Categories
Kesehatan Wanita

4 Kondisi Serius yang Ditandai Bentuk Puting Tidak Normal

Bentuk puting payudara dikatakan normal jika puting susu yang mencuat keluar dan dalam kondisi yang sama sepanjang hari. Puting juga bisa mengeras jika terkena rangsangan, seperti udara dingin, sentuhan, maupun aktivitas seksual.

Namun, setiap wanita memiliki bentuk puting yang berbeda. Artinya, ada sebagian wanita yang memiliki bentuk puting tidak normal. Ada yang tenggelam, datar, memiliki rambut, atau bahkan berjumlah ganda pada satu payudara.  

Meskipun bentuk puting tidak normal dan berbeda ini umum terjadi, tetapi bisa jadi perbedaan bentuk puting ini mengindikasikan kondisi serius. 

Setidaknya, ada 5 kondisi yang ditandai dengan bentuk puting tidak normal. Apa saja? 

1. Mastitis Periduktal 

Istilah mastitis digunakan untuk menggambarkan keadaan inflamasi atau peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini sering kali terjadi pada tiga bulan pertama setelah melahirkan, namun bisa muncul hingga dua tahun setelah melahirkan.

Meski begitu, mastitis juga bisa dialami oleh wanita yang tidak sedang menyusui. Inilah yang disebut mastitis periductal. Wanita dan perokok menopause dan pascamenopause lebih rentan mengalami mastitis periduktal. 

Kondisi yang juga disebut ektasia saluran susu ini terjadi ketika saluran susu menebal. Hal ini pun menyebabkan bentuk puting tidak normal. Puting pada payudara yang terkena bisa berubah ke dalam (puting terbalik) dan mengeluarkan cairan seperti susu. 

2. Kanker payudara

Bentuk puting tidak normal memang bukan hal utama untuk mendiagnosis kanker payudara. Sebab, benjolan di sekitar payudara atau bawah ketiaklah yang bisa mendeteksi kanker. 

Meski begitu, Anda patut waspada jika puting memperlihatkan tanda-tanda yang abnormal, seperti:

  • Puting mengalami retraksi alias tenggelam karena sebab yang tidak jelas
  • Puting terasa kebas alias mati rasa
  • Keluar cairan (bukan ASI) dari puting, bisa berupa nanah atau bahkan darah

3. Penyakit Paget

Penyakit paget pada payudara adalah penyakit kanker langka yang terjadi di area kulit sekitar puting susu dan areola puting, yaitu kulit lingkaran hitam puting susu. Lantaran menyerang puting, maka kondisi ini ditandai dengan bentuk puting tidak normal.  

Gejala paget puting susu ditandai dengan bentuk puting menjadi rata, timbul luka besar atau ulkus. Selain itu, puting susu yang mengeluarkan cairan berwarna kekuningan atau berdarah. Terkadang bisa juga disertai adanya benjolan pada payudara.

4. Ectasia

Apakah Anda mengalami bentuk puting tidak normal dan membesar? Bisa jadi penyebabnya adalah ectasia.    

Ectasia adalah kondisi payudara non-kanker di mana saluran susu melebar. Bagi sebagian orang, ektasia bisa menyebabkan penyumbatan pada saluran susu. Hal itu bisa menyebabkan infeksi, peradangan, dan abses, yang akhirnya membuat puting payudara membengkak. 

Selain itu, ectasia dapat menyebabkan keluarnya cairan pada puting, bisa kental atau cair dan volumenya bervariasi. Cairan yang keluar dengan sendirinya ini dapat berwarna bening atau merah yang berarti itu darah.  

Metode Skrining Gangguan Puting 

Ketika mendapati bentuk puting tidak normal disertai gejala yang merujuk pada kondisi serius di atas, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. 

Adapun metode skrining, antara lain: 

  • Mammogram: teknik pemindaian gambar untuk melihat kondisi jaringan payudara. Biasanya digunakan untuk mendeteksi tumor atau kanker payudara.
  • Duktografi adalah metode dengan menyuntikkan semacam zat pewarna pada saluran puting pasien. Selanjutnya akan dilakukan ronsen untuk mengamati keadaan saluran puting. Metode ini biasanya digunakan untuk mendiagnosa keluarnya cairan pada puting.
  • Biopsi: metode yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit Paget pada payudara. Biopsi dilakukan dengan mengambil sampel dari kulit payudara lalu diperiksa di laboratorium.

Selain tiga cara tersebut, dokter mungkin juga akan merekomendasikan metode-metode lainnya seperti tes kadar prolaktin darah, tes hormone tiroid, CT scan, dan MRI scan jika dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *