Categories
Obat

Hindari Makanan Ini dan Konsumsi Obat Tensi Tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu tanda awal penyakit jantung. Jika tidak diobati dengan obat tensi tinggi, hipertensi dapat merusak arteri dan menyebabkan komplikasi serius seperti serangan jantung. Jika tekanan darah tetap tinggi selama periode waktu yang berkelanjutan, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menurunkannya. Namun, setelah minum obat tensi tinggi tidak kunjung turun, cobalah untuk menghindari beberapa asupan makan berikut ini. 

1. Garam

Garam adalah makanan yang wajib Anda hindari. Sodium mampu meningkatkan jumlah cairan dalam darah, yang dapat meningkatkan tekanan darah. Anda tidak boleh menambahkan jenis garam apa pun ke makanan jika Anda memiliki tekanan darah tinggi. 

Sebagai gantinya, cobalah membumbui makanan dengan bumbu dan rempah-rempah yang beraroma dan bebas garam. Makanan mungkin terasa hambar saat pertama kali Anda meletakkan pengocok garam, tetapi langit-langit mulut Anda akan beradaptasi dengan cepat.

2. Pizza

Jumlah garam dalam pizza sangat mencengangkan. Satu pizza pepperoni berukuran sedang mungkin mengandung hampir 3.500 miligram sodium — lebih dari dua kali lipat tunjangan yang direkomendasikan American Heart Association sebesar 1.500 milligram per hari. Sebagai gantinya, buatlah pizza yang sehat terhadap jantung. Gunakan roti pipih dan satu porsi masing-masing saus pizza kalengan, mozzarella bagian-skim, dan pepperoni kalkun. Pizza buatan sendiri tidak hanya akan mengandung kira-kira setengah natrium dari pizza yang disiapkan secara komersial, tetapi Anda dapat memakan semuanya tanpa rasa bersalah.

3. Keripik Kentang, Pretzel, dan Camilan Asin Lainnya

Daftar makanan tekanan darah tinggi yang harus dihindari terletak pada kelompok makanan ringan asin. Tidak hanya tingkat natrium yang tinggi dari makanan ringan ini meningkatkan hipertensi, tetapi kegemukan mereka berkontribusi pada penambahan berat badan dan kesehatan jantung yang buruk. 

Ketika Anda harus meredakan keinginan untuk camilan yang renyah dan asin, cobalah makan porsi kecil dari varietas rendah sodium sebagai gantinya. Anda juga bisa mengganti porsi kecil kacang tawar atau sedikit asin, yang memberikan lebih banyak nutrisi daripada keripik. Untuk kesehatan jantung terbaik, timbang atau ukur porsi Anda untuk menghindari makan terlalu banyak makanan ini.

4. Bologna, Salami, dan Daging 

Daging olahan tidak hanya mengandung natrium dalam jumlah berlebihan, tetapi biasanya sangat berlemak dan berkontribusi pada kesehatan yang buruk secara keseluruhan. Sebelum Anda membeli segala jenis daging olahan—baik yang sudah dikemas atau dari deli lokal Anda—lakukan sedikit riset. Baca label pada daging makan siang kemasan untuk melihat informasi natrium. 

Cari informasi nutrisi untuk merek daging deli irisan counter lokal Anda sehingga Anda dapat membuat pilihan yang tepat sebelum Anda membuat sandwich pastrami berikutnya. Beberapa merek menjual varietas rendah sodium.

5. Sayuran Kaleng, termasuk Kacang

Diet jantung sehat harus mencakup banyak sayuran segar dan serat — seperti jenis yang ditemukan dalam kacang-kacangan. Perhatikan garam dan mentega tambahan dan pilih paket sayuran polos. Jika Anda tidak memiliki sayuran segar (atau Anda tidak punya waktu untuk menyiapkannya), Anda dapat memilih versi kalengan. 

Sayuran kaleng dan kacang-kacangan bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi jika Anda memilih varietas rendah sodium atau tanpa garam. Sebagai alternatif, cobalah untuk mengeringkan sayuran kaleng dan membilas untuk menghilangkan natrium tambahan. Kemudian bumbui dengan bumbu dan nikmatilah!

6. Gula

Studi orang dengan diabetes menunjukkan beberapa korelasi antara konsumsi gula yang berlebihan dan peningkatan tekanan darah. Bahkan jika Anda tidak menderita diabetes, menghindari tambahan gula dalam diet Anda adalah keputusan yang cerdas. Untuk memulai, hindari minuman ringan dan buah kalengan dalam sirup. Biasakan untuk membaca label untuk mengetahui total kandungan gula dalam kemasan. Usahakan untuk menjaga konsumsi gula Anda seminimal mungkin, dan Anda mungkin melihat angka tekanan darah Anda turun.

7. Alkohol

Apakah konsumsi alkohol buruk bagi kesehatan Anda? Tim peneliti masih menyelesaikan pertanyaan ini. Saat ini, American Heart Association merekomendasikan orang dengan hipertensi untuk menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan—termasuk anggur merah. Jika Anda minum alkohol, batasi diri Anda untuk dua minuman per hari atau kurang. Ingatlah bahwa alkohol dalam bentuk apapun juga dapat berinteraksi dengan obat tensi tinggi yang Anda minum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *