Categories
Olahraga

Tips Olahraga Saat Haid agar Aman dan Nyaman

Ketika sedang mengalami haid, banyak wanita yang akan merasakan lemas, nyeri, serta ketidaknyamanan lain. Hal ini dipengaruhi oleh ketidakstabilan hormon ketika haid. Salah satu dampaknya adalah malas berolahraga. Selain lemas, banyak wanita menghindari olahraga saat haid karena dianggap berisiko dan berbahaya bagi tubuh.

Berolahraga ketika haid sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, oleh sebab itu sayang sekali jika Anda melewatkannya. Meskipun demikian, Anda perlu memastikan bahwa Anda melakukan olahraga secukupnya saja, jangan sampai terlalu memaksakan diri.

Agar olahraga ketika haid tetap aman dan nyaman, Anda dapat mengikuti tips berikut ini:

1. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol 

Agar nyaman saat olahraga, hindari mengonsumsi kafein atau alkohol sebelumnya, Mengonsumsi kafein dan alkohol dapat meningkatkan kadar hormon estrogen yang memicu hormon prostaglandin. Hormon ini merupakan pemeran utama dalam proses kontraksi dan relaksasi otot polos yang dapat memperparah rasa nyeri haid Anda.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tips olahraga saat haid berikutnya adalah pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman agar lebih bebas bergerak. Hindari pakaian yang terlalu sempit karena membuat pergerakan Anda terganggu. Pastikan juga bahan pakaian terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat.  

3. Pilih Ukuran Pembalut yang Panjang

Berikutnya, pilih pembalut yang berukuran lebih panjang untuk menghindari kebocoran dan tembus ketika melakukan olahraga. Pembalut yang nyaman akan membuat Anda lebih rileks dan percaya diri ketika bergerak.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh dan menghindari dehidrasi. Hal ini sangat baik untuk mengurangi nyeri haid. Jadi pastikan Anda menyiapkan air putih yang cukup sebagai bekal ketika berolahraga.

5. Awali Olahraga dengan Peregangan Otot 

Peregangan otot atau streching sangat penting dilakukan sebagai gerakan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Melakukan peregangan otot atau stretching sangat baik untuk mengurangi risiko cedera atau kram otot ketika berolahraga. Oleh karena itu, pemanasan sebelum olahraga sangat baik untuk mengurangi kram otot perut atau otot pinggul selama haid.

6. Mulai dengan Olahraga yang Ringan

Selama haid, Anda dapat memulai olahraga dengan gerakan ringan seperti jalan kaki, yoga., bersepeda, atau pilates Hindari memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat karena dapat menyebabkan kelelahan.  

7. Lakukan HIIT (High – Intensity Interval Training)

Jika Anda merasa bahwa ketika haid tubuh cukup fit, maka Anda bisa mencoba menaikkan intensitas olahraga. Cobalah untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau high – intensity Interval Training (HIT) seperti jumping jack, plank, squat maupun sit up. Namun olahraga ini tetap harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh.

8. Berhenti Sejenak Jika Sudah Lelah

Olahraga saat haid tentu akan sangat berbeda dengan olahraga dalam kondisi normal. Oleh karena itu, berhentilah sejenak atau turunkan intensitas olahraga jika Anda merasa lelah. Hindari membuat target tertentu yang tidak sesuai dengan kondisi dan kemampuan.

Itulah tips olahraga saat haid yang dapat Anda coba agar olahraga tetap aman, lancar dan nyaman. Ingat, hindari memaksakan diri karena hanya akan membuat olahraga menjadi tidak rileks. Sebaiknya, olahraga sesuai kemampuan dapat membuat Anda memperoleh banyak manfaat dari olahraga saat haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *