Categories
Hidup Sehat

Sakit Kuping? Jajal Obat Sakit Telinga Alami Ini

Permen karet pun bisa menjadi obat!

Sakit telinga atau sakit kuping mungkin terdengar simpel dan Anda bisa saja meremehkannya. Akan tetapi jika mengalaminya, Anda bisa benar-benar merasa tersiksa karena sakitnya. Tidak hanya rasa tidak nyaman di telinga, Anda pun bisa merasakan pusing yang parah ataupun kehilangan keseimbangan karena masalah telinga tersebut. 

Sakit telinga umumnya disebabkan oleh infeksi. Jenis penyakit yang satu ini bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa menggunakan obat alami sakit telinga yang sangat mudah dilakukan. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu ke dokter untuk mendapatkan resep obat anti nyeri guna menanggulangi rasa sakit kuping Anda. 

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan kuping di rumah yang dapat menjadi obat sakit telinga alami. Cara melakukan maupun mendapatkannya bisa dibilang mudah, namun manfaatnya untuk mengobati nyeri di telinga bisa langsung terasa. 

  1. Air Hangat atau Dingin 

Air bisa menjadi obat sakit telinga alami yang ampuh dan mudah didapatkan. Anda hanya perlu mendinginkannya namun jangan sampai menjadi es atau merebusnya sebentar hingga bersuhu hangat. Setelah itu, masukkan kain lap pada air tersebut hingga basah, kemudian peras. Langkah selanjutnya, Anda hanya tinggal mengompres bagian atas telinga Anda yang terasa sakit sekitar 10 menit. Dijamin, rasa sakit telinga Anda bisa langsung berkurang!

  1. Bawang Putih 

Siapa sangka bumbu dapur yang satu ini telah digunakan sebagai obat sakit telinga alami selama ribuan tahun. Anda cukup menyantap bawah putih mentah untuk mengurangi rasa sakit telinga. Kemampuan bawang putih sebagai pereda nyeri sakit kuping Anda dikarenakan adanya senyawa allicin dalam jenis bawang yang satu ini. 

  1. Permen Karet 

Permen karet memang masih menjadi kontroversi untuk dijadikan konsumsi, khususnya bagi anak-anak. Akan tetapi, permen karet justru telah terbukti mampu menjadi obat sakit telinga alami. Keampuhannya dapat Anda lihat dari kemampuan permen karet menetralkan dengingan kencang di telinga tiap kali Anda menaiki pesawat atau mengemudi ke dataran tinggi. Pada saat-saat tersebut, telinga akan menjadi sakit karena perubahan tekanan  udara yang cukup drastis. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, Anda cukup mengunyahnya secara perlahan. 

  1. Minyak Zaitun 

Penggunaan minyak zaitun sebagai obat sakit telinga alami memang belum mendapatkan dukungan secara ilmiah. Akan tetapi, jenis pengobatan natural ini sudah diterapkan sejak dulu dan terbukti cukup ampuh dan minim efek samping yang tidak diinginkan. Anda hanya perlu memberi beberapa tetes minyak zaitun ke liang telinga yang nyeri. Tunggu beberapa saat sampai Anda merasakan rasa sakit tersebut berkurang sedikit demi sedikit. Bahkan walaupun belum ada bukti ilmiah atas khasiat minyak zaitun ini, American Academy of Pediatrics telah menyatakan jenis minyak ini cukup aman dan efektif untuk pengobatan sakit kuping. 

  1. Jahe 

Jahe tidak hanya berkhasiat menghangatkan tubuh. Rempah-rempah yang satu ini memiliki sifat antiperadangan yang bisa memulihkan infeksi yang terjadi di tubuh Anda, tidak terkecuali di bagian telinga. Untuk menjadikannya jahe sebagai obat sakit telinga alami, Anda hanya perlu memarut rempah-rempah ini kemudian mengoleskan air parutannya ke bagian luar telinga. Namun diingatkan, jangan mencoba menaruh air parutan jahe hingga ke bagian lubang telinga karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan. 

*** 

Umumnya sakit kuping Anda akan segera sembuh setelah diterapi dengan obat sakit telinga alami seperti bahan-bahan di atas. Namun jika rasa sakit terus berlanjut lebih dari 2 hari, Anda disarankan untuk segera pergi ke dokter guna mengetahui penyebab pasti sakit telinga Anda dan bagaimana cara menyembuhkannya secara medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *