Categories
Hidup Sehat

Apa Saja Manfaat Guar Gum?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan manusia untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengkonsumsi makanan yang sehat. Ada berbagai makanan sehat yang dapat dikonsumsi, salah satunya termasuk guar gum. Manfaat guar gum beragam.

Pemahaman Tentang Guar Gum

Guar gum merupakan makanan yang terbuat dari biji kacang guar dan mengandung zat aditif. Guar gum mengandung dua gula, antara lain manosa dan galaktosa. Bahan tersebut sering digunakan sebagai bahan olahan.

Guar gum merupakan bahan yang ideal dalam proses pembuatan makanan karena mampu menyerap air dan membentuk gel sehingga dapat menjaga kekentalan makanan.

Selain dapat menjaga kualitas makanan, guar gum mengandung kalori yang sangat rendah, yakni 5 kalori (dalam setengah sendok teh). Guar gum juga mengandung protein sebanyak 5 hingga 6 persen.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), guar gum merupakan salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi. Meskipun demikian, makanan tersebut perlu dikonsumsi secara terbatas.

Manfaat Guar Gum

Manfaat guar gum adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kondisi pencernaan

Salah satu manfaat guar gum adalah menjaga kondisi pencernaan. Guar gum mengandung serat yang tinggi sehingga dapat meredakan sembelit dan melancarkan buang air besar (BAB).

Guar gum juga memiliki peran sebagai prebiotik dan mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik untuk mencegah bakteri jahat di dalam pencernaan.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa guar gum merupakan salah satu cara yang dapat mengatasi irritable bowel syndrome (IBS). Beberapa partisipan juga menyatakan bahwa guar gum dapat mencegah kembung.

  • Menjaga kolesterol

Manfaat lain guar gum adalah menjaga kolesterol. Serat yang ada pada guar gum mampu mengurangi jumlah asam empedu yang tersebar di aliran darah. Hal tersebut dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sebuah studi melibatkan 19 pasien penderita diabetes dan obesitas. Mereka mengkonsumsi suplemen guar gum (15 gram). Hasilnya, mereka mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL). Bahan tersebut lebih efektif dibandingkan dengan obat plasebo.

  • Menjaga berat badan

Guar gum dapat menurunkan nafsu makan. Selain itu, beberapa studi menyatakan bahwa guar gum dapat meningkatkan rasa kenyang dan membatasi jumlah kalori selama satu hari.

Studi lain menyatakan bahwa seseorang yang mengkonsumsi guar gum sebanyak 15 gram per hari, dapat menurunkan lebih banyak berat badan (2,5 kg) dibandingkan dengan mengkonsumsi plasebo.

  • Mencegah diabetes

Sebuah studi menyatakan bahwa guar gum merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi manusia untuk mencegah diabetes. Studi tersebut menunjukkan efektivitas guar gum dengan melibatkan tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa guar gum efektif dengan menurunkan kolesterol dan gula darah. Meskipun demikian, studi tersebut perlu diteliti lebih lanjut, namun dengan manusia.

Contoh Makanan Yang Mengandung Guar Gum

Contoh makanan yang menggunakan guar gum adalah:

  • Es krim.
  • Yogurt.
  • Keju.
  • Puding.
  • Salad.

Efek Samping Guar Gum

Jika Anda ingin menggunakan guar gum, Anda juga perlu pahami bahwa guar gum dapat menimbulkan efek samping pada tubuh. Jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, maka dapat menimbulkan penyumbatan pada kerongkongan dan usus halus. Pada kasus yang lebih serius, guar gum juga dapat menimbulkan kematian.

Oleh karena itu, dosis bahan guar gum dibatasi. Contoh guar gum yang dapat Anda temukan adalah produk santan yang mengandung bahan tersebut sebanyak 2,4 gram.

Kesimpulan

Manfaat guar gum beragam dan berguna untuk mendukung kebutuhan manusia sehari-hari. Meskipun demikian, guar gum sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan karena efek samping yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut tentang guar gum, Anda bisa tanyakan persoalan tersebut ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *