Categories
Uncategorized

8 Bagian Tubuh yang Menunjukkan Gejala Behcet’s Syndrome

Behcet’s syndrome adalah gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini termasuk langka, penyakit Behcet menyebabkan peradangan di berbagai bagian tubuh.

Penyakit Behcet atau sindrom Behcet dianggap sebagai salah satu jenis vaskulitis. Artinya, terjadi peradangan di hampir setiap jenis dan ukuran pembuluh darah, termasuk arteri dan vena.

Orang dengan Behcet’s syndrome kemungkinan mengalami luka di area tertentu yang mudah kambuh. Luka bisa muncul di mulut sebagai seriawan, bisa juga di bagian tubuh lain seperti kulit, alat kelamin, dan mata.

Penyakit mata akibat Behcet dapat menyebabkan kebutaan jika tidak ditangani dengan tepat. Sebab itu, perlu dilakukan diagnosis sejak dini untuk penyakit Behcet.

Perawatan untuk Behcet’s syndrome meliputi obat-obatan untuk mengurangi gejala dan untuk mencegah komplikasi serius.

Gejala Behcet’s syndrome dalam 8 bagian tubuh

Gejala penyakit Behcet berbeda-beda untuk setiap orang dan sangat bervariasi. Gejala bisa muncul dan hilang dari waktu ke waktu.

Tanda dan gejala Behcet’s syndrome tergantung pada bagian tubuh yang terpengaruh. Secara umum, ada 8 bagian tubuh manusia yang yang mungkin menunjukkan gejala, yaitu:

  1. Mulut. Muncul luka di mulut yang mirip dengan seriawan, ini adalah pertanda paling umum dari penyakit Behcet. Biasanya kondisi dimulai dari luka kecil berbentuk bulat yang bisa dengan cepat berubah menjadi borok.
  2. Kulit. Sebagian orang mengalami luka seperti jerawat di bagian tubuh mereka. Sebagian lain mengalami benjolan merah yang lunak, terutama di kaki bagian bawah.
  3. Alat kelamin. Luka merah dan terbuka dapat terjadi di area skrotum atau vulva. Biasanya luka terasa sakit dan membekas.
  4. Mata. Peradangan pada mata menyebabkan kemerahan, nyeri, dan penglihatan kabur. Biasa terjadi di kedua mata dan kondisi bisa datang dan pergi dalam orang dengan penyakit Behcet.
  5. Sendi. Pembengkakan dan nyeri sendi sering memengaruhi orang dengan penyakit Behcet. Biasanya terjadi pada pergelangan kaki, pergelangan tangan, atau siku.
  6. Pembuluh darah. Peradangan dapat terjadi pada vena dan arteri. Kondisi ini menyebabkan kemerahan, nyeri, dan pembengkakan pada lengan atau kaki.
  7. Sistem pencernaan. Berbagai gejala dapat memengaruhi sistem pencernaan, seperti sakit perut, diare, dan pendarahan.
  8. Otak. Peradangan di otak dan sistem saraf dapat menyebabkan sakit kepala, demam, disorientasi, atau stroke.

Diagnosis Behcet’s syndrome

Sulit mendiagnosis Behcet’s syndrome karena gejala yang muncul termasuk umum dan biasa terjadi pada penyakit-penyakit lainnya. Anda mungkin perlu melewati serangkaian tes.

Pada umumnya dokter akan mencoret satu per satu penyakit dengan gejala yang sama hingga sampai pada kesimpulan penyakit Behcet.

Berikut beberapa tes yang mungkin Anda tempuh untuk membantu mendiagnosis penyakit Behcet:

  • Tes darah
  • Tes urine
  • Biopsi kulit
  • Tes Pathergy
  • Scan (rontgen, CT Scan, atau MRI)

Selain itu, ada beberapa pedoman yang bisa digunakan untuk membantu mendiagnosis penyakit Behcet. Gejala pertama yang diperhatikan adalah mengalami seriawan dalam 3 periode selama 12 bulan disertai dengan dua dari gejala-gejala berikut:

  • Luka genital
  • Lesi kulit
  • Radang mata
  • Pathergy (kulit hipersensitif)

Penyebab penyakit

Penyakit Behcet adalah gangguan autoimun, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh keliru menyerang beberapa sel sehat dalam tubuh sendiri. Ada kemungkinan faktor genetik yang memengaruhi.

Tanda dan gejala penyakit Behcet diyakini muncul akibat peradangan pembuluh darah (vaskulitis). Kondisi ini dapat menyerang setiap jenis dan ukuran pembuluh darah, termasuk arteri dan vena.

Penelitian teranyar meyakini bahwa ada faktor gen yang terkait dengan penyakit ini. Peneliti meyakini bahwa virus dan bakteri dapat memicu penyakit Behcet pada orang dengan gen tertentu.

Faktor risiko

Ada beberapa faktor yang mungkin meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit Behcet, yaitu:

  • Usia. Penyakit Behcet biasanya memengaruhi pria dan wanita usia 20-30 tahunan, tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak dan lansia.
  • Tempat tinggal. Orang-orang yang tinggal di Timur Tengah dan Asia Timur, termasuk Turki, Iran, Jepang, dan Cina lebih mudah mengalami penyakit ini.
  • Jenis kelamin. Penyakit ini dapat terjadi pada kedua jenis kelamin, tapi pada umumnya lebih buruk bagi pria.
  • Gen. Memiliki gen tertentu diyakini dapat meningkatkan risiko penyakit Behcet.

Komplikasi

Komplikasi Behcet’s syndrome tergantung pada gejala dan tanda-tanda yang muncul pada Anda. Sebagai contoh, peradangan di daerah mata dapat menyebabkan kebutaan jika tidak dirawat dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *