Categories
Penyakit

Penyebab Kanker Paru Selain Kebiasaan Merokok yang Perlu Anda Waspadai

Mungkin Anda masih ingat tentang kabar duka meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang disebabkan oleh kanker paru. Perlu diketahui bahwa alm. bukanlah seorang perokok aktif dan tidak memiliki riwayat kesehatan keluarga yang pernah didiagnosis kanker.

Dari berita tersebut, dapat diketahui bahwa penyebab kanker paru-paru tidak selalu berkaitan dengan kebiasaan merokok. Terdapat penyebab lain yang menjadi pemicu kanker paru. Lebih jelasnya, mari simak informasi berikut ini!

Kebiasaan merokok bukan menjadi penyebab kanker paru satu-satunya

Memang, kebiasaan merokok merupakan risiko nomor satu penyebab kanker paru. Ketika seseorang telah terbiasa dengan kebiasaan merokok sejak usia muda, maka semakin tinggi pula risiko orang tersebut mengidap kanker paru.

Di bawah ini terdapat penyebab kanker paru selain kebiasaan merokok yang perlu Anda waspadai:

  • Menjadi perokok pasif: Anda sering berada di lingkungan asap rokok, seperti sering menghabiskan waktu dengan perokok aktif.
  • Terpapar gas radon: sebuah hasil penelitian menghasilkan fakta bahwa orang-orang yang menetap di lingkungan yang terpapar gas radon dalam kurun waktu yang cukup lama, rentan mengalami kanker paru.
  • Terpapar zat karsinogen, seperti asbes dan knalpot diesel di lingkungan kerja.
  • Polusi udara di lingkungan sekitar, baik dalam maupun luar ruangan.
  • Faktor genetik atau keturunan: hal ini dapat terjadi ketika orang tua atau anggota keluarga Anda yang lain pernah mengalami kanker paru.
  • Terpapar radiasi sinar X

Bagaimana mencegah kanker paru?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjauhi kebiasaan merokok. Dengan begitu, risiko Anda terjangkit kanker paru akan berkurang pula.

Jika Anda bukan perokok aktif, hal yang dapat Anda lakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti mengecek kondisi rumah dan lingkungan sekitar dari paparan gas radon.

Cara lain yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan mengurangi atau bahkan menghindari berkumpul dengan perokok aktif dalam waktu yang lama.

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, seperti brokoli dan jeruk, dapat menangkal pemicu terjadinya kanker paru. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *