Categories
Kesehatan Mulut

Tak Perlu Cemas, Ini Cara Mengatasi Gigi Jarang

Gigi yang jarang atau renggang seringkali menimbulkan ketidakpercayaan diri. Apabila hal ini terjadi, Anda pasti ingin mencari cara untuk menghilangkannya. Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi gigi jarang yang bisa Anda lakukan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu terlebih dahulu memahami penyebabnya. Kemudian, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Faktor penyebab gigi jarang

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kondisi gigi jarang. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Ukuran gigi

Terkadang, ukuran gigi seseorang bisa saja tidak sebanding dengan ukuran rahangnya. Misalnya, gigi Anda terlalu kecil bagi rahang, sehingga muncul celah di antara gigi.

Ukuran gigi dan tulang rahang dipengaruhi oleh faktor genetik. Karena itu, gigi jarang juga seringkali terjadi dalam satu keluarga. 

  • Periodontitis

Periodontitis adalah penyakit gusi parah yang disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Kondisi ini bisa menyebabkan tulang rahang menjadi keropos, menyebabkan pergeseran gigi, dan menimbulkan celah di antara gigi.

Cara mengatasi gigi jarang akibat periodontitis adalah dengan pengobatan kondisi periodontitis tersebut. Akan lebih baik lagi kalau Anda bisa mencegahnya dengan rutin merawat kebersihan gigi dan mulut. 

  • Kebiasaan buruk

Beberapa orang memiliki kebiasaan buruk yang melibatkan mulut, seperti kebiasaan menghisap jempol dan menyodorkan lidah. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan perubahan tekstur mulut dan memicu gigi jarang.

Biasanya, kebiasaan menyodorkan lidah akan menyebabkan celah gigi di rahang bawah, karena lidah terus menerus mendorong dua gigi bawah pusat. 

Sebenarnya, masih ada banyak faktor penyebab gigi jarang lainnya. Akan tetapi, faktor-faktor di atas adalah faktor yang cukup umum ditemukan.

Cara mengatasi gigi jarang secara medis

Kondisi gigi jarang bukanlah kondisi yang berbahaya. Karena itu, perawatan tidak terlalu dibutuhkan. 

Akan tetapi, bagi Anda yang merasa kurang percaya diri, ada cara mengatasi gigi jarang secara medis, yaitu: 

  • Menggunakan kawat gigi

Dokter gigi umumnya merawat kondisi gigi yang renggang dengan menganjurkan pemasangan kawat gigi. Kawat ini akan memberikan tekanan pada gigi, sehingga secara perlahan akan menutup celah di antara gigi.

Anda juga bisa menggunakan kawat gigi yang transparan apabila merasa tidak percaya diri untuk mengenakan kawat biasa. 

  • Veneer

Veneer merupakan perawatan gigi dengan menggunakan bahan buatan untuk ditempatkan di atas gigi. Biasanya, bahan itu dapat berupa porselen atau komposit.

Bahan komposit dibuat dari dua atau lebih bahan dengan sifat kimia yang berbeda. Saat dicampurkan, bahan-bahan ini akan membentuk zat keras menyerupai gigi. Prosedur ini cocok apabila celah pada mulut Anda hanya satu atau dua saja.

  • Implan gigi

Terkadang, kondisi gigi jarang juga bisa disebabkan oleh kerusakan gigi yang menyebabkan gigi hilang satu per satu. Salah satu cara mengatasi gigi jarang karena kondisi ini adalah melalui implan gigi.

Implan gigi ditempatkan dengan menggunakan sekrup logam ke dalam tulang rahang, kemudian memasukkan gigi pengganti. 

  • Prosedur periodontal

Prosedur ini dilakukan apabila gigi jarang yang Anda alami disebabkan oleh masalah gusi. Penggunaan veneer dan implan gigi saja mungkin tidak cukup untuk mengatasinya.

Prosedur ini dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari operasi atau pembedahan, scaling, dan perawatan gusi lainnya.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara mengatasi gigi jarang yang paling tepat. Namun, bila Anda tidak masalah dengan kondisi gigi Anda, maka Anda tidak perlu mendapatkan perawatan medis khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *