Categories
Kesehatan Wanita

Menilik 5 Cara agar Cepat Hamil bagi Calon Orang Tua

Banyak pasangan yang telah menikah menginginkan agar segera diberikan momongan. Tidak heran, mereka terus mencari cara agar cepat hamil. Mungkin Anda dan pasangan adalah salah satu calon orang tua yang ingin segera menggendong buah hati?

Program kehamilan atau yang sering disingkat sebagai promil perlu direncanakan dengan matang. Langkah tiap langkahnya perlu dicermati agar kesehatan ibu dan calon bayi tetap terjaga selama masa mengandung hingga proses melahirkan nanti.

Cara-cara tertentu, seperti menerapkan pola hidup sehat hingga meningkatkan kesuburan pria, dapat dilakukan agar Anda dan pasangan segera memiliki anak. Lebih lengkapnya, mari menilik cara agar cepat hamil di bawah ini!

  • Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

Polusi udara, rokok, dan segala bentuk radikal bebas dapat menghambat kesuburan sperma. Dengan secara rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, kesuburan pasangan dapat dioptimalkan. Makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat ditemukan pada makanan yang memiliki vitamin C, vitamin E, folat, seng, dan betakaroten pada buah-buahan, sayur, dan juga jenis kacang-kacangan.

  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Sudah bukan rahasia, bahwa rokok dan alkohol memberikan dampak buruk pada tubuh. Kebiasaan buruk ini berbahaya bagi kesehatan jantung, paru-paru, dan juga dapat menyebabkan infertilitas.

  • Meningkatkan frekuensi berhubungan seksual

Semakin sering Anda dan pasangan melakukan hubungan seksual, maka kesempatan untuk segera segera hamil juga semakin besar. Beberapa orang menggunakan perhitungan tanggal ovulasi untuk mendapatkan peluang hamil paling besar. Waktu terbaik untuk melakukan hubungan seksual yaitu 1-2 hari sebelum terjadinya ovulasi. Namun, faktor lain, seperti kondisi dan keseimbangan hormon juga berperan dalam proses pembuahan ini.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu memusingkan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual, melainkan meningkatkan frekuensi berhubungan seksual setidaknya 2-3 kali dalam satu minggu.

  • Meningkatkan kesuburan pria

Tingkat kesuburan pria berpengaruh besar dalam proses pembuahan. Sperma yang sehat dan kuat berpeluang lebih besar untuk menyukseskan proses tersebut. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kesuburan pria, yaitu dengan berhenti merokok, menyeimbangkan berat badan ideal, hindari berendam dengan air panas karena suhu tinggi dapat membunuh sperma, mengonsumsi vitamin C, zinc, dan asam folat dalam jumlah yang seimbang.

  • Berolahraga

Tidak hanya berguna dalam mengurangi lemak dalam tubuh, rutin berolahraga ternyata dapat memperbaiki kesuburan. Namun, Anda perlu hati-hati dalam memilih jenis olahraga. Terlalu berat aktivitas yang dilakukan dapat mengganggu siklus menstruasi dan berakibat pada infertilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *