Categories
Hidup Sehat

Mulut dan Lidah Gatal? Ini Penyebabnya

Mulut dan lidah gatal merupakan sebuah kondisi yang umum dijumpai. Mulut dan lidah gatal dapat disebabkan karena infeksi jamur atau virus, sekaligus alergen seperti makanan, serbuk sari, latex, dan obat-obatan. Apabila kondisi yang Anda derita disebabkan karena alergi, mulut dan lidah yang gatal sering disebut dengan sindrom alergi oral. Meskipun beberapa kasus mulut dan lidah gatal bersifat ringan, tidak sedikit yang dapat mengancam nyawa. 

Tergantung apa yang menyebabkannya, Anda dapat mengalami berbagai macam gejala selain mulut dan lidah yang gatal, seperti rasa kesemutan atau terbakar pada mulut, tenggorokan, dan lidah; lidah, bibir, dan tenggorokan yang membengkak; hidung meler; bersin-bersin; batuk kering; dan mata yang berair. Meskipun gejala mulut gatal dapat bersifat ringan dan tidak akan berkembang, hal tersebut juga dapat mengindikasikan adanya reaksi alergi yang parah. Ada beberapa alasan mengapa mulut dan lidah gatal, di antaranya adalah:

  • Alergi

Apabila Anda menderita mulut dan lidah yang gatal, ada kemungkinan Anda menderita alergi terhadap makanan atau serbuk sari tertentu. Ada pula kemungkinan Anda menderita sindrom alergi oral, yang mana biasanya bermula pada awal masa remaja atau dewasa. Sindrom alergi oral bahkan juga dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan yang pernah Anda makan dan tidak menunjukkan adanya gangguan tertentu sebelumnya. Sindrom alergi oral merupakan jenis alergi makanan yang paling umum dijumpai, dengan gejala meliputi tenggorokan, mulut, dan lidah gatal; pembengkakan jaringan di sekitar mulut; rasa aneh atau tidak sedap di mulut; dan saluran telinga yang gatal. 

Meskipun gejala kondisi ini bersifat ringan dan biasanya tidak akan bertahan selama lebih dari 20 menit, kondisi ini terkadang dapat berubah menjadi reaksi anaphylactic parah yang merupakan kegawatdaruratan medis. Sindrom alergi oral dipercaya terjadi ketika protein dalam makanan tertentu mirip dengan protein alergi yang ditemukan di beberapa jenis serbuk sari. Beberapa orang yang menderita alergi musiman dapat menderita sindrom alergi orall ketika mengonsumsi sayuran segar, kacang, dan buah ataupun bumbu. Kondisi ini disebut reaktivitas silang. Dalam kasus ini, sistem kekebalan tubuh Anda mendeteksi adanya persamaan antara protein makanan dan serbuk sari. 

  • Anaphylaxis

Ini adalah reaksi alergi berbahaya dan dapat mengancam nyawa serta membutuhkan perawatan medis kegawatdaruratan secepatnya. Reaksi anaphylaxis dapat berawal dengan mulut dan lidah gatal apabila Anda telah terpapar oleh alergen. Penyebab anaphylaxis biasanya adalah alergi racun lebah atau serangga lain, obat, makanan, dan latex. Kebanyakan waktu, orang dengan alergi hanya menderita gejala ringan hingga sedang ketika terpapar oleh alergen. Gejala tersebut seperti hidung meler, ruam, gatal-gatal, mata berair, dan lain-lain. Namun, sangat mungkin untuk sebuah kasus reaksi alergi ringan berubah menjadi anaphylaxis. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda mengalami syok. Gejala anaphylaxis di antaranya adalah pembengkakan, gatal-gatal, sesak di tenggorokan, kesulitan bernapas, nyeri perut, diare, tekanan darah rendah, pusing, pingsan, dan detak jantung yang cepat. Orang dengan anaphylaxis dapat menderita serangan jantung, dan berpotensi mengakibatkan kematian. 

Meskipun mulut dan lidah gatal dapat disebabkan oleh kondisi ringan dan mudah untuk diobati, hal tersebut dapat menjadi tanda-tanda adanya reaksi alergi berbahaya di kemudian hari. Anda harus pergi mengunjungi dokter apabila Anda mengalami mulut dan lidah gatal. Dengan diagnosis dan perawatan yang tepat, Anda bisa melakukan perawatan mandiri atau bahkan mendapatkan bantuan medis kegawatdaruratan ketika Anda membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *