Categories
Penyakit

Moon Face, Ketika Wajah Membengkak Seperti Tumpukan Lemak

Pipi tembem atau chubby kerap dikaitkan dengan penambahan berat badan. Banyak orang yang ketika berat badannya bertambah, lemak tubuhnya cenderung menumpuk di pipi. 

Tapi ada satu kondisi medis yang berkaitan dengan pipi tembem, hal itu disebut dengan moon face. Moon face terjadi ketika lemak mengendap di area wajah dan leher secara bertahap hingga membuat wajah penderitanya bulat dan penuh seperti bulan. 

Kondisi ini tidak serius dan bisa diatasi. Namun wajah bulan bisa membuat pengidapnya menjadi tidak percaya diri. 

Penyebab moon face

Moon face terjadi ketika lemak berlebih menumpuk di sisi wajah yang seringkali dikaitkan dengan obesitas, hipotiroidisme, dan sindrom Cushing. Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh terpapar atau memproduksi terlalu banyak hormon kortisol (hiperadrenokortikalisme atau hiperkortisolisme).

Kondisi yang menyebabkan hiperkortisolisme dan meningkatkan risiko moon face antara lain:

  • Tumor non pituitari, seperti tumor paru-paru, pankreas, atau timus 
  • Tumor jinak atau kanker di kelenjar adrenal
  • Penggunaan obat steroid jangka panjang, seperti prednison untuk mengobati rheumatoid arthritis atau gangguan kekebalan tubuh lainnya
  • Kondisi lain yang dapat meningkatkan pelepasan hormon dari kelenjar pituitari sehingga mendorong produksi kortisol dalam jumlah besar

Jika Anda menderita moon face, dokter akan melakukan tes darah, urin, dan mungkin tes tambahan seperti MRI untuk mengetahui apakah masalah tersebut dikarenakan kadar kortisol yang terlalu tinggi di dalam tubuh. 

Kondisi lain yang membuat wajah bengkak 

Selain karena wajah bulan dan obesitas, wajah membengkak juga bisa disebabkan oleh kondisi lain seperti infeksi virus atau bakteri, abses gigi, gigitan serangga, reaksi alergi terhadap obat atau zat tertentu. 

Pembengkakan wajah juga bisa timbul akibat cedera atau trauma, seperti luka bakar wajah, operasi wajah, dan operasi mulut.

Namun gejala untuk masing-masing kondisi di atas berbeda-beda. 

Mencegah dan mengatasi wajah bulan

Walaupun moon face cenderung terjadi sebagai efek samping dari penggunaan obat steroid atau gejala sindrom Cushing dan hipotiroidisme, tidak semua orang yang mengalami kondisi tersebut mengembangkan moon face

Moon face bisa dicegah dan diatasi dengan mudah asalkan Anda konsisten untuk melakukannya. Berikut cara mengatasi moon face secara alami:

  1. Mengatur berat badan

Langkah utama untuk menghindari penumpukan lemak di wajah adalah mengatur berat badan. Moon face bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami kegemukan atau obesitas. 

Ditambah lagi jika Anda juga mengonsumsi obat-obatan steroid. Maka risiko moon face akan semakin meningkat

Konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk menentukan program diet yang cocok dengan Anda. Berolahraga secara rutin juga membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

  1. Kurangi konsumsi garam berlebih 

Mengonsumsi terlalu banyak garam membuat tubuh menahan lebih banyak air sehingga menyebabkan pembengkakan. Makan makanan asin saat Anda menderita moon face akan semakin memperburuk kondisi. 

  1. Cukup minum air

Ini mungkin berkebalikan dengan poin sebelumnya dimana tubuh menahan air bisa menyebabkan pembengkakan. Namun penelitian telah membuktikan minum air yang cukup dapat menurunkan pembengkakan karena membantu menurunkan berat badan. 

Beberapa peran air dalam penurunan berat badan seperti mengelola nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan memudahkan saat berolahraga.

  1. Bergabung ke forum dukungan online

Moon face memang tidak menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius, namun ini sangat mempengaruhi kondisi mental penderitanya. Tak jarang mereka dengan wajah bulan merasa malu dan rendah diri. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa bergabung ke support group yang terdiri dari orang-orang dengan moon face untuk saling berdiskusi dan menguatkan satu sama lain.

Catatan

Umumnya moon face akan hilang saat penyebabnya diobati. Anda harus sabar dalam menjalani perawatan karena biasanya hasilnya terlihat dalam beberapa bulan. Jika Anda diberikan obat resep, jangan berhenti tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *