Categories
Uncategorized

Manfaat dan Dosis Praxion Forte

Salah satu produk obat paracetamol yang dijual bebas di pasaran adalah merek praxion forte. Sama seperti paracetamol lainnya, praxion forte memiliki sifat analgetik dan antipiretik. Artinya, obat berbentuk sirup ini memiliki fungsi untuk meredakan demam dan nyeri pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Paracetamol memang sudah lama menjadi pertolongan pertama bagi orang yang menderita demam ataupun nyeri ringan dan sedang. Paracetamol memang biasa digunakan untuk meredakan nyeri ringan dan sedang seperti sakit kepala, nyeri sendiri, sakit gigi, serta meredakan demam. Bahkan paracetamol juga digunakan pada kandungan obat untuk meredakan nyeri haid.

Cara kerja paracetamol adalah dengan menghambat produksi zat prostaglandin yang dapat menyebabkan peradangan bagi tubuh. Dengan begitu, gejala peradangan seperti demam dan nyeri pada tubuh dapat berkurang.

Paracetamol saat ini juga dijadikan obat untuk mengatasi gejala COVID-19 seperti demam, nyeri otot, dan sakit kepala. Namun, untuk dosis dalam meredakan gejala COVID-19 perlu sesuai dengan anjuran dokter. Sifat paracetamol sebagai analgesik dan antipiretik juga berguna untuk mengurangi efek samping dari vaksinasi.

Untuk praxion forte, orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikannya kepada anak-anak. Sebab, kandungan pada obat ini tidak memiliki alkohol alias alcohol-free sehingga aman untuk digunakan pada anak. Namun, untuk konsumsi ibu hamil, tetap disarankan untuk pergi ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat.

Manfaat paracetamol

Karena memiliki sifat sebagai analgesik dan antipiretik, obat paracetamol memiliki banyak manfaat untuk mengatasi demam maupun untuk meredakan nyeri ringan dan sedang. Praxion forte sendiri memiliki manfaat untuk menurunkan demam panas, meredakan sakit kepala dan sakit gigi, meredakan nyeri ringan hingga sedang, serta meredakan nyeri sendi dan otot.

Paracetamol tergolong aman dikonsumsi oleh setiap orang dan dari segala jenis umur. Obat ini juga jarang menimbulkan efek samping yang seirus Asalkan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Di samping itu, paracetamol juga aman untuk lambung maupun jantung.

Selain dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam, paracetamol dikatakan juga dapat mengendalikan gula darah dan fungsi otot. Paracetamol jua memiliki efek antioksidan yang dapat bekerja untuk melindungi otak dan jantung.

Dosis paracetamol

Paracetamol tersedia dalam berbagai bentuk obat, seperti kaplet, drops, sirups, dan juga tablet effervescent yang larut dalam air. Sebagian besar obat ini merupakan bebas didapatkan di pasaran, tetapi ada beberapa yang perlu resep dokter seperti bentuk injeksi misalnya.

Obat paracetamol bisa diberikan untuk obat tunggal, namun ada juga dokter yang meresepkan obat paracetamol dengan obat lainnya. Misalnya, obat paracetamol serta obat antinyeri kombinasi.

Pemberian kepada anak maupun orang dewasa bisa disesuaikan dengan berat badan pasien, namun boleh juga untuk mengikuti anjuran penggunaan yang ada dalam kemasan. Untuk obat paracetamol seperti proxian forte, dosis yang diberikan untuk anak-anak usia 6 hingga 12 tahun sebanyak 5 mL tiga kali sehari. Sedangkan dewasa atau yang sudah berusia 12 tahun ke atas, diberikan obat 10 mL tiga kali sehari.

Jangan lupa, untuk paracetamol berbentuk sirup untuk mengocoknya terlebih dahulu, agar kandungan dalam obat dapat tercampur merata. Sementara itu, Anda juga perlu memperhatikan efek samping dalam setiap jenis obat paracetamol. Penggunaan paracetamol jangka panjang dengan dosis besar dapat berpotensi menyebabkan gangguan fungsi hati. Beberapa orang pun bisa mengalami reaksi alergi seperti ruam pada kulit dan pembengkakan. Jika hal ini terjadi, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *