Categories
Obat

Intip Peringatan Penggunaan dan Efek Samping Atorvastatin

Atorvastatin merupakan obat golongan statin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Obat ini tergolong obat keras yang dapat menimbulkan efek samping sehingga perlu resep dokter untuk mendapatkannya. Atorvastatin tersedia dalam bentuk tablet. Obat ini perlu diminum dengan menelannya secara utuh. Jika dihancurkan atau dibelah terlebih dahulu saat mengonsumsi atorvastatin, maka efektivitas obat dapat menurun. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang peringatan penggunaan dan efek samping atorvastatin. 

Peringatan penggunaan atorvastatin

Sebelum mengonsumsi atorvastatin, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa peringatan obat seperti berikut ini. 

  1. Peringatan alergi 

Obat atorvastatin berisiko menimbulkan alergi berupa kesulitan bernapas, kesulitan menelan, pembengkakan (pada wajah, lidah, bibir, dan tenggorokan). Jika Anda mengalami alergi akibat atorvastatin maka segera hentikan mengonsumsi obat tersebut dan cari bantuan medis. Konsultasikan bahwa Anda mengalami reaksi alergi dengan dokter agar Anda mendapat resep obat lain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

  1. Peringatan untuk kondisi medis tertentu

Untuk beberapa kondisi medis tertentu perlu berhati-hati saat menggunakan atorvastatin. Beberapa kondisi medis yang perlu waspada terhadap atorvastatin yaitu orang dengan penyakit organ hati, penderita diabetes, dan orang yang mengalami masalah ginjal. 

  1. Peringatan lainnya 

Tidak hanya kondisi medis tertentu saja, beberapa kondisi lain juga perlu waspada saat menggunakan atorvastatin. Beberapa kondisi tersebut mencakup ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak, dan lansia. 

Efek samping atorvastatin

Beberapa efek samping atorvastatin yang umum terjadi yaitu: 

  • Kembung
  • Diare
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri punggung atau sendi
  • Penyakit asam lambung

Berbagai efek samping tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika telah lebih dari 3 minggu dan malah semakin parah maka segera minta bantuan medis. Selain itu, terdapat pula beberapa efek samping atorvastatin yang bersifat serius dan membutuhkan penanganan dokter segera. Beberapa efek samping atorvastatin yang berbahaya yaitu 

  • Demam dan jantung berdetak lebih cepat
  • Nyeri otot, kram otot, lemah otot, atau otot terasa lembut. 
  • Gangguan hati yang ditandai dengan sakit di bagian atas, kehilangan nafsu makan, urine berwarna gelap, lelah, mengalami penyakit kuning. 
  • Gangguan ginjal yang ditandai dengan pembengkakan di pergelangan kaki, napas pendek, serta buang air sedikit. 
  • Pusing, lelah, dan lemas yang tidak wajar.

Interaksi atorvastatin dengan obat lain

Saat menggunakan atorvastatin, sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi obat lain secara bersamaan. Penggunaan atorvastatin bisa menimbulkan interaksi jika digunakan bersama dengan obat lain. Berikut efek interaksi yang mungkin terjadi.

  • Meningkatkan kadar obat digoxin dan kontrasepsi oral seperti ethinyl estradiol dalam darah.
  • Meningkatkan risiko gangguan otto dan rhabdomyolysis jika digunakan bersama dengan obat itraconazole, ketoconazole, clarithromycin, ciclosporin, niacin, verapamil. Ritonavir, diltiazem, fenofibrate, asam fusidat, niacin, colchicine, ezetimibe, dan gemfibrozil. 
  • Menurunkan kadar atorvastatin dalam tubuh jika digunakan bersama dengan obat phenytoin, antasida, colestipol, rifampicin, dan efavirenz. 

Untuk menghindari risiko interaksi atorvastatin, maka sebaiknya Anda menyampaikan kondisi medis yang sedang dialami. Selain itu, Anda juga perlu menyampaikan kepada dokter apabila sedang mengonsumsi suplemen, vitamin, obat lain baik buatan pabrik maupun herbal. Penggunaan atorvastatin biasanya dilakukan seumur hidup guna mencegah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Apabila Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang efek samping atorvastatin, tanyakan secara langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh sekarang di App Store atau Google Play. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *