Categories
Obat

Jaga Tubuh Tetap Prima dengan Penuhi Kebutuhan Vitamin B2

Banyak orang yang hafal betul dengan manfaat dan sumber makanan untuk vitamin A atau C. Tetapi, ketika mereka ditanya seputar jenis vitamin lain, seperti B2, rasanya tidak semua orang mengetahui betul jenis vitamin ini.

Memang vitamin B2 tidak sepopuler jenis vitamin lain, seperti vitamin A atau C. Namun, peran penting vitamin B2 untuk kesehatan tubuh tidak dapat dikesampingkan. Bagaimanapun, peran vitamin B2 tidak dapat digantikan oleh jenis vitamin lain, begitu juga sebaliknya. Seperti apa peran dan fungsi dari vitamin B2 bagi kesehatan tubuh serta makanan apa saja yang mengandung banyak vitamin jenis ini?

Seperti apa peran dan fungsi vitamin B2 bagi tubuh?

Salah satu peran penting dari vitamin B2 adalah membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Ia juga berfungsi untuk menyokong sel tubuh lain, sehingga tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari.

Ada pun fungsi lain dari vitamin B2 yaitu untuk membantu memecahkan lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Oleh sebab itu, ketika seseorang mengonsumsi vitamin B2 dalam jumlah yang seimbang, energi tubuh akan terus bertambah. Sementara itu, bagi ibu hamil, vitamin B2 dapat mendukung pertumbuhan janin, mengurangi risiko terjadinya hipertensi ketika mengandung atau preeklamsia.

Berapa banyak vitamin B2 yang diperlukan oleh tubuh?

Jumlah vitamin B2 yang direkomendasikan bagi laki-laki yang berusia lebih dari 19 tahun, yaitu sekitar 1,3 mg per hari. Sementara itu, bagi wanita dewasa, kebutuhan vitamin B2 yang diperlukan berkisar 1,1 mg per hari. Bagi ibu hamil, ia membutuhkan sekitar 1,4 mg per hari dan 1,6 mg per hari untuk ibu menyusui.

Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin B2, pastikan bahwa dosis yang Anda konsumsi sesuai dengan anjuran pada kemasan produk. Walaupun begitu, usahakan untuk mengonsumsi sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2, seperti dengan makan makanan bergizi dan sehat, seperti kacang-kacangan, susu, daging, telur, dan juga sayuran hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *