Categories
Hidup Sehat

Waspada Dengan Kotak Makan Plastik yang Mengandung BPA

Ada kotak makan plastik yang mengandung kandungan berbahaya

Membuat bekal makan yang menarik dan bergizi tentulah menyenangkan dan menantang. Namun, Anda juga perlu untuk mempertimbangkan satu elemen lain dari bekal, yaitu kotak makan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan kotak makan plastik, Anda perlu membaca beberapa hal di bawah.

Tahukah Anda terdapat tiga bahan kimia yang ditemukan dalam plastik tertentu yaitu, timah, phthalate, dan BPA? Ketiga bahan kimia tersebut patut untuk dikhawatirkan. Tempat makan dan minum yang mengandung timah harus Anda hindari, begitu juga yang mengandung phthalate dan BPA. 

Anda perlu memahami pentingnya menggunakan kotak makan tanpa BPA untuk bekal makan Anda ataupun anak-anak Anda. BPA, bagaimanapun, adalah bahan kimia berbahaya yang dapat ditransfer dari wadah plastik ke makanan, membuat siapapun yang mengkonsumsi dapat terpapar pada berbagai potensial masalah kesehatan. Menggunakan kotak makan siang logam bebas BPA, seperti kotak makan siang bento, dapat membantu melindungi Anda dan keluarga dari bahan kimia tersebut.

BPA, atau bisphenol-A, adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik polikarbonat yang kuat. Bahan ini juga dapat digunakan untuk membuat resin epoksi, yang digunakan untuk membuat pelapis yang mencegah korosi logam. BPA dapat ditemukan dalam berbagai produk saat ini, termasuk wadah plastik, makanan kaleng, perlengkapan mandi, produk kesehatan feminin, tanda terima printer thermal, CD dan DVD, lensa kacamata, botol air, botol bayi, tutup botol, dan bahkan pipa pasokan air.

Sementara banyak produsen telah beralih ke berbagai jenis plastik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, terdapat banyak produk yang masih mengandung BPA, dan penting untuk memeriksa label dengan hati-hati dan melakukan penelitian sebelum Anda membeli produk plastik. Plastik yang dapat didaur ulang dan memiliki klasifikasi 7 dapat mengandung BPA, sementara wadah yang memiliki label dengan level 1, 2, atau 5 lebih aman untuk Anda gunakan karena tidak mengandung BPA atau bahan kimia plastik lainnya yang berbahaya.

BPA dapat dengan mudah larut ke dalam makanan dan cairan yang disimpan dalam kotak makan atau tempat minum plastik, terutama ketika wadah plastik tersebut dipanaskan dalam microwave. Bahan kimia seperti estrogen ini dapat memiliki efek negatif pada anak-anak dan orang dewasa.

Menurut lebih dari 130 penelitian, BPA dapat menyebabkan kanker payudara dan masalah reproduksi pada wanita. BPA juga mungkin berkontribusi pada pubertas dini pada anak perempuan, yang biasanya memulai tahap kehidupan ketika mereka berusia sekitar 10 tahun. Hal ini juga dapat menyebabkan infertilitas karena efek negatif pada perkembangan genital pria dan dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

Selain masalah terkait reproduksi, BPA juga dapat memiliki efek negatif lainnya pada berbagai sistem. Hal ini dapat menyebabkan kelainan yang disebut atherosclerotic, pengerasan pembuluh darah karena penumpukan plak. Kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung. BPA juga dapat mengganggu perkembangan sistem saraf pusat dengan mempengaruhi perkembangan otak. Penelitian lain menunjukkan bahwa paparan BPA yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah prostat, dan bahkan perubahan perilaku.

Menghindari BPA dalam kehidupan sehari-hari Anda bukan hal yang mustahil.  Pertimbangkan untuk membeli produk kotak makan dan tempat minum yang berlabel “Bebas BPA”. Cara lain untuk melindungi keluarga Anda dari BPA adalah dengan membeli bahan-bahan alternatif selain plastik, seperti kaca, porselen, dan stainless steel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *