Categories
Kesehatan Mulut

Ingin Gigi Sehat? Pilihlah Sikat Gigi Yang Tepat!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki gigi sehat dan kuat. Jika gigi sehat, Anda ingin makan atau minum apa saja tidak akan menjadi masalah. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gigi sehat adalah pemilihan sikat gigi yang tepat. Hal ini terlihat sepele, nyatanya memakai sikat gigi yang tepat dapat berpengaruh pada kondisi gigi Anda.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sikat gigi. Mungkin hal ini terlihat tidak begitu penting, tapi nyatanya dengan memilih sikat gigi yang tepat dapat menghasilkan gigi sehat.

  1. Ukuran dan bentuk kepala sikat

Sikat gigi yang bagus adalah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan bentuk atau morfologi mulut Anda. Jika Anda memiliki rahang dan gigi yang besar-besar, bentuk kepala sikat kotak dengan bulu sikat yang lebih banyak  akan lebih sesuai untuk membersihkan seluruh permukaan gigi Anda. Sebaliknya, jika rahang Anda kecil, bentuk kepala sikat oval dengan ujung yang mengecil akan bisa menjangkau seluruh permukaan gigi sampai ke bagian gigi paling belakang. Pilihlah sikat dengan bentuk dan ukuran yang paling nyaman untuk gigi dan mulut Anda.

  1. Jenis bulu sikat

Bulu sikat gigi biasanya dibagi berdasarkan tingkat kekerasannya. Jika Anda memiliki gusi normal yang sehat dan tidak mudah berdarah, maka Anda bisa memilih tingkat kekerasan bulu sikat yang mana saja. Namun patut Anda ingat bahwa menggosok gigi terlalu keras dapat melukai gusi Anda. Jika Anda memiliki gigi sensitif atau gusi yang mudah berdarah, pilihlah bulu sikat gigi lembut atau soft. Permukaan bulu sikat yang datar dirancang untuk membersihkan permukaan gigi secara menyeluruh, dan permukaan yang bergelombang dirancang untuk menjangkau permukaan gigi di sebelahnya.

  1. Gagang sikat gigi

Bentuk dan bahan sikat gigi juga bermacam-macam. Gagang sikat yang lurus memudahkan Anda mengontrol pergerakan sikat gigi, sedangkan gagang bengkok memudahkan Anda menggenggamnya dan membantu kepala sikat menjangkau sudut-sudut mulut. Gagang sikat gigi konvensional biasanya terbuat dari bahan plastik, namun sikat gigi bambu mulai menjadi pilihan yang populer belakangan ini. Kelebihan sikat gigi bambu terletak pada bahannya yang natural sehingga ramah lingkungan.

  1. Sikat gigi elektrik atau manual

Jika Anda tidak memiliki keterbatasan gerak misalnya mengidap artritis atau radang pada sendi pergerakan, sikat gigi manual sudah cukup baik untuk Anda. Kelebihan sikat gigi elektrik biasanya terletak pada fitur-fitur seperti fitur getaran untuk menandakan waktunya berpindah menyikat bagian gigi yang lain, atau fitur sensor tekanan.

Setelah sudah mengetahui sikat gigi seperti apa yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Selanjutnya Anda juga harus memerhatikan bagaimana merawat sikat gigi agar tetap awet dan berfungsi sesuai kebutuhannya, Anda harus perhatikan beberapa hal ini agar tetap mendapatkan gigi sehat

  1. Ganti Setiap 3 Bulan Sekali

Ganti sikat gigi Anda sekiranya tiap 3 bulan sekali. Anda bisa menggantinya kurang dari waktu tersebut, khususnya jika bulu sikat sudah terlihat sedikit megar atau Anda baru saja sembuh dari penyakit infeksi.

  1. Jangan Bergantian dengan Orang Lain

Jangan saling bertukar atau bergantian dalam menggunakan sikat gigi dengan orang lain. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko infeksi, yang dapat menyebar melalui sikat gigi yang terkontaminasi. Anjuran ini harus betul-betul diperhatikan, sebab penyakit berbahaya seperti hepatitis C berpotensi untuk ditularkan melalui sikat gigi.

  1. Cuci Bersih Setelah Dipakai

Cuci bersih sikat gigi setelah digunakan dengan air mengalir. Simpan dengan posisi tegak, kepala sikat di atas dan diangin-anginkan. Bila menggunakan sikat gigi dengan penutup, pastikan terdapat lubang-lubang kecil pada penutup tersebut agar sikat gigi tidak lembap dan memancing kuman untuk berkembang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih sikat gigi. Jika ingin gigi sehat, Anda juga harus memerhatikan alat untuk menjaga kebersihan giginya. Jadi, sekarang jangan sampai salah pilih lagi, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *