Categories
Kesehatan Mental

Punya Gejala Skizofrenia? Tanya Dokter Jiwa Segera

Skizofrenia adalah sebuah penyakit mental serius di mana seseorang mengartikan kenyataan dengan tidak normal. Skizofrenia dapat menyebabkan kombinasi antara halusinasi, delusi, dan perilaku atau pikiran yang sangat terganggu yang dapat mempengaruhi fungsi atau aktivitas sehari-hari. Orang-orang dengan skizofrenia membutuhkan perawatan seumur hidup. Jika Anda atau keluarga menunjukkan tanda-tanda skizofrenia, segera tanya dokter jiwa seputar diagnosa dan perawatan. Perawatan dini dapat membantu menjaga gejala yang timbul tetap terkontrol sebelum komplikasi serius berkembang dan dapat membantu meningkatkan harapan hidup jangka panjang.

Apakah Berobat Kesehatan Jiwa Ditanggung BPJS Kesehatan?

Gejala yang perlu diperhatikan

Jika Anda menderita gejala skizofrenia, segera tanya dokter jiwa untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan. Skizofrenia melibatkan beragam gangguan berpikir (kognisi), perilaku, dan emosi. Tanda dan gejala tersebut dapat bervariasi, namun biasanya melibatkan delusi, halusinasi, atau berbicara dengan tidak teratur, yang nantinya mengganggu kemampuan untuk berfungsi. Gejala skizofrenia di antaranya adalah:

  • Delusi. Ini adalah kepercayaan palsu yang tidak berdasar pada kenyataan. Misalnya, Anda berpikir Anda disakiti atau dilecehkan; beberapa sikap atau komentar yang ditujukan untuk Anda; Anda merasa memiliki keterampilan atau ketenaran yang besar; orang lain jatuh cinta pada Anda; dan kejadian besar akan terjadi. Delusi terjadi pada kebanyakan orang yang menderita skizofrenia. 
  • Halusinasi. Kondisi ini biasanya melibatkan melihat atau mendengar sesuatu yang tidak nyata adanya. Namun, bagi orang-orang yang menderita skizofrenia, mereka mendapatkan dampak layaknya pengalaman normal. Halusinasi dapat mempengaruhi semua panca indera, namun mendengar suara merupakan halusinasi yang paling sering dijumpai. 
  • Gangguan berpikir (berbicara) yang tidak teratur. Pemikiran yang tidak teratur dapat disimpulkan dari gaya bicara yang tidak teratur. Komunikasi yang efektif dapat terganggu, dan seseorang dapat memberi jawaban yang sebagian atau sama sekali tidak berhubungan terhadap suatu pertanyaan. Jarang ditemui, namun berbicara dapat melibatkan memasukkan kata-kata tidak berarti yang tidak dapat dimengerti. 
  • Perilaku motorik tidak normal atau tidak teratur. Ini dapat muncul dalam beberapa cara, mulai dari perilaku kekanak-kanakan hingga gelisah yang tidak dapat diprediksi. Perilaku yang muncul tidak berfokus terhadap tujuan, sehingga seseorang dengan skizofrenia akan sulit untuk mengerjakan sesuatu. Perilaku yang umum dijumpai pada penderita skizofrenia di antaranya adalah menolak arahan, postur tubuh yang aneh dan tidak normal, tidak memberikan respon apapun, dan gerakan berlebih. 
  • Gejala negatif. Ini mengacu pada berkurangnya kemampuan untuk berfungsi dengan normal. Misalnya, seseorang dengan skizofrenia tidak peduli dengan kebersihan diri atau tampak tidak menunjukkan emosi apapun (tidak membuat kontak mata, tidak mengubah ekspresi wajah, atau berbicara dengan sifat monontone). Selain itu, seseorang dengan skizofrenia juga dapat kehilangan ketertarikan dengan aktivitas sehari-hari, menjauhi kegiatan sosial, dan memiliki kekurangan kemampuan untuk mengalami kenikmatan. 

Gejala skizofrenia tersebut bervariasi dalam segi jenis dan tingkat keparahannya dalam setiap waktu, dengan periode gejala semakin parah atau semakin membaik yang berubah-ubah. Beberapa gejala bahkan akan terus ada. Pada laki-laki, gejala skizofrenia biasanya akan pertama kali muncul saat ia berusia pertengahan 20 an. Sementara pada wanita, skizofrenia muncul pada umur akhir 20an. Sangat jarang ditemui kasus skizofrenia pada anak dan orang dewasa usia lebih dari 45 tahun. Namun, skizofrenia dapat ditemui pada remaja, dengan kondisi yang mungkin lebih sulit dikenali. Ini mungkin karena beberapa gejala awal skizofrenia pada remaja umum dijumpai pada perkembangan perilaku remaja di usia mereka. Tanya dokter jiwa jika gejala tersebut di atas muncul. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *