Categories
Obat

Apa Itu Isosorbide Dinitrate? Ini Penjelasannya

Merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan meredakan angina atau bisa disebut dengan nyeri dada yang diakibatkan penyakit jantung koroner dikenal dengan nama isosorbide dinitrate (ISDN). Obat ini termasuk dalam golongan obat nitrat, bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah agar aliran darah bisa mengalir lancar ke otot jantung.

Otot tersebut juga bisa digunakan untuk menjadi otot tambahan bagi pasien gagal jantung, namun obat ini juga memiliki efek samping. Terutama pada setiap pemakaian, efek samping yang sering muncul biasanya sakit kepala dan pusing. Selain itu, efek samping yang jarang muncul tetapi ada seperti pingsan dan detak jantung yang berubah menjadi cepat.

Cara Penggunaan Isosorbide Dinitrate

Obat ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan, namun selalu pastikan pemakaian harus mengikuti aturan minum obat yang diberikan oleh dokter. Konsumsi obat dalam bentuk tablet ini tidak boleh digerus atau menghancurkannya, hal ini disebabkan karena menggerus obat tanpa instruksi dokter bisa mempengaruhi kinerja obat tersebut.

Apabila pasien memang kesulitan dalam menelan obat ini tanpa menghancurkan atau menggerusnya terlebih dahulu, konsultasikan hal ini dengan dokter. Kemungkinan dokter akan memberi resep obat lain, seperti obat cair atau tablet yang bisa dilarutkan dalam air. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter, terutama pada obat jenis injeksi.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, jangan pernah gunakan obat ini melebihi dosis yang disarankan oleh dokter. Apabila kondisi penderita semakin buruk, atau tidak ada perubahan yang muncul setelah konsumsi obat, maka segera periksakan kondisi tersebut kepada dokter.

Cara Menyimpan Obat

Simpan obat ini pada suhu ruangan, sekitar 25 sampai 30 derajat dan jauhkan dari cahaya langsung serta tempat yang lembap. Sangat tidak disarankan untuk menempatkan obat ini di kamar mandi dan jangan sekali-kali dibekukan. Namun, merek lain dari obat ini kemungkinan memiliki aturan penyimpanan tersendiri  atau berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan kepada dokter dan apoteker untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak dan hewan peliharaan, jangan menyiram obat ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali memang diinstrusikan oleh dokter untuk membuangnya ke saluran tersebut.

Dosis dan Cara Penggunaan

Perlu diketahui jika obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus dengan resep atau anjuran dari dokter. Bukan tanpa alasan penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter mengingat fungsi obat ini digunakan untuk mengatasi permasalahan dan gangguan jantung, berikut beberapa dosis penggunaan.

  • Obat tablet yang digunakan untuk mengatasi angina atau nyeri dada diberikan dosis sebanyak 20 hingga 120 mg per hari dalam dosis terbagi. Maksimal 240 mg per hari, sementara untuk gagal jantung dosis yang diberikan 30 sampai 160 mg per hari dalam dosis terbagi, maksimal sebanyak 240 mg per hari.
  • Obat jenis sublingual untuk mengatasi gagal jantung dosis yang diberikan 5-10 mg setiap hari selama dua jam sekali dan ditempelkan di bawah lidah. Sementara untuk mengatasi angina akut dosis yang diberikan mulai dari 2,5 hingga 10 mg dengan cara yang sama yakni ditempelkan di bawah lidah ketika mengonsumsinya.
  • Isosorbide dinitrate injeksi intravena untuk gagal jantung atau angina tidak stabil diberikan sebanyak dua hingga 12 mg setiap satu jam sekali. Hingga 20 mg per jam jika diperlukan, bisa diberikan dengan cara disuntikkan melalui pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *