Categories
Hidup Sehat Obat

5 Manfaat Bilberry Untuk Kesehatan, Termasuk Pada Mata

klir y strip

Bilberry (Vaccinium myrtillus L.) adalah salah satu sumber alami terkaya dari antosianin. Komponen polifenol ini memberi bilberry warna biru atau hitam, kandungan antioksidan yang tinggi dan diyakini sebagai bioaktif utama yang bertanggung jawab, atas banyaknya manfaat kesehatan yang dilaporkan dari bilberry. 

Meskipun bilberry paling sering dikatikan untuk meningkatkan penglihatan mata, bilberry juga digunakan sebagai obat herbal klir-y strip sebagai perawatan mata. Selain itu bilberry juga dapat menurunkan glukosa darah, memiliki efek anti-inflamasi dan penurun lipid, serta untuk meningkatkan pertahanan antioksidan dan menurunkan stres oksidatif. 

Selain itu bilberry juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular (CVD), kanker, diabetes, dan demensia serta penyakit terkait usia lainnya. Terdapat laporan penelitian lain bahwa bilberry juga memiliki aktivitas antimikroba. Dalam bab ini, bilberry dan komponen serta karakteristiknya dijelaskan, dan bukti manfaat kesehatan dari bilberry disajikan dan dibahas.

  1. Dapat meningkatkan penglihatan

Bilberry paling populer karena diklaim untuk meningkatkan penglihatan mata, terutama penglihatan pada malam hari. Beberapa penelitian telah meneliti efek buah beri ini pada penglihatan malam, tetapi menyimpulkan bahwa manfaat ini tidak didukung oleh bukti kuat.

Namun, bilberry dapat bermanfaat bagi penglihatan Anda dengan cara lain. Terdapat salah satu penelitian, dimana selama 2 tahun dengan kondisi glaukoma, suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap, selama itu mengonsumsi 120 mg antosianin bilberry setiap hari yang berdampak pada  meningkatkannya fungsi visual sekitar 30%, sedangkan kelompok plasebo mengalami fungsi visual yang memburuk. 

Penelitian lain menunjukkan bahwa melengkapi dengan 160–480 mg ekstrak bubuk bilberry setiap hari dapat mengurangi kekeringan mata dan gejala kelelahan mata lainnya yang disebabkan oleh penggunaan terminal tampilan video. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat ini. Ekstra Billbery pada obat herbal klir-y juga telah digunakan sebagai membantu perawatan mata. 

  1. Mendukung kesehatan sistem kekebalan

Kandungan antioksidan dan kandungan vitamin C pada bilberry, dapat membantu menjaga sistem kekebalan Anda dalam kondisi prima. Bilberry juga memiliki manfaat antimikroba. Secara umum, kandungan antosianin yang tinggi adalah manfaat terbesarnya, karena senyawa ini membantu sistem antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari stres,  dan stres dapat berdampak besar pada kemampuan tubuh Anda untuk melawan penyakit.

  1. Mengontrol peradangan gusi  (Radang Gusi)

Bilberry dapat membantu mengontrol peradangan gusi (gingiva) pada penderita radang gusi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences. Peserta dalam penelitian ini mengonsumsi 250 gram bilberry, 500 gram bilberry, atau plasebo, atau menerima perawatan standar selama tujuh hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa 500 gram bilberry menghasilkan pengurangan peradangan gusi.

  1. Dapat menurunkan kadar gula darah

Bilberry adalah obat herbal populer yang digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Para ahli percaya bahwa buah beri mencegah kerusakan dan penyerapan karbohidrat di usus Anda, mirip dengan beberapa obat penurun gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antosianin dalam bilberry juga dapat merangsang sekresi insulin, hormon yang dibutuhkan untuk membantu memindahkan gula dari darah ke dalam sel Anda.

Salah satu penelitian melaporkan bahwa ekstrak bilberry mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 lebih efektif daripada plasebo. Ekstraknya memberikan setara dengan 50 gram bilberry segar.

Studi 8 minggu lainnya menunjukkan bahwa diet yang diperkaya dengan bilberry segar meningkatkan sekresi insulin pada orang dewasa dengan sindrom metabolik, sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung.

Namun, lebih banyak penelitian manusia diperlukan sebelum kesimpulan yang kuat dapat ditarik.

  1. Antikanker Potential

Sekelompok peneliti dari Universitas California Santa Barbara yang dipimpin oleh Nguyen V et al. menemukan bahwa ekstrak bilberry memiliki efek antiproliferatif pada sel kanker payudara manusia. Mereka mencegah proliferasi sel ganas dan menyebabkan apoptosis. Sebuah studi perbandingan yang dilakukan pada buah beri yang berbeda telah membuat bilberry menjadi yang paling kuat dalam penghambatan sel kanker. Ini juga dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi. 

Hingga kini, kajian ilmiah mengenai penggunaan untuk memperoleh manfaat bilberry, masih terus diteliti dan dipelajari. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi ekstrak bilberry pada obat klir-y, sesuaikan dengan kondisi kesehatan, usia, dan latar belakang kesehatan. Jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen herbal, sebaiknya konsultasikan lebih dulu kepada dokter dan patuhi aturan pemakaian agar terhindar dari efek samping yang membahayakan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *