Categories
Obat

Rekomendasi Obat Panu yang Harus Anda Pakai

Penyakit panu biasanya ditandai dengan bercak-bercak pada kulit yang berwarna lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli. Penyakit panu ini disebabkan oleh infeksi jamur kulit yang disebut sebagai pityriasis versicolor. Panu juga dapat disebabkan oleh jamur Malassezia furfur yang hidup secara alami di kulit manusia.

Bercak yang ditimbulkan oleh penyakit panu tidak jarang mengganggu kepercayaan diri seseorang, karena dapat menurunkan nilai penampilan seseorang. Tidak hanya itu, rasa gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur tersebut dapat menimbulkan rasa gatal. Maka dari itu, tidak heran jika obat panu laris di pasaran. Kira-kira obat panu apa yang paling ampuh menyembuhkan?

Jenis obat panu yang dapat Anda coba

  • Sabun, sampo, dan krim khusus

Obat panu tidak selalu tersedia dalam bentuk salep. Terdapat beberapa produk obat panu yang dijual dalam bentuk losion atau sabun yang dapat digunakan setiap kali Anda mandi. Jenis obat panu ini umumnya mengandung selenium sulfide, seng pyrithione, dan ketoconazole yang dapat mengusir panu.

  • Salep

Obat panu dalam bentuk salep paling banyak dijual di pasaran. Berbagai merek obat panu bentuk salep dapat Anda beli, baik dengan resap maupun tanpa resep dari dokter. Kandungan yang terdapat di dalam obat ini, yaitu terbinafine, seng, clotrimazole, miconazole, pyrithione, dan selenium sulfide.

  • Pil

Obat panu dalam bentuk pil diberikan pada pasien ketika obat salep maupun krim sudah tidak efektif dalam mengatasi panu pada kulit. Obat ini umumnya bekerja menyembuhkan panu dari dalam tubuh. Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi obat ini, lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

Di luar jenis-jenis obat panu yang disebutkan, hal utama yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari penyakit panu adalah menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Ketika Anda sedang dalam proses penyembuhan dari penyakit panu, usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang terlalu kelat maupun pakaian yang dapat menyerap sinar matahari. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari panu bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *