Categories
Uncategorized

7 Tips Menarik Mengajarkan Mengonsumsi Sayur Untuk Anak

keluarga etnis asia yang bahagia di meja - kids eating vegetables potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Menghidangkan sayur untuk anak dianjurkan karena kandungan baik yang ada di dalamnya. Namun, sebagian anak tidak menyukai sayur. Oleh karena itu, Anda harus melakukan beberapa tips agar anak ingin mengonsumsi sayur.”

Dibandingkan dengan jenis makanan lain, sayur menjadi jenis makanan yang sering kali ditolak oleh anak-anak. Padahal, sayur mengandung banyak nutrisi, vitamin, serat, mineral, fungsi antioksidan, dan lainnya. Kandungan-kandungan baik tersebut akan melindungi anak dari penyakit kronis, tidak hanya saat ini, tetapi juga di kemudia hari, seperti penyakit jantung, stroke, dan juga beberapa jenis kanker.

Tak jarang pula, sebagian orang tua mengalami stres karena anak tidak ingin mengonsumsi sayur apapun. Simak beberapa tips di bawah ini, tetapi ketahui terlebih dahulu berapa kebutuhan sayur untuk anak setaip harinya.

Berapa kebutuhan sayur untuk anak?

Kebutuhan sayur untuk anak berbeda setiap harinya, tergantung jenis kelamin dan usia. Pedoman Diet Australia merekomendasikan kebutuhan sayur untuk anak sebagai berikut:

  • 1 sampai 2 tahun: 2 – 3 porsi
  • 2 sampai 3 tahun: 2,5 porsi 
  • 4 sampai 8 tahun: 4 porsi

Jika anak Anda sulit untuk memenuhi angka tersebut, maka Anda harus terus membantunya hingga terpenuhi. Mengajari pola makan sehat sejak kecil akan menumbuhkan kebiasaan tersebut hingga dewasa nanti.

Tips menyajikan sayur untuk anak

Melansir dari laman raisingchildren, beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda untuk memasukkan lebih banyak sayur ke dalam hidangan keluarga, khususnya anak-anak.

  1. Memberikan contoh di depan anak

Seperti yang Anda tahu bahwa anak merupakan peniru ulung apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Begitu pula dengan mengajari anak untuk mengonsumsi sayur.

Makan bersama keluarga merupakan waktu yang tepat untuk mengajari anak Anda untuk menerapkan makan sehat, termasuk mengonsumsi sayur. Ketika anak Anda melihat Anda dan anggota keluarga lainnya mengisi piring dengan sayuran untuk dinikmati, maka anak Anda akan meniru hal tersebut dan menikmatinya bersama-sama.

  1. Terus mencoba beragam jenis sayur

Ketika memberikan sayur untuk anak, hal yang wajar jika anak-anak mengatakan bahwa ia tidak menyukai sayur pada saat pertama kali mencobanya. Namun, Anda tidak boleh berhenti dan terus memberikan jenis sayur yang berbeda, hingga mereka menemukan jenis sayur yang mereka sukai. Dengan begitu, anak-anak mungkin akan berubah pikiran tentang sayur. 

Beberapa anak memang perlu mencoba makanan baru hingga 10 kali sebelum mereka menerimanya. Lalu, 10 kali lagi sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk menyukainya.

  1. Berilah pujian

Dukungan orang-orang terdekat juga akan membantu anak untuk menyukai sayur. Berilah pujian kepada mereka setiap kali mereka makan atau mencoba sayuran, maka mereka akan cenderung mencobanya lagi.

Pujian meruapakan cara terbaik untuk menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh mereka adalah hal baik. Begitu pula sebaliknya, jika Anda menghukum anak-anak karena tidak ingin makan sayur, maka mereka akan mengubah pikiran bahwa sayur adalah hal yang negatif baginya. Jika saat itu anak menolak, maka jangan terlalu dihiraukan, dan coba lagi lain kali.

  1. Ajak anak memasak sayuran

Trik selanjutnya memberikan sayur untuk anak adalah dengan mengajaknya untuk turun tangan. Ketika Anda melibatkan anak dalam merencanakan dan memasak makanan keluarga dengan sayuran, maka mereka memiliki keinginan untuk mencoba sayuran yang telah mereka siapkan.

Anda dapat memintanya untuk melakukan hal-hal sederhana, seperti mencuci sayur, memetiknya, dan hal lainnya sembari memberi tahu apa saja kebaikan sayur untuk tubuh.

  1. Jadikan sayur sebagai camilan

Mulailah mengganti camilan tidak sehat yang anak Anda konsumsi dengan sayur yang mudah untuk dikonsumsi. Dengan begitu, anak Anda akan terbiasa dengan sayur dan cenderung akan mencarinya ketika tidak tersedia. 

Beberapa contoh camilan sayur adalah mentimun, tomat ceri, kacang polong, salad, dan banyak lagi.

  1. Sesuaikan variasi sayuran dengan kesenangannya

Biasanya, anak-anak memiliki sesuatu yang sedang ia gemari, seperti warna, bentuk, tekstur, dan rasa tertentu. Hal tersebut bisa Anda gunakan dalam memilih sayur untuk anak.

Anda bisa membuat bentuk-bentuk tertentu dari sayur tersebut, dan juga mencampurnya dengan sesuatu yang enak karena rasa adalah hal utama yang harus Anda perhatikan.

  1. Memasukkan sayur ke dalam makanan lain

Tips terakhir memberikan sayur untuk anak adalah dengan cara mencampurkan sayur ke dalam makanan lain yang disukai oleh anak, seperti memasukkan sayuran yang telah diparut atau dihaluskan ke dalam pasta atau sup.

Akan tetapi cara tersebut hanya berjangka pendek. Oleh karena itu, Anda harus memulai secara perlahan menunjukkan bentuk asli sayur tersebut.

Jadi, itulah beberapa tips memberikan sayur untuk anak yang bisa Anda coba di rumah. Dengan begitu Anda bisa mengajak ia mengonsumsi sayur dengan cara yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *