Categories
Rumah sakit

Segini Biaya Tes Vitamin D di Prodia Depok dan Prosedurnya

Di masa pandemi, penting bagi kita melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk tes vitamin D. Apalagi kecukupan vitamin D penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Kamu bisa melakukan tes ini di Prodia Depok.

Prodia Depok yang beralamat di Jalan Margonda Raya Samping Bumi Wijayata Nomor 283, Beji, Kota Depok ini memiliki layanan pemeriksaan paket imunitas, yang didalamnya terdapat pemeriksaan vitamin D dan juga zinc.

Berikut ini informasi terkait biaya tes vitamin D di Prodia Depok, termasuk prosedur, manfaat, dan tata cara registrasinya.

Biaya panel imunitas di Prodia Depok

Di masa pandemi Covid-19, Prodia Depok menerima layanan pemeriksaan untuk panel imunitas. Tujuannya yakni untuk melihat kecukupan vitamin D pada tubuh yang berfungsi meningkatkan imunitas.

Dengan melakukan panel imunitas ini, kita bisa tahu apakah vitamin D dalam tubuh kita sudah cukup atau belum. Apabila cukup, maka daya tahan tubuh kita pun akan meningkat juga.

Ada dua pilihan paket untuk pemeriksaan panel imunitas di Prodia Depok, yakni tes panel imunitas 1 dengan biaya Rp837.000 dan tes panel imunitas 2 dengan biaya Rp1.776.000.

Pada tes panel imunitas 1, pemeriksaan yang dilakukan meliputi:

  • Vitamin D 25-OH Total
  • Zn, Serum

Pada tes panel imunitas 2, pemeriksaan yang dilakukan meliputi:

  • Tes vitamin D 25-OH Total
  • Tes Zn, Serum
  • Tes profil omega

Biaya yang dibebankan sudah termasuk hasil tes laboratorium, namun tidak termasuk dengan konsultasi dokter.

Kamu bisa melakukan tes ini pada hari Senin-Sabtu sesuai dengan jam operasional Prodia Depok. Prosedur yang dilakukan akan memakan waktu sekitar 30-60 menit, dan hasilnya akan keluar 1 hari setelah pemeriksaan dilakukan.

Kamu bisa mengakses hasil pemeriksaan secara online melalui aplikasi mobile Prodia.

Pentingnya melakukan tes vitamin D

Tes vitamin D mungkin sering diabaikan oleh sebagian orang karena dianggap kurang penting. Padahal, pemeriksaan ini cukup penting, khususnya untuk kamu yang memiliki risiko kekurangan vitamin D, contohnya seperti:

  • Kurang mendapatkan paparan sinar matahari
  • Lansia
  • Obesitas
  • Memiliki penyakit usus yang membuat nutrisi sulit terserap oleh tubuh

Dengan mengetahui kadar vitamin D di dalam tubuh, kamu jadi bisa tahu hal-hal apa yang harus dilakukan agar kadar vitamin D normal, sehingga penyerapan kalsium pun bisa maksimal dan tulang kuat.

Prosedur pemeriksaan vitamin D di Prodia Depok

Untuk melakukan tes vitamin D, tidak ada hal yang perlu dipersiapkan secara khusus. Pengambilan sampel akan dilakukan melalui darah yang diambil dari vena di bagian dalam siku atau punggung tangan.

Tata caranya pun sama seperti pengambilan sampel darah pada umumnya. Nantinya, darah akan dimasukkan ke dalam tabung steril yang sudah disiapkan.

Petugas kemudian akan membawa sampel darah kamu untuk dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Hasilnya akan keluar satu hari setelah pemeriksaan.

Apabila hasilnya kamu kekurangan vitamin D, mungkin kamu akan mengalami gejala seperti nyeri tulang. Dokter biasanya akan merekomendasikan kamu melakukan pemeriksaan kepadatan tulang untuk penanganan selanjutnya.

Kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini, seperti:

  • Gizi tidak seimbang
  • Usus kesulitan menyerap vitamin dengan baik
  • Kurang mendapat paparan sinar matahari

Cara registrasi di Prodia Depok

Untuk registrasi, kamu bisa melakukan secara online dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka laman Prodia yaitu www.prodia.co.id
  2. Pilih ‘Pesan Online’ pada halaman depan website
  3. Klik ‘Daftar Baru’ apabila kamu adalah pengguna baru
  4. Melakukan registrasi dan pilih jenis pemeriksaan yang akan dilakukan
  5. Lakukan pembayaran dan konfirmasi
  6. Kamu bisa langsung datang ke Laboratorium Klinik Prodia Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *