Categories
Kulit & Kecantikan

Manfaat Happy Kemiriku untuk Masalah Kulit

Selama ini produk minyak kemiri seperti Happy Kemiriku memang sangat populer sebagai salah satu rangkain perawatan rambut.

Namun tahukah kamu, kalau minyak kemiri juga punya banyak manfaat untuk kesehatan dan mampu mengatasi berbagai masalah kulit lho!

Mulai dari kulit kering, eksim, bahkan sampai masalah penuaan seperti keriput. Simak ulasan terkait manfaat minyak kemiri untuk kulit berikut ini.

Kandungan nutrisi minyak kemiri

Minyak kemiri mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari kesehatan rambut, kulit, hingga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mulai dari vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan asam lemak sehat. Kemiri merupakan salah satu jenis kacang-kacangan dengan rasio Essential Fatty Acids (EFA) atau asam lemak sehat terbaik.

Asam lemak yang ada di kemiri mulai dari asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, dan asam stearat, yang dianggap sebagai rasio ideal asam lemak Omega 6 dan Omega 3. 

Minyak kemiri juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti saponin, flavonoid, dan polifenol. Yang semuanya memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri, dan mampu perkuat sistem imun.

Manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan pada kulit apabila rutin menggunakan minyak kemiri:

1. Bantu proses penyembuhan luka

Saat kamu mengalami luka lecet, memar, atau tergores, kamu bisa mengoleskan minyak kemiri ke area yang terluka.

Minyak kemiri bisa bantu mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi memar atau bengkak yang terjadi, hingga menyamarkan bekas lukanya.

Selain itu, ia juga akan membantu meredakan rasa sakitnya dan melindungi luka dari risiko infeksi. Ini berkat sifat anti bakteri yang ada pada minyak kemiri.

2. Bantu atasi keriput

Keriput atau kerutan memang bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Nah dengan minyak kemiri yang kaya antioksidan, kamu bisa mencegah masalah penuaan ini terjadi.

Kandungan antioksidannya bisa memicu produksi kolagen pada kulit dan menstimulasi regenerasi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Selain keriput di wajah, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk bantu atasi stretch mark pada ibu hamil. Oleskan ke area stretch mark secara rutin sambil dipijat dengan lembut.

3. Mengatasi jerawat

Asam lemak sehat juga memiliki manfaat untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat. Asam lemak sehat ini mampu meredakan inflamasi dan memperkuat skin barrier.

Sementara kandungan Omega 6 bisa bantu membersihkan pori-pori yang tersumbat pada pemilik jenis kulit acne prone.

4. Perkuat skin barrier

Vitamin dan lemak sehat yang terkandung dalam minyak kemiri mampu menembus kulit, menciptakan penghalang sehat yang melindunginya dari sinar matahari dan kerusakan lingkungan.

Selain bagus untuk pemilik jenis kulit acne prone, minyak kemiri juga tergolong aman bagi pemilik jenis kulit lain. Baik yang kering, sensitif, berminyak, maupun kombinasi.

5. Bantu atasi eksim

Minyak Happy Kemiriku juga bisa bantu kamu yang memiliki masalah kulit seperti eksim, gejala psoriasis, hingga rosacea.

Kandungan minyak kemiri mampu memberikan kelembapan secara maksimal pada kulit dan meredakan berbagai gejala yang menyertai seperti radang dan gatal.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan minyak kemiri untuk atasi eksim, gejala psoriasis, hingga rosacea, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter ya. Ini dilakukan untuk menghindari efek negatif yang tidak diinginkan.

Nah itu dia beberapa manfaat minyak kemiri untuk kesehatan kulit. Selain ekstrak kemiri, minyak Happy Kemiriku juga dilengkapi kandungan lain seperti aloe vera yang tak kalah bagus untuk kulit. Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *