Categories
Uncategorized

Perlukah Pakai Nivea Sun Protect di Dalam Ruangan?

Menggunakan tabir surya seperti Nivea Sun Protect merupakan hal yang penting dalam perlindungan kesehatan kulit. Tabir surya membantu mencegah risiko kanker kulit akibat paparan sinar UV dari matahari.

Namun tak hanya di luar ruangan, para ahli juga menganjurkan untuk menggunakan tabir surya saat berada di dalam ruangan. 

Apa itu Nivea Sun Protect?

Nivea Sun Protect adalah salah satu produk tabir surya yang cukup banyak digunakan. Dengan kandungan SPF 50, Nivea Sun Protect dapat memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA dan UVB dari matahari dapat menyebabkan dampak negatif seperti penuaan dini, kulit memerah, kulit terbakar, kering dan kusam.

Tak hanya memberikan perlindungan, tabir surya ini juga mampu melembutkan kulit berkat kandungan vitamin E dengan formula yang ringan dan cepat menyerap tanpa rasa lengket.

Nivea Sun Protect cocok untuk digunakan saat berolahraga dan berkegiatan di luar ruangan, tahan air, dan tidak meninggalkan noda kuning di baju.

Menggunakan Nivea Sun Protect di dalam ruangan

Selama ini kita lebih banyak mengetahui untuk menggunakan tabir surya seperti Nivea Sun Protect hanya di luar ruangan. Namun ternyata, kita juga perlu menggunakannya saat berada di dalam ruangan.

Matahari memang menjadi penyebab utama kerusakan di kulit, apalagi jika terpapar terlalu lama. Sinar matahari dapat menembus dan mencapai kulit kita meskipun cuaca sedang mendung atau bahkan melewati jendela.

Inilah pentingnya untuk tetap menggunakannya meski berada di dalam ruangan atau bahkan di dalam mobil. Dan sebaiknya diaplikasikan di semua bagian tubuh yang dapat terekspos dengan sinar matahari seperti tangan, wajah, leher, dan kaki.

Jendela kaca memang mampu menyaring sinar UVB, namun sinar UVA masih dapat menembus dan merusak lapisan kulit lebih dalam. Beberapa kerusakan yang dapat disebabkan antara lain hiperpigmentasi, kanker kulit, dan penuaan dini.

Sehingga walaupun Anda berada di dalam ruangan seharian, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan tabir surya. 

Selain sinar UVA, ada satu lagi sinar yang perlu dikhawatirkan, yakni sinar biru. Sinar biru dipancarkan dari layar digital seperti komputer, laptop, ponsel, tablet, dan televisi.

Sinar biru dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang dapat berujung melasma dan bintik hitam di wajah, serta menimbulkan radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi dan memecah kolagen serta jaringan elastis pada kulit.

Tidak semua tabir surya dapat melindungi kulit kita dari sinar biru, kecuali yang diformulasikan dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide. 

Nivea Sun Protect telah diformulasikan dengan titanium dioxide, sehingga juga cocok jika Anda ingin menggunakannya saat berada di dalam ruangan. 

Bagaimana dengan malam hari? Sebenarnya Anda tidak perlu menggunakannya di malam hari karena tidak ada sinar matahari, serta beberapa ahli menyebut menggunaan tabir surya sebelum tidur dapat menyebabkan jerawat.

Tips memilih tabir surya yang tepat untuk indoor

Secara teknis, Anda dapat menggunakan jenis tabir surya apapun saat berada di dalam ruangan. Anda dapat memilih produk dengan label broad spectrum yang berarti efektif menghambat baik sinar UVA dan UVB.

Pilih juga tabir surya yang mengandung antioksidan seperti vitamin C atau vitamin E. Aplikasikan ke seluruh area yang terbuka, ulangi setiap 2-6 jam atau mengikuti instruksi yang tertera pada produk.

Jangan lupa pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Contohnya, jenis kulit bisa memilih yang mengandung pelembap dan jenis kulit sensitif bisa memilih yang bebas parfum serta bebas alkohol.

Kemudian, pilihlah kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. Nivea Sun Protect mengandung SPF 50, sehingga membuatnya jadi produk tabir surya yang cocok untuk digunakan baik di luar maupun dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *