Categories
Obat

Calcusoluntuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Calcusol tidak hanya mampu untuk membantu mengatasi batu ginjal saja tetapi juga bisa untuk memperbaiki fungsi saluran kemih yang bermasalah. Gangguan pada fungsi saluran kemih ini bisa disebabkan karena adanya infeksi. Infeksi saluran kemih (ISK) bisa terjadi, salah satunya dikarenakan infeksi bakteri E. Coli. 

Infeksi saluran kemih ini bisa ditangani dengan menggunakan antibiotik untuk membasmi bakterinya. Namun, antibiotik bukan satu – satunya cara untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Calcusol adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Hal ini karena dengan Anda mengonsumsi obat herbal ini bisa membantu untuk memperbaiki fungsi saluran kemih dan juga meredakan anyang – anyangan atau rasa nyeri saat ingin buang air kecil. Calcusol dibuat dari bahan alami yaitu ekstrak daun tempuyung yang sangat dipercaya untuk melancarkan buang air kecil dan mengeluarkan batu ginjal.

Berikut ini beberapa jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi infeksi saluran kemih selain mengonsumsi obat herbal seperti Calcusol.

  1. Antibiotik

Infeksi saluran kemih umumnya terjadinya karena adanya bakteri yang menyerang. Maka dari itu pengobatan yang menjadi pilihan utama adalah dengan mengonsumsi antibiotik. Umumnya, antibiotik akan diberikan oleh dokter untuk pengobatan sekitar 3 sampai dengan 7 hari, tetapi hal ini pun disesuaikan dengan tingkat keparahan dari infeksi yang dialami. 

  1. Obat anti nyeri

Selain mempersulit saat ingin buang air kecil, infeksi saluran kemih juga bisa mengakibatkan nyeri saat sedang buang air kecil. Nah, rasa nyeri ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen. Kedua jenis obat ini dijual secara bebas di pasaran sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Salah satu obat nyeri yang bisa Anda konsumsi adalah Phenazopyridine yang mampu untuk mengurangi intensitas nyeri di sekitar kandung kemih, iritasi, mengurangi rasa ingin buang air kecil yang terus dialami sampai mengatasi sensasi panas yang dirasakan. Hanya saja obat ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Terapi hormon

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat, Anda bisa melakukan terapi hormon sebagai usaha untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Akan tetapi pengobatan terapi hormon ini dilakukan kepada perempuan yang sudah menopause. Perempuan yang sudah menopause memiliki pH vagina menjadi lebih bersifat basa sehingga dapat meningkatkan bakteri jahat. Terapi hormon dilakukan untuk menyeimbangkan kembali pH vagina  dengan menggunakan terapi hormon estrogen sintetik. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih. Berikut langkah atau cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Minum air yang banyak

Mengonsumsi banyak air putih merupakan salah satu cara mengatasi saluran infeksi kemih yang paling efektif. Air yang Anda konsumsi dapat membantu untuk melarutkan urine dan membersihkan bakteri yang menempel.

  1. Hindari minuman yang mengiritasi kandung kemih

Alkohol, kopi dan minuman yang mengandung kafein harus Anda hindari. Ketiga minuman ini dapat memperburuk kondisi saat ingin buang air kecil dan memperparah iritasi kandung kemih.

  1. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C memang baik untuk kesehatan, termasuk dalam melindungi diri Anda dari infeksi saluran kemih. Keasaman urine akan meningkat dengan mengonsumsi vitamin C sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab dari infeksi. 

  1. Minum jus cranberry tanpa pemanis

Manfaat dari jus cranberry tanpa pemanis ini sangat baik untuk mempersingkat masa infeksi saluran kemih. Tidak hanya itu, minuman ini pun dapat mencegah terulangnya kembali infeksi saluran kemih yang diderita.

  1. Menggunakan heating pad

Meletakkan heating pad di perut Anda dapat meringankan nyeri dan rasa tidak nyaman yang dirasakan di sekitar kandung kemih. Anda bisa membeli heating pad ini di apotek terdekat.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi infeksi saluran kemih selain mengonsumsi Calcusol. Anda bisa juga berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *