Categories
Hidup Sehat

6 Alasan Beras Basmati Layak Dikonsumsi

Beras basmati terbagi jadi dua; beras basmati putih dan cokelat.

Bagi Anda yang menyukai jenis makanan Timur tengah ataupun Asia Selatan, nama beras basmati pasti sudah tidak asing. Jenis beras yang satu ini merupakan beras yang kerap digunakan sebagai bahan dasar nasi biryani, yang merupakan makanan khas asal Pakistan. 

Namun belakangan, penggunaan beras basmati tidak semata untuk membuat makanan-makanan khas ala Timur Tengah ataupun Asia Selatan. Beras yang bentuk bulirannya lebih panjang daripada jenis beras lainnya ini mulai digunakan sebagai sumber karbohidrat untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, banyak opini mencuat yang menyatakan beras basmati termasuk jenis makanan sehat yang kaya nutrisi. 

Kalau Anda sendiri, termasuk orang yang suka dengan jenis beras ini tidak? Beberapa alasan di bawah ini mungkin bisa membuat Anda menjadi penggemar beras basmati sejati!

  • Rasa Khas dan Unik 

Anda yang pernah menyantap nasi biryani pasti mengerti betapa unik rasa beras yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Ya, beras basmati memang memiliki rasa khas yang unik. Rasanya bahkan bisa dikatakan lumayan berbeda jauh dibandingkan beras biasa pada umumnya. Ada rasa kuat yang menyelimuti beras ini, namun tidak terlalu pekat. Rasa ini membuat nasi dari beras basmati cocok disandingkan dengan berbagai makanan berasa pekat juga, seperti makanan bersantan. 

  • Makin Lama Makin Baik

Rata-rata usia beras yang baik untuk dikonsumsi tidak melebihi satu tahun dari waktu panennya. Namun, ini tidak berlaku untuk beras basmati. Jenis beras dengan bulir panjang yang satu ini justru akan semakin baik dikonsumsi ketika semakin lama disimpan. Ibarat anggur, rasa beras basmati yang disimpan lebih panjang bahkan diklaim lebih enak oleh banyak pihak. 

  • Aroma yang Memikat 

Tidak hanya rasa yang unik, aroma beras basmati juga membuat beras ini kian layak untuk dikonsumsi sesering mungkin. Bayangkan saja, Anda bisa menikmati nasi dengan aroma kayu bercampur bunga yang dipanggang ketika menggunakan beras ini sebagai bahan nasi Anda. Dengan aroma yang memikat, nafsu makan pun menjadi kian bertambah. 

  • Cocok untuk Diet 

Apakah Anda termasuk orang yang mulai mengurangi asupan nasi sebagai program diet, namun terus-terusan merasa mood labil karena masih lapar? Cobalah mengganti pilihan karbohidrat Anda ke beras basmati. Jenis beras ini memiliki tingkat lemak yang rendah serta bebas gluten sehingga menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang sedang berdiet. 

  • Mampu Menyerap Rasa Lain 

Hal unik lainnya dari beras basmati adalah tekstur beras ini yang lebih terbuka dibandingkan jenis beras lainnya. Tekstur yang terbuka ini membuat beras basmati lebih mudah menyerap rasa lain yang menjadi topping-nya. Alasan ini pulalah yang membuat makanan-makanan Asia Selatan kerap menaruh lauknya di atas nasi dari beras basmati agar rasa makanan bisa terserap maksimal sampai ke bagian bulir nasi. 

  • Penuh Nutrisi 

Makanan yang baik tentu bukan hanya enak soal rasa, tetapi juga sehat bagi raga. Beras basmati bisa menjadi jawaban untuk hal ini sebab dalam pengolahannya, beras basmati telah diperkaya dengan berbagai macam nutrisi. Jenis nutrisi yang kerap ditambahkan dalam beras basmati, antara lain asam folat, zat besi, dan tiamin. Beras ini juga memiliki tingkat glikemik rendah sehingga lebih aman dikonsumsi bagi Anda yang mengidap diabetes.

***

Semakin kuat bukan alasan untuk menjadikan beras basmati sebagai sumber karbohidrat harian Anda? Cobalah untuk memulainya sekarang dan nikmati rasa unik serta segudang manfaat yang terkandung dalam jenis beras ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *