Categories
Obat

Cara Anak Mau Minum Obat Selain Sirplus Jeruk

Memang mengesalkan dan menyebalkan anak selalu menolak dan bahkan memuntahkan obat yang diminum karena pahit. Menggunakan Sirplus jeruk bisa menjadi solusi yang bagus untuk mengatasinya.

Anda sebagai orang tua memang harus sabar dalam menghadapi drama ini mengingat anak-anak adalah kelompok usia yang kerap memilih-milih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Memberikan obat berasa, seperti Sirplus jeruk cukup jitu karena rasanya manis, dan disukai anak-anak. Namun, ada juga cara lain yang mau membuat anak menelan obat yang diberikan. Apa saja itu? Simak di bawah ini ya!

Beri mereka pilihan

Saat sakit, biasanya anak terus memberontak sehingga tidak mau dipaksa bahkan untuk minum obat sekalipun.

Dalam keadaan seperti ini Anda bisa membebaskan mereka atau menuruti kemauan mereka saat hendak meminumkan obat.

Apabila Anak Anda ingin berada di depan TV saat minum obat, turutilah. Beri mereka kesempatan meminum obat sendiri namun Anda tetap harus mengawasi.

Jangan sampai tersedak

Selain rasanya yang pahit, obat yang diberikan juga jangan sampai membuat anak tersedak. Hal ini akan menimbulkan trauma bagi mereka untuk tidak mau minum lagi obat.

Anda harus sabar dalam meminumkan obat. Berikan secara perlahan. Tunggulah anak Anda mengunyah 1 obat dahulu baru kemudian berikan lagi.

Jelaskan Fungsi Obat

Apabila anak Anda masih susah minum obat, Anda perlu menjelaskan fungsinya bagi kesehatan terutama kalau ia sudah berumur besar.

Kebanyakan anak hanya melihat pada tampilan luar obat yang disebut kurang menyenangkan secara visual bagi mereka, dan inilah yang menjadi penilaian mereka.

Jangan mengancam

Kebanyakan orang tua tidak sabaran dalam menghadapi anaknya yang susah minum obat sehingga mereka mengeluarkan jalan pintas dengan cara mengancam anak supaya mau minum obat.

Cara ini malah akan memberikan dampak psikologis. Anak akan menjadi trauma, dan tidak mau minum obat lagi.

Karena itu, sebaiknya Anda berperilaku positif dalam menghadapi anak, dan berikan pujian jika ia berhasil minum obat pahit yang sudah diencerkan dengan Sirplus jeruk.

Berikan penghargaan

Anda juga bisa memberikan penghargaan atau apresiasi bagi anak Anda saat mau meminum obat.

Hal ini tentu akan memberikannya motivasi sehingga ia akan mau minum obat. Apresiasi bisa berupa pemberian bintang di depan lemari saat ia berhasil minum obat dalam satu hari.

Pilih obat yang sesuai dengan kemauan anak Anda

Pilih obat yang memang anak Anda sukai dan maui. Jika ia suka obat sirup, berikanlah. Begitu juga dengan obat yang dikunyah. Namun untuk hal ini konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Buat suasana yang menyenangkan

Supaya tidak ada drama dalam pemberian obat, Anda perlu menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga anak tidak merasa bosan dan tertekan.

Anda bisa membawakannya mainan favoritnya lalu sedikit berdongeng supaya ia antusias dan mau minum obat.

Samarkan dengan makanan kesukaannya

Cara yang satu ini juga efektif membuat anak Anda mau minum obat. Anda bisa menaruh obat di makanan favoritnya sehingga otomatis obat akan tertelan.

Namun untuk cara yang satu ini sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter mengingat tidak semua obat bisa dicampurkan begitu saja karena dapat menghasilkan efek samping.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan pada anak selain dengan meminumkan Sirplus jeruk supaya ia mau minum obat. Namun, yang perlu Anda perhatikan pastikan berikan obat dalam keadaan berdiri, dan jika ia muntah, segera beri dosis yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *