Categories
Uncategorized

Obat-obatan Alami untuk Atasi Scabies Adalah

Menderita scabies atau kudis memang sungguh menganggu. Scabies adalah tungau yang menyebabkan salah satu penyakit kulit ini.

Hal ini karena tungau sebagai parasit menginvasi kulit dengan membentuk liang-liang untuk bertelur dan berkembang biak.

Akibatnya kulit menjadi gatal dan teriritasi, dan bahkan tidak bisa hilang sama sekali alias berkepanjangan.

Sehingga kudis yang juga ada karena lemahnya imun tubuh harus segera diatasi karena bisa menyebabkan kondisi penyakit kulit lainnya seperti impetigo dan kusta.

Adapun obat yang disarankan untuk mengatasinya adalah obat oles berupa krim, obat oral, dan antihistamin.

Selain obat-obatan itu ada juga obat-obatan dari bahan-bahan alami untuk mengatasi kudis. Apa saja? Simak di bawah ini!

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang bisa mengatasi kudis karena mengandung zat antiperadangan dan antimikroba yang efektif untuk melawan bakteri termasuk tungau.

Selain itu, bumbu dapur ini dapat memberikan kekebalan tubuh yang alami sehingga membuat Anda tidak mudah terserang kudis.

Cendana

Cendana adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan kayunya untuk rempah-rempah dan pengharum ruangan.

Namun selain itu kayu cendana juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kudis karena mengandung zat antimikroba yang juga dapat menghalau datangnya infeksi kulit seperti kudis.

Minyak pohon teh

Salah satu obat alami untuk mengatasi scabies adalah minyak pohon teh yang mengandung antiseptik anti-inflamasi.

Minyak ini dapat membantu meringankan gatal yang parah serta mengurangi peradangan. Di dalamnya juga terdapat efek bakterisida yang mampu melawan tungau. Selain itu, minyak pohon teh mempunyai efek relaksasi saat dioleskan ke kulit.

Kapulaga

Rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan ini juga dapat berfungsi sebagai obat alami penghilang kudis.

Di dalam kapulaga terdapat zat anti-infeksi dan peremajaan yang dapat mengusir tungau serta membantu menyembuhkan kulit dari infeksi.

Selain itu, kapulaga mengandung zat antioksidan yang dapat memberikan tubuh kekebalan alami yang efektif sehingga tidak mudah terkena penyakit.

Lidah buaya

Tanaman yang terkenal dengan nama aloe vera, dan sering digunakan untuk kesehatan rambut ini juga mampu mengatasi kudis yang cukup menganggu.

Lidah buaya mengandung zat antioksidan dan zat antiperadangan yang cukup mampu menghalau dan mengusir tungau penyebab kudis.

Selain itu, lidah buaya yang dimanfaatkan gelnya ini juga bisa memberikan efek relaksasi karena sensasinya yang dingin dan menyegarkan.

Nimba

Nimba merupakan tumbuhan yang buahnya dapat mengatasi kudis karena mengandung sifat anti-inflamasi, antibakteri, antivirus, dan antijamur. Berdasarkan beberapa penelitian ekstrak tumbuhan ini dianggap mampu membunuh tungau.

Minyak kamper

Minyak kamper adalah minyak yang dihasilkan dari pohon kamper. Minyak kamper pada umumnya terkena karena kemampuannya untuk rambut dan minyak esensial serta ternyata dapat menghilangkan iritasi, nyeri, dan gatal akibat kudis.

Getah mangga

Buah mangga ternyata bukan hanya buahnya yang sering dikonsumsi kebanyakan orang, namun juga getah dari pohon buah ini.

Disebutkan bahwa getah pohon mangga juga mampu mengatasi kudis karena mengandung zat antioksidan, antibakteri, antijamur, antivirus, antipretik, dan antiparasit.

Minyak cengkeh

Minyak dari pohon cengkeh yang terkenal sebagai rempah masakan dan obat ini juga bisa mengatasi masalah kulit seperti kudis.

Di dalam satu biji cengkeh terdapat zat antiperadangan, antimikroba, dan antibakteri. Selain itu, cengkeh mengandung eugenol yang akan membantu pengobatan kudis secara bertahap dan tidak berbekas.

Minyak serai

Terakhir pengobatan untuk scabies adalah minyak serai. Minyak ini berasal dari pohon serai, dan mengandung bahan-bahan yang dapat menyembuhkan kulit dari kudis yang cukup menganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *