Categories
Obat

Jenis Tes Kesuburan yang Dapat Dilakukan oleh Pria dan Wanita

Saat dalam menjalani program hamil, salah satu hal yang dilakukan oleh pasangan suami istri adalah dengan melakukan tes kesuburan. Tes ini harus dilakukan oleh suami maupun istri karena masing-masing pihak dapat berkontribusi pada penyebab ketidaksuburan. Untuk menjalani tes kesuburan dapat dibantu dengan alat tes yang menunjang. Lalu, apa saja jenis tes kesuburan yang dapat digunakan?

Jenis Tes Kesuburan untuk Wanita

Tes kesuburan wanita dilakukan untuk melihat kesehatan ovarium yang mengeluarkan sel telur. Pemeriksaan yang dilakukan terkait dengan kesuburan wanita adalah sebagai berikut:

  • Tes Ovulasi

Tes ovulasi adalah media yang digunakan untuk melihat apakah proses ovulasi berjalan baik dengan mengukur kadar hormon. Melalui tes ovulasi juga akan terlihat apakah seorang wanita dapat menghasilkan sel telur yang diperlukan dalam proses pembuahan.

Untuk menjalani tes kesuburan ini harus dilakukan dalam hari tertentu dalam siklus menstruasi. Hormon progesteron akan diperiksa pada hari ke 21 atau 22 dari siklus menstruasi sedangkan kadar FSH akan diperiksa pada hari ke 3 menstruasi.

  • Histerosalpingografi (HSG)

Untuk mengevaluasi kondisi rahim dan saluran tuba, jenis tes kesuburan histerosalpingografi dapat dilakukan. Tes ini juga dapat dilakukan untuk mencari apakah ada penyumbatan atau masalah lain yang menghambat proses pembuahan serta melihat apakah terdapat cairan yang keluar dari saluran tuba.

  • Laparoskopi

Tes kesuburan dengan cara laparoskopi adalah tes dengan membuat sayatan kecil dan dibantu dengan alat berbentuk tabung tipis yang disebut laparoskop. Tes ini hanya dilakukan jika terdapat gejala endometriosis. Melalui tes laparoskopi akan melihat kelainan pada organ di perut atau panggul.

  • Histeroskopi

Cara cek kesuburan lainnya adalah dengan histeroskopi. Jenis tes kesuburan ini adalah dengan memasukkan kamera mirip teleskop ke dalam rahim melalui serviks. Tes ini dilakukan untuk melihat lebih dalam bagian rahim.

Histeroskopi akan dilakukan oleh dokter apabila tes HSG menunjukkan adanya potensi kelainan pada rahim.

  • Tes ultrasonografi

Tes ultrasonografi atau biasa disebut USG pada panggul dilakukan untuk memastikan apakah ovulasi berjalan normal. USG juga dapat melihat apakah terdapat penyakit pada rahim atau ovarium seperti kista ovarium atau mioma uteri.

Jenis Tes Kesuburan untuk Pria

Pembuahan yang masih belum menunjukkan hasil tidak hanya dapat disebabkan oleh wanita. Pria juga dapat memiliki potensi penurunan kesuburan sehingga membuat proses pembuahan tidak berhasil. Untuk mengetahui tingkat kesuburan dari pria dapat menggunakan beberapa tes berikut:

  • Tes Fisik

Gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, atau obat-obatan dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria. Tes fisik dilakukan oleh dokter urologi untuk menelusuri riwayat kesehatan fisik secara menyeluruh. Melalui tes ini, organ tubuh yang erat kaitannya dengan reporduksi akan diperiksa seperti penis, testikel, epididimis, vas deferens, dan varicoceles.

  • Pemeriksaan air mani

Jenis tes kesuburan lainnya yang dapat dilakukan pria adalah dengan pemeriksaan air mani. Anda harus memberikan sampel air mani setelah masturbasi atau setelah berhubungan badan ke dalam wadah yang bersih. Pengujian ini dilakukan di laboratorium untuk melihat kualitas dari sperma.

  • Pengujuan hormon dan genetik

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan adalah hormon dan genetik. Anda dapat menjalani tes darah untuk melihat tingkat testosteron dan hormon pria lainnya. Tes genetik juga dilakukan untuk melihat apakah terdapat gen di dalam tubuh pria yang menyebabkan kemandulan.

  • Biopsi testis

Untuk beberapa kasus tertentu, dokter akan menyarankan untuk menjalani biopsi testis. Biopsi testis dilakukan untuk melihat apakah ada kelainan yang menjadi penyebab pada kemandulan.

Jika Anda sedang menjalani program kehamilan, Anda dapat mencoba jenis tes kesuburan sesuai dengan kondisi Anda. Pastikan juga untuk berdiskusi dengan dokter agar program kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *