Categories
Uncategorized

Tekanan Darah Tinggi, Turunkan dengan Olahraga Hingga Mengonsumsi Lodoz

Tekanan darah tinggi adalah salah satu kondisi kesehatan yang cukup sering dialami. Padahal, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang berbahaya karena dapat merusak jantung. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi Lodoz.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untuk menghindari risiko tersebut, maka Anda perlu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk memerangi tekanan darah tinggi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Berjalan kaki dan olahraga secara teratur

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk melawan tekanan darah tinggi. Hal ini karena olahraga membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah. Maka dari itu, olahraga secara teratur mampu membantu Anda menurunkan tekanan darah. 

Tidak perlu olahraga yang berat, Anda olahraga sedang seperti berjalan kaki selama 30 menit per hari untuk meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Mengurangi asupan natrium

Asupan garam yang tinggi kerap kali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Sekitar setengah dari penderita tekanan darah tinggi memiliki kepekaan terhadap garam.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi konsumsi asupan natrium dan ganti makanan dengan olahan yang segar dengan bumbu dari rempah-rempah.

  1. Hindari minum alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat memicu naiknya tekanan darah. Bahkan, 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia memiliki hubungan dengan konsumsi alkohol.

  1. Mengonsumsi makan yang kaya kalium

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi natrium, maka Anda membutuhkan kalium untuk membantu tubuh membuang natrium tersebut.

Anda mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang segar dan utuh, seperti:

  • Sayuran hijau, tomat, ubi jalar, dan kentang
  • Buah melon, alpukat, aprikot, dan pisang
  • Susu dan yogurt
  • Ikan tuna dan salmi
  • Biji-bijian dan kacan-kacangan
  1. Mengelola stres

Stres adalah salah satu pemicu utama tekanan darah tinggi. Saat sedang stres, jantung berdetak lebih cepat dan pembuluh darah menyempit sehingga mempengaruhi tekanan darah.

Untuk mengelola stres, Anda bisa mendengarkan musik, melakukan hobi, dan bekerja lebih sedikit.

  1. Menurunkan berat badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Dengan menurunkan berat badan, maka bisa membuat jantung lebih sehat.

Pada sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengurangi 5 persen dari massa tubuh dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

  1. Berhenti merokok

Kebiasaan merokok memiliki kaitan yang erat dengan penurunan kesehatan jantung. Kepulan asap rokok juga dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah. Merokok dan tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga Anda perlu mengurangi kebiasaan tersebut.

  1. Mengurangi asupan gula

Saat ini telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gula dan tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi minuman manis per hari, Anda telah membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi obat

Salah satu obat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya stroke, serangan jantung, serta masalah ginjal, adalah Lodoz.

Obat ini memiliki kandungan zat aktif bisoprolol fumarat yang mengobati tekanan darah tinggi dengan menurunkan frekuensi detak jantung dan tekanan otot pada jantung saat berkontraksi. Terdapat juga kandungan hidroklorotiazid yang meningkatkan pengeluaran urin dan membuang garam sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Obat Lodoz bisa Anda konsumsi 1 tablet sebanyak 1 kali/hari dan dikonsumsi dengan atau makanan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda mengonsumsi obat Lodoz, pastikan Anda sudah memiliki resep dari dokter untuk mendapatkannya di apotek offline maupun online, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *