Categories
Obat

Obat Pengencer Dahak yang Aman Bagi Ibu Hamil

Batuk berdahak memiliki beragam faktor penyebab, dan penyebab paling sering adalah infeksi virus atau bakteri. Batuk berdahak sebenarnya hal yang tak perlu dikhawatirkan, tapi jika dialami oleh ibu hamil bisa menyebabkan perut kontraksi dan berdampak buruk pada bayi. 

Mengonsumsi obat pengencer dahak akan sangat membantu, namun karena semua makanan yang masuk ke dalam tubuh ibu juga bisa mempengaruhi bayi, Anda harus berhati-hati dalam memilih obat. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui cara memilih obat batuk berdahak yang aman bagi ibu hamil. 

Perhatikan komposisi obat

Obat-obatan, suplemen, herbal yang dikonsumsi ibu hamil bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Karenanya dokter sangat berhati-hati dalam meresepkan obat untuk ibu hamil. 

University of Michigan Health System dan banyak dokter sepakat bahwa ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi obat apapun selama 12 minggu pertama kehamilan karena masa itu adalah waktu penting bagi janin mengembangkan organ vitalnya. Namun jika terpaksa, dokter menyarankan untuk memilih obat yang hanya mengandung satu bahan aktif. 

Anda juga bisa memilih obat pengencer dahak dengan kandungan berikut ini:

  • Dextometorfan
  • Guaifenesin
  • Bromhexine
  • Oxymetazoline

Sedangkan obat batuk berdahak yang penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter antara lain:

  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Codeine
  • Bactrim

Rekomendasi obat batuk berdahak untuk ibu hamil di apotek

Berdasarkan kriteria yang telah disebutkan di atas, berikut ini beberapa obat pengencer dahak yang aman bagi ibu hamil:

  1. Bronkris Tablet

Setiap tablet Bronkris mengandung bromhexine HCl 8 mg yang ampuh meredakan batuk berdahak, sesak, dan iritasi saluran napas yang disertai dengan nyeri. Obat batuk ini bekerja dengan cara mengencerkan dahak di saluran napas sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. 

Saat penggunaan pertama, Anda akan mengalami batuk lebih sering. Namun jangan khawatir karena itu merupakan efek bromhexine saat bekerja mengencerkan dahak. 

  1. Hustab P Elixir

Selanjutnya adalah Hustab Elixir. Obat bebas terbatas ini juga mengandung bromheksin hidroklorida sebagai zat aktif utama untuk mengencerkan dahak. Hustab P Elixir bisa dikonsumsi ibu hamil sesuai dengan anjuran dokter.  

  1. Obat Batuk Cap Ibu dan Anak 

Obat Batuk Cap Ibu dan Anak merupakan obat batuk sirup yang terbuat dari bahan herbal alami dan tambahan madu. Kombinasi bahan yang terkandung di dalamnya berkhasiat mengencerkan dahak dan membantu mengeluarkannya dengan mudah. Selain sebagai obat batuk berdahak, obat sirup ini juga dapat mengobati batuk yang disertai pilek, mengatasi radang tenggorokan, melegakan pernapasan, dan memelihara kesehatan paru-paru. 

Terbuat dari bahan alami bukan berarti boleh digunakan secara bebas. Ibu hamil juga harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut.

  1. Mucohexin 8 mg Tablet

Mucohexin bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak, batuk karena flu, atau batuk yang disebabkan oleh asma, bronkitis akut, atau bronkitis kronis. Setiap tabletnya mengandung bromhexine HCl 8 mg.

  1. Decadryl Expectorant Sirup

Decadryl Sirup mengandung bahan aktif diprenhidramin HCl dan amonium klorida yang bertindak sebagai mukolitik dan ekspektoran. Obat ini diformulasikan untuk meredakan batu berdahak yang disebabkan alergi sekaligus melegakan pernapasan. Decadryl Sirup juga bermanfaat untuk mengatasi gejala alergi seperti bersin-bersin dan pilek. 

Catatan

Sebelum Anda mengonsumsi obat pengencer dahak tertentu, selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker, terutama jika usia kehamilan Anda adalah trimester pertama. Hal ini berguna mencegah risiko atau efek samping berbahaya yang mungkin timbul. Selain itu, gunakan obat sesuai dosis yang dianjurkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *