Categories
Uncategorized

Jari Tangan Bengkak Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Mengindikasikan Beberapa Penyakit Ini

lengan kiri bengkak parah setelah sengatan lebah, yang meninggalkan sengatannya di kulit dengan racun. - swollen hand potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Pada saat bangun tidur, ada beberapa bagian tubuh yang mengalami pembengkakan, seperti wajah dan jari tangan. Ternyata, jari tangan bengkak pada pagi hari ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi.”

Pernahkah Anda mengalami jari tangan bengkak sesaat setelah Anda bangun tidur? Bila itu terjadi, maka Anda harus memerhatikannya. Jika jari tangan bengkak tanpa ditemani dengan gejala lainnya, itu bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi garam, faktor posisi tidur, dan lainnya. Namun, jika jari tangan bengkak yang Anda alami disertai dengan rasa nyeri pada umumnya disebabkan karena penyakit.

Penyebab jari tangan bengkak di pagi hari

Jari tangan yang bengkak disertai dengan rasa nyeri atau gejala lainnya harus Anda waspadai karena bisa menjadi indikasi adanya penyakit di dalam tubuh Anda.

  1. Arthritis

Penyebab jari tangan bengkak pada pagi hari yang pertama adalah adanya peradangan sendi atau arthritis. Peradangan sendi ini pun terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Osteoarthritis, yakni kondisi di mana jari tangan bengkak disertai dengan rasa nyeri dan kaku.
  • Rheumatoid arthritis (RA), yakni peradangan yang disebabkan karena penyakit autoimun sehingga menimbulkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak yang lebih lama.
  • Cervical spondylosis, yakni kondisi jari tangan bengkak yang disertai dengan permasalahan di area leher karena faktor usia.
  1. Masalah ginjal  

Penyebab jari tangan bengkak di pagi hari selanjutnya adalah adanya gangguan fungsi ginjal. Pada umumnya, ginjal akan berfungsi untuk membuang kelebihan cairan dan racun dari tubuh. Namun, ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka akan menimbulkan pembengkakan karena cairan menumpuk di salah satu bagian tubuh, seperti jari tangan menjadi bengkak.

  1. Skleroderma 

Scleroderma adalah penyakit autoimun yang menyerang jaringan ikat. Apabila penyakit ini muncul, maka gejala awal yang khas berupa jari tangan bengkak di pagi hari. Hal ini dikaitkan dengan otot yang tidak aktif pada saat Anda tidur. 

  1. Carpal tunnel syndrome

Jika Anda terlalu sering menggunakan pergelangam yangan saat melakukan aktivitas secara berulang, maka bisa menyebabkan penyakit carpal tunnel syndrome ini. 

Carpal tunnel syndrome sendiri merupakan penyakit yang meyerang saraf di daerah pergelangan tangan. 

Itulah beberapa indikasi penyakit yang bisa terjadi bila Anda mengalami jari tangan bengkak di pagi hari. Meskipun merupakan penyakit serius, Anda bisa meredakan rasa nyeri dan bengkak untuk beberapa saat.

Cara mengatasi jari tangan bengkak

Beberapa cara ini bisa meringankan rasa nyeri dan bengkak yang terjadi. Namun, hal ini hanya bersifat sementara karena Anda harus mendapatkan penanganan medis agar indikasi penyakit tersebut dapat diatasi secara tuntas.

  1. Melakukan gerakan pemanasan jari-jari

Jika jari tangan bengkak yang Anda alami disebabkan karena adanya ketegangan otot, maka Anda disarankan untuk melakukan pemanasan dengan cara menggerakkan jari setelah bangun tidur. 

Peregangan jari ini juga bisa menyembuhkan bengkak akibat sirkulasi darah yang buruk, dan juga retensi cairan. Dengan melakukan gerakan sederhana ini bisa melancarkan darah dan juga meredakan ketegangan otot di area tangan dan jari yang membengkak.

  1. Menggunakan belat

Bila bengkak yang terjadi dikarenakan terlalu banyak melakukan aktivitas, maka Anda bisa menggunakan belat pada saat tidur. Penggunaan belat ketika tidur ini akan membuat jari dan tangan Anda tidak mengalami banyak pergerakan selama tidur, sehingga pada saat bangun jari tangan bengkak bisa teratasi.

  1. Mengonsumsi obat antiinflamasi

Penggunaan obat antiinflamasi akan meredakan jari tangan bengkak pada pagi hari. Sebab, jika hal ini tidak segera Anda atasi, maka bisa menghambat pergerakan aktivitas sehari-hari Anda. Oleh karena itu, mengonsumsi antiinflamasi menjadi cara penangan saat jari tangan bengkak, tetapi setelah mendapatkan saran dari dokter.

Beberapa penanganan di atas hanya bersifat sementara, sehingga Anda tetap memerlukan konsultasi dengan dokter dan penanganan medis agar pembengkakan pada pagi hari bisa teratasi.

Dokter akan melakukan diagnosis dan menyarankan tindakan medis yang sesuai dengan penyebab masing-masing pembengkakan jari tangan tersebut.

Selain itu, hindari penyebab jari tangan bengkak yang lainnya agar sewaktu bangun tidur, Anda langsung dapat melakukan aktivitas tanpa ada hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *