Categories
Uncategorized

Hindari Hal Ini Saat Mengikuti Jadwal Minum Air Putih

Pernahkah Anda membuat jadwal minum air putih? Jika iya, hal ini tentu sangat bagus. Namun, terkadang banyak kesalahan yang kerap dilakukan ketika seseorang mulai mengonsumsi air putih. Minum air putih sangat bagus untuk kesehatan. Namun, apabila menjadwalkannya secara berlebih justru bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Mengapa penting untuk minum cukup air?

Air putih memiliki fungsi bagi setiap bagian tubuh untuk dapat bekerja dengan baik. Hak ini dapat membantu tubuh membuang limbah dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Air putih dapat membantu mencegah batu ginjal dan sembelit.

Air di dalam tubuh dapat hilang sepanjang hari melalui napas, keringat, urin, dan buang air besar. Jika Anda tinggal di iklim panas, Anda akan kehilangan lebih banyak cairan daripada mereka yang tinggal di iklim dingin.

Apabila Anda tidak mendapatkan cukup air, tubuh bisa mengalami dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi parah, tubuh Anda tidak lagi memiliki cukup cairan untuk mengalirkan darah ke organ tubuh Anda dan ini sangat berbahaya.

Apakah saya hanya boleh minum air putih untuk tetap terhidrasi?

Semua cairan membantu Anda tetap terhidrasi. Akan tetapi, air putih biasanya merupakan pilihan terbaik dan tidak mengandung gula atau kalori. Namun Anda juga sebenarnya bisa mendapatkan cukup cairan melalui minuman yang mereka konsumsi setiap hari.

Para ahli mengatakan bahwa tidak benar bahwa minuman yang mengandung kafein—seperti kopi dan teh—selalu membuat Anda dehidrasi. Orang yang mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang tidak kehilangan lebih banyak cairan daripada orang yang tidak mengonsumsi kafein. Cobalah untuk membatasi jumlah kafein yang Anda miliki hingga 400 miligram per hari, sekitar tiga (250 mL) cangkir kopi hitam atau empat (250mL) cangkir teh hitam. Anda juga mendapatkan air melalui makanan. 

Berapa banyak air minum setiap hari?

Rekomendasi umum adalah minum enam atau delapan gelas 250 mL (8 fl oz) air atau cairan lain setiap hari. Tetapi beberapa orang dewasa mungkin membutuhkan lebih atau kurang, tergantung pada seberapa sehat mereka, seberapa banyak mereka berolahraga, dan seberapa panas dan kering iklimnya.

Hindari kesalahan saat membuat jadwal minum air putih

1. Minum banyak sebelum makan 

Kesalahan umum yang dilakukan orang adalah minum air selama dan segera setelah makan. Tubuh menyerap air paling baik ketika perut kita tidak penuh dengan makanan, sehingga minum air dalam jumlah banyak selama atau langsung setelah makan dapat mencairkan proses alami yang membantu pencernaan. 

Disarankan untuk minum satu gelas air 30 menit sebelum, selama, dan setelah makan—tetapi tidak lebih. Ini akan memungkinkan sistem pencernaan Anda melakukan tugasnya tanpa gangguan dan akan membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dengan lebih efisien.

Ali Miller, RD, ahli diet integratif CDE, dan pemilik Naturally Nourished mengatakan, cairan yang berlebihan saat makan dapat menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan bahkan malabsorpsi nutrisi.

2. Minum terlalu banyak saat berolahraga

Jaga agar diri Anda tetap terhidrasi saat berolahraga, tetapi hindari minum terlalu banyak. Konsumsi air yang berlebihan selama latihan Anda akan mengurangi konsentrasi natrium dalam tubuh Anda dan menguras elektrolit alami Anda, yang mengakibatkan kelelahan atau lebih buruk.

Hanya beberapa teguk kecil (cukup untuk melapisi mulut dan tenggorokan Anda) selama waktu istirahat latihan akan membuat Anda tetap terhidrasi dan menjaga tingkat energi Anda stabil. Anda juga sebaiknya tidak banyak minum air putih saat ingin tidur untuk mencegah buang air kecil yang terlalu sering.Buatlah jadwal minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *