasi infeksi kulit akibat jamur dan ragi. Kandungan dalam Daktarin Krim ini berupa mikonazol nitrat yang merupakan golongan imidazol. Kandungan ini ampuh dan efektif merusak sel jamur sehingga dapat menghentikan pertumbuhan jamur.

Obat Daktarin ampuh untuk mengatasi jamur di kaki, tangan, wajah, kulit kepala hingga leher yang ditumbuhi rambut. Gunakan krim ini sesuai dengan petunjuk penggunaan pada kemasan atau sesuai resep dokter. 

  1. Kalpanax

Kalpanax adalah salah satu obat antijamur yang ampuh untuk mengobati panu kulit. Kalpnax mengandung Miconazole nitrate, sehingga efektif menyembuhkan infeksi kulit akibat dermatofit atau ragi maupun jamur, seperti kurap, panu, hingga kutu air yang muncul di telapak kaki.

  1. Mycoral

Mycoral merupakan obat panu yang mengandung Ketoconazole. Selain ampuh untuk mengatasi panu, obat yang satu ini juga bisa mengobati kurap, sariawan, hingga infeksi dermatofita.

  1. Canesten

Canesten merupakan krim obat anti jamur yang bisa mengobati panu, kadas, kurap, kutu air, hingga ruam popok. Canesten mengandung Kloritimazol yang berguna menangkal jamur di kulit. 

Oleskan krim Canesten ini secukupnya di area kulit yang terinfeksi 2-3 kali sehari untuk proses penyembuhan. Anda juga bisa menggunakan krim ini di lipatan kulit agar terhindar dari infeksi jamur.

  1. Pi Kang Shuang

Pi Kang Shuang merupakan obat anti jamur yang mengandung Triamcinolone Acetanide Acetate, Neomycin Sulfate, dan Miconazole Nitrate. Krim ini ampuh mengatasi berbagai penyakit akibat jamur seperti kurap, panu, kudis, hingga kutu air. 

  1. Neo Ultrasiline

Neo Ultrasiline merupakan obat jamur yang ampuh untuk mengobati panu, kurap, kadas, dan penyakit kulit akibat jamur lainnya. Krim ini tidak panas dan lengket di kulit setelah diaplikasikan. 

Gunakan krim ini sebanyak 2-3 kali sehari. Ada baiknya untuk tetap mengoleskan krim ini meskipun sudah sembuh. Hal ini untuk mencegah infeksi kembali.

Referensi:

https://www.sehatq.com/artikel/daftar-obat-jamur-kulit-di-apotek-mana-yang-paling-ampuh
https://toko.sehatq.com/produk/daktarin-krim-5-g
https://www.tokopedia.com/blog/top-obat-panu-paling-ampuh-hlt/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *