Categories
Olahraga

7 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, kita harus melakukan olahraga secara rutin. Manfaat lari pagi tentunya sayang untuk dilewatkan, ya. Berolahraga di pagi hari akan lebih optimal, karena kondisi tubuh masih segar.

Manfaat lari pagi, jangan sampai terlewatkan!

Untuk mengetahui apa saja benefit yang bisa kamu dapat dengan berolahraga di pagi hari, mari simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

1. Membangun gaya hidup sehat

Kalau kamu punya masalah dengan kesulitan memulai aktivitas di pagi hari, cobalah untuk mulai rutin menjadwalkan lari pagi.

Dengan melakukan lari pagi secara rutin, kamu akan mendapatkan benefit jangka panjang berupa gaya atau pola hidup yang sehat.

Olahraga rutin terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan jantung, hingga berdampak positif pada kesehatan mental.

2. Meningkatkan level energi

Melakukan lari pagi juga ibarat memberikan booster terhadap level energi. Ini bagus sebagai bekal mengawali aktivitas sehari-hari untuk meningkatkan performa.

Sebuah penelitian menemukan kalau lari pagi dapat meningkatkan fokus dan juga berpengaruh pada peningkatan performa pada hari tersebut.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kalau kamu punya masalah dengan sulit tidur di malam hari, cobalah untuk mulai melakukan lari pagi secara rutin.

Salah satu manfaat olahraga dan juga lari di pagi hari adalah tidur yang lebih nyenyak di malam hari. Sebuah penelitian menemukan kalau dampaknya lebih bagus ketimbang melakukan olahraga di sore atau malam hari.

Selain itu, penelitian lainnya juga menemukan kalau melakukan lari pagi bisa membuat orang-orang dengan masalah sulit tidur mengalami peningkatan kualitas tidur.

4. Manfaat lari pagi untuk jantung

Melakukan lari di pagi hari juga memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan jantung kamu lho.

Melakukan olahraga lari secara rutin 5 menit per hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Penelitian menemukan kalau para pelari memiliki risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, hingga 30 persen.

5. Bagus untuk metabolisme

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah meningkatkan kinerja sistem metabolisme tubuh. Hal ini sangat berguna untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Melakukan lari pagi sebelum sarapan dapat meningkatkan sistem metabolisme sehingga nanti setelah sarapan, makanan atau kalori yang kamu makan akan langsung dibakar.

Setelah melakukan olahraga, tubuh akan menggunakan makanan yang kamu konsumsi untuk mengembalikan kondisinya. Jadi tidak ada penumpukan kalori dan lemak karena semua langsung diproses dibakar.

6. Menjaga kesehatan persendian

Melakukan olahraga lari secara rutin juga dapat menjaga kesehatan persendian kamu. Penelitian menemukan kalau para pelari memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami masalah persendian.

Selain itu, lari pagi juga dapat meningkatkan kekuatan otot yang pada akhirnya bisa mengurangi risiko terkena osteoartritis.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Lari pagi juga bisa memberikan dampak positif pada kesehatan mental kamu. Jika kamu sudah penat dan mulai stres, coba untuk mulai berlari.

Berlari di pagi hari, dengan menghirup udara segar, menatap pemandangan hijau, bergerak aktif, dapat bantu tubuh meningkatkan produksi hormon endorfin yang memberikan efek bahagia.

Nah itu ulasan terkait beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari melakukan olahraga lari di pagi hari. Yuk mulai kebiasaan sehat, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *